Thu. Jan 20th, 2022

Mebel jepara tekenal memiliki kualitas unggul yang mana diproduksi menggunakan bahan dan material kayu pilihan diantaranya adalah kayu jati solid, serta beberapa jenis kayu lainya. Selain bahan baku yang berkualitas mebel jepara juga memiliki keindahan seni ukir dengan model yang cukup rumit dan tidak mudah ditiru pihak lain. 

Ukiran yang ada pada mebel jepara terlihat hidup dikarenakan hampir secara keseluruhan dikerjakan menggunakan tehnik manual oleh tangan-tangan terampil tukang kayu dan tukang ukir berpengalaman. Dalam proses produksi mebel jepara ada beberapa tahapan yang harus dilakukan agar benar-benar tercipta furniture yang berkualitas dan bernilai seni.

Lemari Pakaian Pintu 4 Mebel Jepara

Tehnik Pembuatan Furniture Jepara

Nah, diksempatan kali akan kami uraikan beberapa tehnik yang digunakan dalam produksi mebel jepara. Apa saja tehnik yang digunakan berikut ulasanya.

1. Penyekalan

Tehnik penyekalan adalah tehnik membuat cetakan model bentuk furniture yang akan diproduksi. Tehnik ini memerlukan media seperti kertas karton atau gambar model mebel yang di fotokopi dan diperbesar. Setelah cetakan selesai dikerjakan selanjutnya yaitu penempelan pada media kayu pada bagian mebel yang akan diproduksi.

Didalam proses penyekalan diperlukan perhitungan yang tepat, jika salah sedikit saja makan model mebel jepara yang akan diproduksi akan mengalami masalah, baik bentuknya yang tidak sesuai maupun pincang karena ukuranya yang kurang tepat.

2. Kontruksi

Setelah penyekalan selesai, selanjutnya yaitu proses kontruksi bagian mebel atau perakitan. Dalam proses perakitan dikerjakan oleh tukang kayu setelah bagian pemahatan ukiran telah selesai dikerjakan. Biasanya setelah proses kontruksi bagian-bagan mebel tidak langsung di lem untuk memastikan tidak adanya kesalahan. 

Setelah kontruksi bagian mebel selesai selanjutnya yaitu pengeleman secara permanet. Agar lem dapat benar-benar meerkat bagian-bagian mebel yang telah disatukan akan ditali menggunakan tali yang terbuat dari karet (tali ban).

3. Ukiran

Untuk proses ukir sendiri dikerjakan oleh khusus orang yang memiliki skil mengukir. Untuk ukiran yang cukup rumit dikerjakan oleh tukang ukir kawakan atau yang benar-benar mahir dalam seni pahat ukir jepara. Sedangkan untuk ukiran-ukiran yang sederhana biasanya dikerjakan oleh tukang ukir pemula atau para remaja yang baru belajar mengukir.

4. Pewarnaan

Dalam proses pewarnaan mebel jepara, tehnik yang digunakan adalah tehnik air brush menggunakan woodstain khusus untuk warna kayu natural dengan lapisan campuran melamic. Selain woodstain ada juga bahan lainya seperti cat duco untuk mebel mewah, bakaran untuk model etnic dan model rustic.

5. Penge-Jokan

Untuk tehnik pengejokan hanya untuk mebel jepara yang menggunakan busa seperti sofa, tempat tidur dan kursi tamu minimalis. Proses jok sofa dikerjakan oleh jasa jok sofa sendiri yang memang khusus untuk bagian pembuatan jok bantalan, matras dan kebutuhan busa lainya.

Adapun cover yang paling banyak digunakan adalah kain Oscar atau disebut juga kain kulit sintetis. Selain oscara ada juga jenis kain lainya seperti kain bludru, Rivoli dan kasa. 

Bagi Anda yang sedang mencari toko mebel jepara berkualitas, silahkan kunjungi langsung website Amanahfurniture.com disana Anda dapat menemukan berbagai macam kebutuhan perabot mebel jepara untuk interior rumah Anda.

Selain contoh katalog website, Anda juga dapat memesan mebel jepara sesuai dengan desain yang diinginkan mulai dari warna, ukuran, material kayu dan lain sebagainya.

Demikian informasi mengenenai tehnik yang digunakan dalam proses produksi mebel jepara. Semoga bermanfaat !