Fri. Aug 12th, 2022

Cincin merupakan simbol cinta abadi antara kedua pasangan yang telah menikah. Cincin pernikahan menjadi barang penting dan mengandung makna sakral dalam sebuah pernikahan. Oleh karena itu, diperlukan tips memilih cincin pernikahan untuk bisa menemukan cincin yang sesuai dengan ekspektasi.

Cincin pernikahan ibarat pengikat antara dua insan yang saling mencintai. Tidak hanya cinta, setelah menikah kedua pasangan juga akan dihadapkan kepada kehidupan rumah tangga dengan beragam kejutan yang tidak terduga. Cincin pernikahan juga menjadi tanda bahwa kedua pasangan siap berkomitmen dalam mengarungi biduk rumah tangga.

Makna Tersirat Dibalik Cincin Pernikahan 

Cincin pernikahan melambangkan keabadian cinta dan gerbang pembuka mengenai segala kemungkinan yang akan terjadi, yaitu dalam kehidupan berumah tangga. Disamping itu, makna tersirat lain dibalik sebuah cincin pernikahan menjadikannya sebagai barang penting yang harus dimiliki oleh pasangan yang telah menikah.

1. Kebersamaan Dan Cinta Abadi Yang Tidak Akan Hancur

Cincin telah menjadi perhiasan istimewa sejak zaman dahulu. Cincin yang memiliki bentuk lingkaran merupakan simbol keabadian dan sesuatu yang tidak akan pecah atau hancur. Cincin merupakan simbol bagi beberapa budaya yang percaya tentang keabadian. Dalam pernikahan, sepasang cincin juga menjadi simbol keabadian cinta yang tidak akan hancur.

2. Kekuatan Dan Kejayaan

Pada zaman dahulu, cincin merupakan perhiasan mahal yang hanya dimiliki oleh bangsawan dan orang-orang kaya. Hanya orang-orang tertentu yang mempunyai kedudukan tinggi yang bisa memakai cincin. 

Oleh karena itu, cincin pernikahan juga menjadi simbol bahwa kedua pasangan telah berhasil mencapai kejayaan dan kekuatan dengan saling menopang dalam mengarungi kehidupan pernikahan. Cincin pernikahan juga menjadi simbol kekuatan cinta yang besar antar sepasang kekasih.

3. Kesanggupan Menjalani Kehidupan

Salah satu versi sejarah mengenai asal mula cincin pernikahan adalah dari bangsa Mesir Kuno. Dahulu, cincin yang diberikan oleh seorang pria kepada wanitanya menjadi pertanda bahwa sang pria mampu merawat dan mencukupi istrinya. Jika seorang wanita menerima cincin tersebut, itu berarti dia juga mampu merawat dan menghormati suaminya.

Filosofi ini juga berlaku seterusnya untuk cincin pernikahan di antara sepasang kekasih. Oleh karena itu, bagi kamu yang akan menikah sebaiknya ikuti dulu tips memilih cincin pernikahan ini agar bisa menemukan cincin kawin yang sesuai untukmu dan pasangan.

4. Saling Melengkapi

Cincin yang berbentuk bulat melambangkan sesuatu yang tanpa awal dan tanpa akhir. Cincin juga menggambarkan kehidupan manusia yang terus berputar mulai dari kelahiran, kematian, kesedihan, dan kebahagiaan. 

Cincin pernikahan bermakna sebagai kesatuan hidup yang saling melengkapi antar sepasang kekasih. Cincin adalah lambang bahwa sepasang kekasih harus siap menerima segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki satu sama lain.

By Drajad