Wed. Aug 10th, 2022

Dalam proses lamaran pernikahan, pasangan pria akan memberikan cincin ke calon mempelai wanita wanita. Biasanya, cincin tunangan atau lamaran ini akan dikenakan di jari manis sebelah kiri. Penempatan cincin ini berbeda dengan saat prosesi pernikahan, yang mana cincin akan digunakan pada jari manis sebelah kanan.

Arti Letak Cincin di Setiap Jari, Manakah Jari untuk Pertunangan?

Nah mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, apa perbedaan antara cincin tunangan yang digunakan di jari manis kiri dan cincin pernikahan di jari manis kanan? Berikut ini akan kami jelaskan arti letak cincin tunangan di setiap jari.

Arti Cincin Letak Cincin di Setiap Jari

Manusia memiliki lima jari, cincin yang dikenakan di setiap jari manusia memiliki maksud atau arti yang berbeda-beda. Nah berikut ini adalah arti letak cincin tunangan di setiap jari yang perlu Anda ketahui:

  1. Cincin di Jari Kelingking

Sejak abad ke 19 sampai dengan awal 20-an, memakai cincin di jari kelingking sebelah kiri sangat populer di kalangan pria sebagai tanda bahwa mereka sudah menikah. Namun sekarang ini, pemakaian cincin di jari kelingking ciri untuk menandakan status pernikahan pria sudah jarang dilakukan.

Sekarang ini, menggunakan cincin di jari kelingking tangan kiri lebih sering diasosiasikan sebagai mafia. Dalam mitologi Yunani, kelingking ini menyimbolkan persuasi, intuisi, dan intelegensi.

  1. Cincin di Jari Manis

Dalam budaya di Inggris, cincin yang dikenakan di jari manis kiri menandakan bahwa seorang wanita sudah terikat pertunangan dengan seseorang. Sedangkan di negara-negara Barat seperti Amerika Serikat, hal ini juga bisa berarti status pertunangan dan pernikahan.

Nah, jika Anda melakukan lamaran nikah kepada pasangan Anda. Maka cincin yang Anda berikan kepada calon istri Anda akan dikenakan di jari manis sebelah kiri. Dalam mitologi Yunani, jari manis memiliki makna cinta sejati, kecantikan, dan kreativitas.

  1. Cincin di Jari Tengah

Cincin yang dikenakan di jari tengah sebenarnya tidak memiliki arti tertentu. Biasanya orang yang menggunakan cincin di jari tengah hanya untuk memperlihatkan perhiasan yang mereka punya untuk menarik perhatian dan aksesoris semata.

Namun dalam mitologi Yunani, jari tengah ini mempunyai makna dan simbol dari tanggung jawab serta keseimbangan.

  1. Cincin di Jari Telunjuk

Jari telunjuk mempunyai arti kepemimpinan, ambisi, dan kepercayaan diri. Biasanya orang yang menggunakan cincin di jari telunjuk sering dihubungkan dengan kaum kerajaan atau kaum bangsawan.

Namun untuk orang awam, jari telunjuk ini biasanya dijadikan sebagai tempat memasang cincin dengan desain yang unik dan besar. Cincin di jari telunjuk digunakan sebagai sebuah fashion ketika memakai perhiasan.

  1. Cincin di Ibu Jari

Terakhir, cincin yang dikenakan di ibu jari merupakan simbol status. Biasanya orang yang menggunakan cincin di ibu jari adalah orang di kalangan elit, kelas atas, atau orang kaya. Hal ini karena cincin untuk ibu jari lebih besar dan membutuhkan material logam lebih banyak, biaya pembuatannya juga lebih mahal.

 

 

By Drajad