Sun. Dec 4th, 2022

Alat Pemanas Air Mandi Praktis dan Efisien

 

 

Alat Pemanas Air mandi merupakan suatu alat yang dibutuhkan karena untuk memudahkan jika ingin mandi menggunakan air panas, dan alat ini bisa dibilang cukup praktis untuk digunakan. Saat ingin membeli pemanas air atau water heater, Anda perlu menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarga di rumah Anda. Jumlah penghuni bisa disesuaikan dengan kapasitas tangki dari water heater.

Jangan sampai Anda membeli alat pemanas air yang berkapasitas kecil, padahal anggota keluarga Anda ada banyak. Atau sebaliknya, Anda membeli alat pemanas air yang berkapasitas besar, padahal anggota keluarga Anda hanya ada sedikit. Jika alat pemanas air hanya digunakan untuk dua orang, Anda bisa memilih alat pemanas air yang memiliki tangk berkapasitas 15 liter. Tetapi jika penggunanya lebih dari dua orang, Anda bisa menggunakan tangki berkapasitas 30 liter.

Pengertian dari alat pemanas air mandi adalah alat yang menggunakan proses termodinamika menggunakan sumber energi untuk memanaskan air di atas suhu awal. Energi alternatif berupa energi surya, panas bumi, gas, dan sumber energi lainnya juga bisa digunakan untuk memanaskan air.

Jenis–Jenis Alat Pemanas Air Mandi

1. Pemanas Air Listrik / Electric Heater

Alat pemanas air ini merupakan alat yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Karena daya listrik yang cukup besar alat ini sering dikomplein oleh para ibu – ibu. Water Heater membutuhkan daya listrik lumayan cukup besar, yaitu sekitar 350 sampai 500 watt. Sehingga Anda dapat memastikan bahwa daya listrik sudah cukup memadai untuk menggunakan alat pemanas ini. Namun karena harga beli yang cukup terjangkau alat ini tetap dicari oleh kalangan masyarakat.

2. Pemanas Air Gas / Gas Heater

Alat pemanas air gas adalah alat pemanas air yang sudah terkenal sejak lama. Dikarenakan sumber utama pada saat itu selain listrik adalah berupa gas. Gas bisa didapatkan melalui 2 sumber, yaitu LPG atau LNG. Dizaman yang sudah modern seperti ini alat pemanas air gas sydah mulai ditinggalkan karena keamanan dan nilai gunanya yang terbilang cukup boros. Akan tetapi masih ada di beberapa daerah yang menggunakan alat jenis ini dikarenakan daerah tersebut cukup melimpah natural gas sehingga biaya operasionalnya menjadi jauh lebih hemat.

3. Alat Pemanas Air Tenaga Matahari / Solar Water Heater

Alat pemanas air mandi ini adalah alat pemanas air zaman sekarang, yang dimana alat pemanas air ini dapat menggunakan energi panas matahari sebagai energi utamanya untuk memanaskan air. Indonesia karena berada di garis khatulistiwa menjadikan negara ini kaya akan sinar matahari dan panas matahari sehingga pemanfaatan dari energi terbarukan ini sudah mulai bisa mengambil peranan penting dalam sektor industri. 

4. Alat Pemanas air heatpump / heatpump water heater

Pemanas ini merupakan pemanas air terbaru dengan teknologi tercanggih, alat pemanas yang memanfaatkan udara panas sekitar ini bisa menggunakan kompressor dan freon sebagai alat utama untuk bisa memanaskan air.

5. Alat Pemanas air aircon / aircon water heater

Teknologi  dari aircon water heater adalah alat pemanas air yang  dapat memanfaatkan buangan panas dari outdoor ac, alat ini masih banyak diperdebatkan dikalangan produsen ac karena toubleshooting dan faktor error  pada saat unit dimodifikasi.

Fungsi Alat Pemanas  Air Mandi     

Seperti yang sudah banyak diketahui alat ini memiliki fungsi sebagai pemanas air. Merubah air dari suhu normal menjadi suhu air  yang panas. Setiap Alat pemanas air memiliki pemanas yang berbeda –  beda ada yang menggunakan sistem pemanas energi listrik dan sistem pemanas energi gas.

Manfaat dari alat pemanas air mandi adalah mendapatkan air hangat secara cepat dengan dengan menggunakan alat ini. Dimana alat ini memiliki prinsip kerja yang berbeda tergantung dengan alat pemanas air yang akan digunakan. Penggunaan alat ini cukup instant, agar membuat air menjadi hangat yaitu dengan membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 5 menit saja.

Keamanan menggunakan alat pemanas air mandi pemanas air adalah alat yang berada di antara listrik dan air. Anda pasti tahu, bahwa listrik dan air sangat berbahaya jika bersatu. Maka dari itu, Anda dapat memilih produk yang telah memenuhi standar keamanan. Sehingga korsleting listrik dan masalah lainnya tidak dapat terjadi saat Anda sedang mandi. Pilihlah pemanas air dengan elemen pengaman yang aman seperti ELCB dan switch antikontak. Pastikan lagi bahwa produk yang Anda beli sudah memiliki sertifikat keamanan dari International Electro-technical Commission dan Singapore Standards. Andapun dapat memilih pemanas air mandi dari Handal Water Heater.

By Drajad