5 Fakta Menarik Makanan Gethuk Sebagai Makanan Tradisional Yang Enak

Salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di nusantara adalah Gethuk. Adapun yang dimaksud dengan Gethuk, ya itu salah satu makanan ringan yang berbahan dasar singkong atau ketela pohon. Makanan ini berasal dari masyarakat Magelang, Jawa tengah.

Namun, seiring berjalannya waktu makanan getuk telah berkembang hingga ke seluruh wilayah di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Dengan demikian, getuk yang memiliki rasa gurih dan manis tersebut dipandang sebagai oleh-oleh . Berikut ini 5 fakta menarik makanan Gethuk, yaitu:

Memiliki Rasa Manis Dan Gurih

Fakta menarik makanan Gethuk yang pertama adalah memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Selain itu, betul juga memiliki penampilan yang sangat cantik, dengan hiasan warna-warni yang enak dipandang. Tidak hanya itu, baik muda maupun tua sangat menyukai makanan ini.

Muncul Saat Masa Jepang

Kemudian, fakta menarik kedua mengenai Gethuk yaitu pertama kalinya muncul saat di masa Jepang. Dimana saat itu, banyaknya masyarakat yang menggunakan bahan dasar ketela pohon dan ubi atau singkong untuk membuat cemilan lembut berbentuk kue sebagai makanan sehari-hari.

Bahkan keberadaan Gethuk di saat itu menjadi salah satu cemilan masyarakat Jawa yang tidak bisa mengkonsumsi beras. Inilah yang kemudian menyebabkan banyaknya para bangsawan juga ikut serta mencoba cemilan ini dan menjualkannya kepada negara Jepang.

Pembuatan Gethuk Sangat Mudah

Fakta menarik makanan Gethuk ketiga yaitu pembuatannya sangatlah mudah. Dimana, masyarakat Jawa saat itu membuat getuk dengan menggunakan tangan, lalu ubi ataupun singkong yang digunakan di paru menggunakan parutan dan dicampur kelapa.

Namun, agar Gethuk yang dikonsumsi bisa langsung disantap maka pembuatan Gethuk tersebut menggunakan bahan dasar ketela dan ubi yang dikukus. Selanjutnya, dicampur dengan kapur dan gula putih lalu dikepal membentuk lindri. Sehingga disebutlah menjadi Gethuk lindri.

Demikianlah informasi menarik mengenai fakta menarik makanan Gethuk, dan cara membuatnya. Bagaimana, Apakah anda tertarik untuk mencobanya? Jika memang iya, maka anda bisa langsung mencobanya dirumah dengan menggunakan ketela pohon maupun singkong.