• Sat. May 15th, 2021

5 Hal yang Jarang Diketahui Tentang Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Bysartika

Feb 12, 2021

2021, sebagian besar dari kita pastinya sudah familiar dengan layanan cicilan tanpa kartu kredit seperti yang ditawarkan Kredivo. 5 atau 10 tahun lalu, buat bisa kredit atau nyicil 1 barang yang dibutuhkan kita perlu punya kartu kredit karena itulah metode paling memungkinkan yang tersedia. Di mana seperti yang kita tahu juga, bisa punya kartu kredit itu bukanlah perkara mudah. 

 

Sekarang, nyicil barang prosesnya bisa sekejap mata. Cuma daftar 1 hari, beli barang secara online, bayar pakai cicilan tanpa kartu kredit, besoknya barang tsb udah sampe di rumah. Tanpa perlu kartu kredit. 

 

Sayangnya, masih banyak orang yang melihat cicilan tanpa kartu kredit hanya sebatas itu saja. Padahal, ada 5 hal dari cicilan tanpa kartu kredit yang makin menguntungkan jika kita bisa memanfaatkannya dengan bijak. Buat orang-orang yang masih ragu pake cicilan tanpa kartu kredit karena faktor isu keamanan, 5 hal ini juga bisa menjadi insight baru. 

 

Apa aja sih? Simak, yuk!

 

Fiturnya nggak jauh beda dengan kartu kredit bank

 

Bukan hanya sekadar daftar, pilih barang, cicil, bayar angsuran, cicilan tanpa kartu kredit seperti Kredivo juga memiliki fitur yang nggak kalah menarik dari kartu kredit perbankan. 

 

Kalo kartu kredit bisa tarik uang tunai di ATM (meski dengan bunga besar), Kredivo juga punya fitur pinjaman tunai. Kamu bisa mencairkan limit di akun Kredivo menjadi uang tunai lewat fitur ajaib yang satu ini. Bedanya, suku bunga pinjaman tunai di Kredivo lebih rendah dibanding bunga tarik tunai kartu kredit. Yaitu hanya 2,6% per bulan dengan tenor cicilan 30 hari, 3 bulan, sampai 6 bulan. 

 

Potongan harga, diskon, bonus, hingga cicilan 0% juga dimiliki Kredivo khususnya pada momen Harbolnas 2020 lalu. Siapa yang tahu kalo kedepannya makin banyak fitur pada kartu kredit yang juga bisa dimiliki di kredit online seperti cicilan tanpa kartu kredit ini?

 

Suku bunganya ada juga yang bersahabat

 

Tiap fintech yang menawarkan cicilan tanpa kartu kredit, punya tingkat suku bunganya masing-masing. Seperti Kredivo dengan suku bunganya 2,6% per bulan untuk cicilan atau pinjaman. Kalo mau dapat bunga cicilan yang pas sama kantong, kamu perlu meluangkan waktu untuk membandingkan dari fintech satu ke fintech lain.

 

Bisa digunakan untuk aktivitas produktif

 

Bukan cuma bisa digunakan untuk hal-hal konsumtif, kamu juga bisa mengandalkan cicilan tanpa kartu kredit untuk aktivitas produktif seperti berbisnis. Misalnya, mau coba usaha pertama kalinya tapi terkendala modal? Mau kredit barang buat modal usaha? Semua bisa dicoba dengan cicilan tanpa kartu kredit kayak Kredivo. 

 

Asalkan, sebelum mulai pinjam modal atau cicil barang, kamu sudah punya rencana bisnis beserta detail bujet yang matang ya. 

 

Bisa dipakai di toko atau merchant konvensional

 

Cicilan tanpa kartu kredit umumnya dikenal hanya bisa digunakan di berbagai e-commerce ternama seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Lazada. Padahal, banyak juga fintech penyedia cicilan tanpa kartu kredit yang sudah menggandeng mitra merchant konvensional. Salah satunya Kredivo yang bisa dipakai di Alfamart, Electronic City, Erafone, Wakai, Xiaomi, Century, sampai McDonalds. Metode pembayarannya menggunakan QR Code atau Barcode yang bisa di-scan langsung dari aplikasi Kredivo ke kasir merchant-merchant tersebut. Otomatis ketika pembayaran berhasil, limit yang kita miliki akan terpotong. 

 

Tidak ada tagihan jika tidak melakukan transaksi

 

Waktunya say good bye sama biaya kartu, iuran bulanan, atau annual fee. Cicilan tanpa kartu kredit umumnya tidak akan membebankan kamu dengan biaya-biaya lain di luar dari biaya transaksi yang kamu lakukan. Dengan kata lain, kalo kamu nggak melakukan transaksi dengan limit atau aplikasi cicilan tanpa kartu kreditmu, maka kamu nggak perlu bayar apapun karena nggak ada tagihan. 

 

Tagihan hanya akan dibebankan ketika kamu masih memiliki sisa cicilan atau baru saja melakukan transaksi. Pas banget buat kamu yang baru kerja terus pengen coba-coba punya fasilitas kredit yang nggak bakal nguras kantong karena biayanya. 🙂

 

Buat kamu yang udah pake layanan cicilan tanpa kartu kredit, yuk share udah pada tau belum nih 5 hal yang saya bahas di atas?