Thu. Feb 2nd, 2023

Di sistem operasi Windows 11 Microsoft sebetulnya menghadirkan banyak peningkatan dan pembaruan fitur. Tidak heran kalau sistem operasi ini amat dinantikan oleh para pengguna PC.

Tapi, dari sekian banyak fitur yang dibawanya ternyata tersedia lumayan banyak fitur tersembunyi dari Windows 11. Fitur ini belum atau bahkan tidak diketahui oleh para pengguna Windows 11. Setidaknya tersedia 11 fitur tersembunyi dari Windows 11 dari cyberedu.me. Penasaran apa saja? Simak ulasannya sebagai berikut.

 

11 Fitur Tersembunyi di Windows 11

1. Fitur Multitasking

Salah satu fitur unggulan dari Windows 11 adalah Snap Layouts. Fitur ini amat mungkin pengguna terhubung beberapa jendela aplikasi secara bersamaan. Nah, Snap Layouts ternyata di dukung bersama fitur multitaksking tersembunyi yaitu Alt+Tab dan Title bar Windows Shake.

 

Alt+Tab kalau diaktifkan mampu amat mungkin pengguna untuk menampilkan termasuk tab terhadap browser yang diakses di Microsoft Edge. Sementara, Title bar window shake mampu amat mungkin pengguna untuk mengurangi jendela beberapa aplikasi segera sejalan dan terhubung satu jendela yang dipilih.

 

Misalnya, Anda multitasking terhubung 5 aplikasi. Pilih satu jendela aplikasi yang dambakan dibuka. Kemudian klik dan goyangkan mouse maka empat jendela aplikasi lain akan otomatis mengecil. Kedua fitur ini mampu ditemukan di System terhadap anggota Multitasking.

 

2. Pengaturan volume suara individual untuk tiap-tiap aplikasi di desktop

Windows 11 kini mengijinkan pengguna untuk sesuaikan volume suara dari setiap aplikasi yang diakses di desktop. Misalnya, Anda terhubung aplikasi Broswer Chrome dan Media Player bersamaan. Nah, kedua aplikasi selanjutnya kini output suaranya mampu diatur masing-masing.

Untuk terhubung fitur ini membuka Settings, pilih System, sesudah itu pilih Sound dan klik di Volume Mixer. Setelah itu mampu ditemukan slider volume suara aplikasi yang sedang diakses di desktop.

 

3. Opsi Windows Backup

Di menu Settings Windows 11 kini mampu ditemukan opsi Windows Backup. Fitur ini mampu ditemukan di Settings > System > Storage > Advance Storage Settings > Backup options. Gunanya Anda mampu secara segera melakukan sinkronisasi folder ke area penyimpanan awan One Drive.

 

 

4. Ijin akses aplikasi yang berjalan di Background

Windows 11 kini amat mungkin Anda untuk pilih aplikasi apa saja yang berjalan di background yang butuh ijin. Ijin selanjutnya termasuk akses lokasi, kamera, aktivasi suara, mikrofon, kontak, kalender, dan masih banyak lagi.

Fitur ini mampu ditemukan di Settings > Privacy & Security dan gulirkan layar ke bawah hingga menemukan App Permission.

 

5. Fitur Clipboard History

Clipboard di Windows 11 kini mendapat tambahan faedah Emoji, GIF, Kaomoji, Symbols, dan masih banyak lagi. Untuk mengaksesnya Anda mampu ke Settings > System > Clipboard. Saat terhubung notepad, untuk terhubung Clipboard selanjutnya mampu bersama menghimpit tombol pintas Windows + V.

 

6. Sistem pengaman lebih baik

Kehadiran Windows 11 disadari atau tidak ikut membawa peningkatan terhadap sistem keamanan termasuk bantuan bersama sistem TPM. Beberapa fitur keamanan di Windows 11 layaknya opsi sign-in, device security, tools pengaman terintegrasi, data enkripsi, fitur pelacakan aplikasi yang diakses dan masih banyak lagi. Semua ini dihadirkan untuk menaikkan pengalaman memanfaatkan Windows 11 yang lebih aman.

 

7. Estimasi kala pembaruan sistem

Sistem operasi Windows sebetulnya lumayan kerap mendapat pembaruan. Nah, kali ini di Windows 11 Microsoft menghadirkan fitur estimasi kala pembaruan sistem. Dengan fitur selanjutnya pengguna kini mampu segera tahu berapa lama pembaruan sistem berlangsung.

 

8. Penggunaan perangkat

Penggunaan perangkat atau Device Usage adalah satu fitur Windows 11 yang lumayan menarik. Fitur ini amat mungkin sistem operasi Windows 11 mempersiapkan dan memberikan tips pengaturan Windows 11 cocok skenario penggunaan. Anda mampu pilih untuk skenario Gaming, Family, Creativity, Business, atau Entertainment. Fitur ini mampu diakses di Settings > Personalization > Data Usage.

 

9. Aplikasi Jam bersama Focus Mode

Aplikasi jam di Windows 11 kini disempurnakan bersama Focus Mode. Mode ini berguna untuk amat mungkin pengguna selalu fokus terhadap pekerjaannya, memantau kala pemanfaatan PC, dan kala istirahat. Fitur ini berguna untuk mengukur dan menaikkan produktivitas bagi Anda yang gila kerja.

 

10. Windows Subsystem untuk Linux

Windows Subsystem for Linux (WSL) di Windows 11 amat mungkin developer untuk mobilisasi platform GNU/Linux dan mengeksplorasi OS Linux. WSL mampu didapatkan di melaui Microsoft Store.

 

11. Bisa mobilisasi sistem operasi Android

Satu fitur yang lumayan menarik dari Windows 11 adalah kebolehan mobilisasi aplikasi Android. Sayangnya, fitur ini sebetulnya masih belum digulirkan secara lazim ke publik dan masih didalam langkah uji coba di Windows Insider preview build.

 

 

By roket