4 Manfaat Mesin Antrian Untuk Bank

Mesin antrian biasanya berasal dari luar negeri dikirim menggunakan jasa import barang China atau negara asal. Hal tersebut dilakukan karena mesin ini digunakan di beberapa tempat seperti rumah sakit, perbankan dan tempat lainnya yang memiliki potensi antrian yang banyak. Banyak orang yang beranggapan bahwa mesin antrian tidak terlalu memiliki peran penting karena fungsi mesin tersebut hanya mengeluarkan nomor antri yang nanti di bacakan sesuai dengan urutan. Bagi tempat pelayanan umum yang memiliki potensi kedatangan pengunjung yang cukup tinggi, bahkan tidak jarang dalam satu hari akan terisi penuh dengan pelanggan, maka mesin antrian sangat penting untuk memudahkan para karyawan di sana. Sebenarnya apa saja manfaat mesin antrian di Bank?

 

  1. Sistem Otomatis

Mesin antrian dapat mengeluarkan nomor secara otomatis maka pelanggan tidak perlu berdesakan dalam mengambil nomor antrian mereka. Hal ini tentu akan menghemat kerja karyawan bank sehingga mereka bisa fokus untuk mengerjakan hal yang lain. Selain itu dengan adanya penomoran otomatis ini resiko kesalahan dalam mengambil nomor urut menjadi sangat kecil.

 

  1. Memberikan Informasi Lebih

Mesin antrian biasanya memiliki layar agar pelanggan bisa memilih layanan apa yang mereka inginkan. Di layar tersebut mereka bisa menambahkan berbagai macam informasi yang mungkin tidak mereka ketahui pada saat mereka masuk bank. Dengan adanya fasilitas tersebut pelanggan bisa secara mandiri untuk membaca dan mencari informasi atas apa yang mereka butuhkan seperti apa yang mereka dapatkan apabila mereka berkonsultasi dengan customer service atau teller dan lain sebagainya.

 

  1. Panggilan Suara

Mesin antrian juga memiliki fasilitas panggilan suara yang disambungkan dengan layar TV walaupun pada prakteknya customer service atau teller di bank akan memanggil kembali nomor urut yang sudah tiba giliran. Dengan adanya fasilitas panggilan suara maka para pegawai bank tidak perlu khawatir adanya nomor urut yang terlewat atau yang tidak di panggil karena itu semua sudah terintegrasi pada sistem. Selain itu suara mencakup seluruh ruangan bank hingga di dalam ruangan seperti kamar mandi.

 

  1. Kenyamanan Pelanggan

Dengan adanya sistem otomatis tersebut pelanggan secara langsung akan merasa lebih senang karena pelayanan yang maksimal. Fungsi lain dari pada mesin antrian tersebut mereka bisa di program dan meminta pelanggan untuk memberikan penilaian atas pelayanan karyawan di bank tersebut seperti tidak puas, puas dan sangat puas. Hal ini tentu sangat penting untuk karyawan bank dalam menilai kinerja karyawan mereka.

Mesin antrian memiliki peran penting khususnya di dalam bank dalam mengatur antrian agar lebih rapi dan mencegah adanya nomor urut yang terlewat. Untungnya saat ini sebagian besar pelayanan Bank di Indonesia sudah menggunakan mesin antrian seperti Bank Rakyat Indonesia, Bank Mandiri, BCA, dan Bank yang lainnya.