Sun. Nov 27th, 2022
Apakah Wajib Cincin Emas Yang Dipakai Untuk Tunangan

Apakah Wajib Cincin Emas Yang Dipakai Untuk Tunangan

Setiap orang yang melakukan acara tunangan pasti ada prosesi tukar cincin. Hal ini sudah ada sejak zaman dulu. Kemudian, apakah cincin tunangan emas itu diwajibkan atau boleh dengan bahan lain?

Pertanyaan semacam ini memang terdengar sepele. Sebenarnya, ada banyak bahan selain emas yang bisa digunakan untuk cincin acara pertunangan kamu.

Bahan Lain Yang Sering Digunakan Selain Emas Untuk Cincin Pertunangan

Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk cincin pertunangan. Tidak hanya anting emas model terbaru saja, apa saja?

1. Palladium

Palladium menjadi salah satu bahan cincin tunangan yang paling banyak digunakan selain emas. Bahkan bahan yang satu ini tidak kalah dengan emas. Ia memiliki tampilan serta berkilau merona ketika terkena pantulan cahaya.

Dalam Islam pria muslim diharamkan memakai perhiasan dengan berbahan emas.

2. Silver

Silver atau perak tentu sudah tidak asing lagi digunakan sebagai bahan perhiasan. Kamu bisa gunakan bahan yang satu ini untuk cincin tunangan kamu nanti.

Emas untuk cincin tunangan memang sangat terkenal sekali. Namun, silver juga tidak kalah cantik ketika sudah menjadi perhiasan yang akan dijadikan sebagai simbol ikatan.

3. Titanium

Bahan yang satu cukup populer di kalangan para lelaki. Karena dalam Islam adanya pelarangan pria mengenakan emas, maka bahan yang satu ini cukup sering dipakai untuk cincin.

Perawatan yang mudah serta tidak mudah tergores, sepertinya akan sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai bahan perhiasan kamu. Hal ini tentunya adalah hal yang sangat baik sekali untuk kamu jadikan simbol pengikat dalam hubungan kamu.

4. Tungsten

Bahan yang satu ini memang cukup asing, karena jarang terdengar jadi belum banyak yang tahu akan bahan satu ini. Tungsten merupakan jenis logam berat yang ternyata memiliki kemampuan anti gores terbaik dibandingkan material lainnya.

Saran cincin tunangan, kamu bisa gunakan bahan yang satu ini. Selain tidak mudah tergores atau menimbulkan karat, bahan ini memiliki harga yang cukup terjangkau.

5. Zirconium Hitam

Cukup populer di pasaran untuk dijadikan bahan cincin, membuat zikronium hitam sangat cantik ketika dikenakan. Bobot yang lebih ringan namun tahan terhadap goresan, mampu membuat bahan yang satu ini cukup diperhitungkan.

Platinum

Selain emas bahan yang satu ini dinilai paling mahal untuk dijadikan sebagai bahan perhiasan. Karena banyaknya kelebihan yang dimiliki platinum ini membuatnya banyak dicari oleh orang.

Bahkan bahan ini tidak mudah korosi, memiliki tampilan warna yang cantik. Serta bagi yang kulitnya sensitif bahan jenis ini tidak menyebabkan alergi pada kulit.

Sebenarnya cincin lamaran sebaiknya bahan apa itu tergantung oleh kedua belah pihak. Bahkan dengan bahan selain emas, kamu tetap bisa melaksanakan acara pertunangan.

Ada banyak bahan yang bisa kamu pilih. Namun, cincin tunangan emas sepertinya sudah melekat pada masyarakat.

By Drajad