Thu. Jan 20th, 2022

Sumber : www.bundapedia.com

 

 

Orang tua yang mana tidak ingin anaknya selalu berbahagia, sehat dan berprestasi? Pasti semuanya orang tua inginkan hal itu, kan? Sayang tidak banyak yang mengetahui jika kebahagiaan sang kecil bergantung dari kebahagiaan orang tuanya. Ditambah kebahagian seorang ibu itu dapat menyebar ke anaknya lo, Mam. Ibu yang hatinya selalu berbahagia pasti membuat hati anak ikut berbahagia.

 

Rahasia agar balita selalu berbahagia tentu saja benar-benar ingin diterapkan beberapa Mam pada sang kecil. Bila sejak dari kecil telah diberi dengan religius, emosional dan cendekiawan, karena itu nanti sang anak akan tumbuh jadi individu yang selalu berbahagia. Mengaplikasikan kebahagiaan pada sang kecil tentu saja tidak susah. Semua dapat dilaksanakan dengan beberapa cara yang serderhana.

 

1.Moms harus berbahagia lahir batin. Masalahnya kebahagiaan ibu dapat menyebar ke anak lo, Mam!

 

Jangan cuman ngomong, “iya mama senang sekali kok, nak”, tetapi rupanya hatinya sedang ketekan. Anak tidak dapat dikelabui lo, apa lagi jika dia masih balita, tentu lebih memahami mengenai situasi hati ibunya. Kebahagiaan ibu ialah kebahagiaan seiisi rumah. So, always be bahagia ya, Mam!

 

2.Moms selalu harus hadapi tangisan mereka dengan arif. Tidak boleh justru membentaknya saat menangis

 

Menjadi ibu ialah pelajaran yang mengagumkan dan selalu harus sabar. Seperti saat anak menangis, tidak boleh membentaknya ya, Mam. Mam harus dapat semakin arif supaya anak semakin tenang. Anak yang menangis tidak perlu gertakan, mereka cuman perlu dekapan dan ditenangkan, selanjutnya ditanyakan apa yang membuat menangis. Sesederhana itu saja sudah buat sang kecil berbahagia, kok.

 

3.Moms harus bertanya bagaimana situasi hatinya tiap hari. Ini sebagai hal remeh yang kerap Mam lupa tanya pada anak walau sebenarnya penting

 

Menanyakan bagaimana situasi hatinya tiap hari penting juga untuk tingkatkan komunikasi dengan sang kecil. Misalkan, sepulangnya sekolah, Mam dapat bertanya, “bagaimana barusan bertemu rekan-rekan senang tidak?”, tentu mereka akan menceritakan panjang lebar, dech. Orangtua terkadang tidak sadar jika pertanyaan kecil semacam ini akan membuat anak berbahagia.

 

4.Moms harus mulai memberi sang kecil keyakinan saat mereka mulai eksploitasi. Saat lagi tidak mencelakakan, seharusnya bantu ya Mam!

 

Moms nggak perlu cemas saat sang kecil bermain hujan-hujanan, bermain pasir, atau hal kotor yang lain. Sepanjang tidak beresiko, karena itu diamkan mereka menikmatinya. Beri sang kecil keyakinan sejak awal kali supaya hatinya tidak ketekan dengan beberapa hal yang ingin ia kerjakan. Dengan demikian, sang kecil akan tumbuh jadi individu yang berbahagia.

 

5.Moms harus mulai memperkenalkan sang kecil pada semesta alam. Memperkenalkan alam sejak awal kali akan membuat sang kecil tumbuh jadi individu yang lebih berbahagia

 

Moms pasti bingung mengenai hubungan alam dengan kebahagiaan sang kecil. Tentu saja ada Mam. Sang kecil yang mulai dibawa ke beberapa tempat untuk menyaksikan panorama alam semenjak umur dini, maka tumbuhkan rasa sukur mengenai cantiknya semesta alam. Mereka yang mulai mengenali alam semenjak kecil akan tumbuh lebih berbahagia.

 

Itulah rahasia mengenai bagaimana supaya balita tumbuh berbahagia. Siapa kira rupanya langkah simpel semacam ini akan membuat tumbuh jadi individu yang lebih berbahagia. Silakah dicoba ya , Moms!

By andut