5 Rahasia membuat X-Banner yang efektif

Jika X-Banner yang anda buat dan cetak sudah berdasarkan kaidah-kaidah yang benar maka akan berpengaruh positif pada usaha anda.

Merek bisnis akan benar-benar menjadi Top of Mind di kategori tersebut.

Ada beberapa hal penting yang seharusnya diperhatikan saat akan mendesain hingga mencetak banner untuk kebutuhan marketing usaha, sebagian akan kita bahas dibawah ini.

1. Tetapkan topik

Memilih topik yang tepat akan berdampak pada efektifitas media marketing menggunakan banner. Cukup sering pemilik bisnis yang tidak mempedulikan bagian ini. Sebenarnya, jika dilakukan dengan tepat maka usaha marketing usaha memakai media X-Banner bisa lebih efektif.

Teknik yang paling umum digunakan dalam menentukan topic adalah dengan melihat trend dan kejadian yang tertanam dalam benak khalayak banyak.

Misalnya, tema mengenai Covid-19. Kita bisa melakukan promosi usaha dengan mengulas terkait Covid ini, diharapkan cara ini bisa mendapatkan respon lebih baik.

Anda bisa print banner pada momentum ini. Sehingga efeknya akan semakin bagus.

2. Tipe dan ukuran media promosi

Saya kira kita semua tahu bahwa saat ini ada 2 jenis banner

Pertama banner jenis horizontal yang teman-teman tahu dengan sebutan X-Banner dan tipe vertical yang lazim dengan ist-lah Y-Banner.

Menentukan varian dan dimensi yang tepat akan berpengaruh pada efektifitas tindakan promosi usaha kita. Meskipun sering ktia lihat banyak yang menggunakan Y-Banner.

Pemilihan jenis banner ini sesungguhnya dipengaruhi oleh penempatan banner dan isi iklan yang ingin disampaikan menggunakan media promosi ini.

Seandainya konten yang akan disampaikan tidak terlalu banyak, disarankan pilih tipe banner yang ukurannya sedang saja. Sehingga tidak membutuhkan ruang yang terlalu besar.

Sehingga dari konten iklan juga lebih efektif.

3. Posisi logo

Sebagai salah satu strategi brand awareness, upayakan agar memasang logo pada posisi paling atas. Cara ini bertujuan supaya logo lebih sering dilihat.

Ketika identitas kita sering dilihat, sebenarnya secara tidak sadar materi iklan seputar logo anda akan tersimpan pada otak bawah sadar pasar (longterm memory).

Jika ini bisa dilakukan secara efektif, maka bisnis kita dalam membangun brand awareness bisa lebih cepat terwujudkan. Cukup sering kita lihat perusahaan besar yang melakukan teknik yang sama.

4. Simpel dan tidak ramai

Elemen yang paling berpengaruh dari sebuah desain banner adalah pesannya sampai pada benak masyarakat sesuai dengan maksud media promosi tersebut dibuat.

Oleh karenanya buatlah banner dengan konten yang simpel

Hindari memasukan banyak materi iklan pada media promosi anda. Alasannya jika terlalu banyak konten menyebabkan pesan utama menjadi tidak sampai. Tapi, tentu berbeda ketika anda akan print sticker untuk keperluan branding, pendekatannya agak berbeda.

Sehingga maksud untuk menyampaikan pesan promosi jadi tidak kesampaian.

5. Berikan sentuhan copywriting

Cara lain untuk mengupayakan efektifitas sebuah banner anda dengan memanfaatkan diksi yang mampu mempengaruhi dan mendorong seseorang untuk mengerjakan sesuatu.

Termasuk mengetahui informasi yang sebelumnya tidak diketahuinya.

Kadang-kadang kalimat yang digunakan pada media promosi terlalu kaku akibatnya tidak bisa menggerakan sama sekali. Seharusnya jika ada sentuhan copywriting akan lebih keren hasilnya.