• Sun. Apr 11th, 2021

10 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Jantung Kamu

Byhary

Mar 4, 2021

Penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, pembuluh darah, dan stroke, masih menempati penyebab kematian pertama di dunia. Namun, penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dengan hidup yang sehat dan pola makan yang sehat.

Kamu bisa memulai dengan rutin berolahraga, sering menjalani pemeriksaan medis, pelajari dan sadari gejala penyakit jantung dan stroke, serta memulai diet yang sehat. Diet yang sehat tidak terlepas dari mengonsumsi buah-buahan yang baik untuk jantung.

10 Buah Paling Baik untuk Jaga Kesehatan Jantung Kamu

 

Berikut 10 buah yang baik untuk jantung

  • Pisang

Pisang mengandung banyak kalium yang dapat mencegah tekanan darah tinggi. Satu buah pisang sudah bisa memenuhi 9 persen dari kalium yang kamu butuh per harinya. Tidak hanya itu, pisang juga mengandung serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Berries

Semua jenis beri — baik itu blueberry, blackberry, hingga stroberi — diakui baik untuk jantung. Buah beri mengandung sebuah zat kimia yang mempunyai sifat anti-radang yang dapat menurunkan faktor risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

  • Apel

Buah yang satu ini mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, kulit apel juga mengandung zat antioksidan yang baik untuk tubuh, serta flavonoid yang diyakini menurunkan tekanan darah.

  • Pepaya 

Pepaya kaya akan kandungan serat dan kalium yang dapat menjaga kesehatan jantung. Biasanya pepaya bisa menjadi pengganti pisang untuk memenuhi kebutuhan kalium harian kamu.

  • Kiwi

Selain pepaya dan pisang, kiwi juga bisa menambah porsi kalium. Satu buah kiwi setara dengan 5% asupan harian kalium untuk orang dewasa.

  • Melon jingga 

Disebut juga cantaloupe, buah yang satu ini mengandung banyak air. Makanya buah ini membantu tubuh kamu tetap terhidrasi dan memperingan kerja jantung. Selain itu, buah ini juga diyakini dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena kandungan serat yang tinggi, serta dapat mencegah obesitas dan bisa menurunkan berat badan.

  • Aprikot

Aprikot mengandung berbagai jenis antioksidan, mulai dari vitamin A, C, E, hingga beta karoten. Sama dengan apel, aprikot juga mengandung flavonoid yang dapat membantu kurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan air dalam aprikot juga berguna dalam mengontrol tekanan darah dan detak jantung.

  • Jeruk

Jeruk mengandung berbagai jenis nutrisi yang dapat menyehatkan jantung. Mulai dari serat, kalium, vitamin C, hingga kolin. Selain jantung, jeruk juga mempunyai khasiat yang baik untuk keseluruhan kesehatan, seperti memperkuat sistem imun, menyehatkan kulit, hingga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

  • Plum

Mengandung banyak antioksidan, plum dipercaya bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Terutama karena antioksidan yang bernama polifenol. Makanya, plum tidak diragukan lagi berguna untuk kesehatan jantung.

  • Persik

Penelitian menunjukkan bahwa persik dapat menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan persik bisa mengikat asam empedu, sebuah senyawa yang terdiri dari kolesterol, dan mengeluarkannya dari tubuh. Selain itu, studi lainnya yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa persik juga dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Sudah siap atasi risiko penyakit jantung?

Selain mencegah, kamu juga bisa mengantisipasi risiko penyakit jantung. Gimana sih caranya? Kamu cukup mengecek produk asuransi online Super You. Berbekal mulai dari 28.500 per bulan dan internet yang baik, kamu bisa membeli perlindungan risiko serangan jantung, stroke, dan kanker semudah berbelanja online!