Apakah Pekerjaan Pengelasan Pipa Layak? Temukan Kebenarannya

Pekerjaan pengelasan pipa biasanya dilakukan karena pipa yang dilas memainkan peran penting dalam penyelesaian banyak proyek industri. Pernah bertanya-tanya bagaimana rasanya mengambil bagian dalam jenis pekerjaan ini, dan kehidupan seperti apa yang dapat Anda capai? Kami akan membahas pekerjaan pengelasan pipa apa dan berapa banyak pendapatan yang dapat Anda harapkan darinya.

Pekerjaan pengelasan pipa membutuhkan dedikasi yang kuat, dan fokus dalam menyelesaikan tugas yang ada. Ini bukan pekerjaan untuk membungkuk, dan pipa yang Anda las biasanya dievaluasi dan diperiksa, untuk memastikan bahwa pekerjaan yang Anda lakukan berkualitas tinggi.

Ada banyak lokasi di mana orang mengambil bagian dalam pekerjaan pengelasan pipa. Kilang minyak, pabrik kimia, pembangkit listrik, terowongan, dan di berbagai lingkungan luar hanyalah beberapa contoh. Selain itu, sebagai tukang las pipa, Anda akan dihadapkan pada berbagai kondisi cuaca saat bekerja di lapangan. Kondisi cuaca ini berkisar dari dingin, hingga sangat keras dalam kasus ekstrim. To top it off, Anda biasanya akan bekerja selama berjam-jam pada suatu waktu.

Tukang las mengambil bagian dalam beberapa proses untuk memastikan bahwa logam digabung. Proses tertentu, lebih cocok untuk jenis pekerjaan tertentu daripada yang lain. Ketika datang ke pekerjaan pengelasan pipa, sebagian besar tukang las menyukai proses pengelasan busur logam terlindung (pengelasan tongkat), dan proses pengelasan busur tungsten gas (gas inert tungsten atau pengelasan “tig”) untuk tujuan penyambungan pipa mereka.

Anda juga memiliki apa yang disebut sebagai posisi yang berkaitan dengan pengelasan pipa. Anda hanya akan diizinkan untuk mengelas di posisi, dan dengan spesifikasi di mana Anda disertifikasi untuk mengelas. Posisi dalam pengelasan pipa, mengacu jasa las Jogja pada posisi pipa. Ada empat posisi dan ini adalah 1G, 2G, 5G dan 6G. Tidak ada posisi 3G dan 4G dalam pengelasan pipa.

Posisi 1G dikenal dengan posisi horizontal roll, dimana pipa berada pada posisi horizontal dan digulung. Pada posisi 2G, pipa diletakkan secara vertikal dan pengelasan dilakukan secara horizontal. Posisi 5G dikenal sebagai posisi tetap horizontal, di mana pipa horizontal, tetapi tidak diputar atau digulung selama operasi seperti posisi pipa 1G. Posisi 6G memiliki pipa yang dipasang pada kemiringan tetap (tidak dapat digulung atau dipindahkan selama operasi pengelasan) 45 derajat.

Berkenaan dengan upah atau gaji dalam pekerjaan pengelasan pipa, disertifikasi dalam posisi 6G akan menghasilkan pengembalian maksimum. Secara signifikan lebih dari sekadar bersertifikat di posisi lain. Ini karena posisi 6G adalah yang paling sulit dari keempatnya, dan Anda harus mengelas di semua posisi. Karena itu, dengan sertifikasi 6G, Anda juga memenuhi syarat untuk mengelas pipa di 1G, 2G, dan 5G. Menjadi sangat aktif dalam pekerjaan pengelasan pipa, dapat menempatkan Anda di ambang pendapatan tahunan enam digit, dan dalam banyak kasus mencapainya.

Seperti yang Anda tahu, ada banyak pekerjaan yang terlibat ketika Anda mengambil bagian dalam pekerjaan pengelasan pipa. Ini bukan pekerjaan orang malas. Apakah itu layak? Nah, begitu Anda adalah seorang pekerja keras, Anda bertindak profesional (seperti kebanyakan pekerjaan, Anda akan menghadapi bagian yang adil dari rekan kerja yang bermusuhan) tidak peduli apa, dan las Anda berada pada kualitas yang cukup tinggi untuk melewati proses evaluasi, Anda harus memiliki masa depan yang cerah pengelasan pipa. Mengapa tidak mencobanya dan mencoba meningkatkan standar hidup Anda?