Sun. Dec 4th, 2022

Di bawah kedok British Home Championship, kompetisi sepak bola internasional pertama berlangsung pada tahun 1884. Pada abad ke-20, sepak bola mulai dipertandingkan sebagai olahraga demonstrasi di Olimpiade Musim Panas pada tahun 1900 dan 1904 (namun, Olimpiade Internasional Komite secara bertahap memperbarui status olahraga menjadi kompetisi resmi), serta di Olimpiade Interkalasi 1906. Kompetisi ini tidak memberikan medali apapun.

Setelah didirikan pada tahun 1904, Federation Internationale de Football Association (FIFA) berupaya menyelenggarakan kompetisi sepak bola internasional antar negara yang bukan bagian dari program Olimpiade. Kompetisi pertama berlangsung di Swiss pada tahun 1906. Dalam hal perkembangan sepak bola internasional, kompetisi ini masih dalam tahap awal.

Pada tahun 1930, Jules Rimet, yang saat itu menjadi presiden FIFA, membuat keputusan untuk mendirikan sebuah acara sepak bola internasional yang dikenal sebagai Piala Dunia FIFA. Kompetisi perdana untuk Piala Dunia berlangsung di Uruguay pada tahun 1930, dengan hanya 13 tim yang ambil bagian. Trofi Jules Rimet diberikan kepada tim yang muncul sebagai pemenang di Piala Dunia setiap tahun dari tahun 1930 hingga 1970.

Piala Dunia, juga dikenal sebagai Coupe du Monde, adalah satu-satunya nama yang diberikan untuk trofi ini saat pertama kali diperkenalkan. Pada tahun 1946, bagaimanapun, itu berganti nama menjadi Jules Rimet Trophy untuk menghormati Jules Rimet, yang adalah presiden FIFA pada saat itu dan bertanggung jawab untuk menyelenggarakan kompetisi Piala Dunia pertama. Setelah memenangkan acara untuk ketiga kalinya pada tahun 1970, Brasil memutuskan untuk menyimpan piala ini dalam koleksi mereka selamanya. Namun, pada tahun 1983 piala itu dicuri, dan tidak pernah ditemukan; kemudian diketahui bahwa penjahat itu telah melelehkan piala itu untuk menjual logamnya.

Jumlah tim yang berkompetisi dalam turnamen tersebut diperpanjang dari 16 menjadi 24 pada tahun 1982 dan kemudian dari 24 menjadi 32 pada tahun 1998. Perluasan ini memungkinkan tim tambahan dari Afrika, Asia, dan Amerika Utara untuk ambil bagian dalam kompetisi tersebut. Sejak itu, tim-tim dari wilayah ini telah menikmati kesuksesan yang lebih besar, dengan beberapa dari mereka maju ke perempat final, termasuk Meksiko pada 1986, Kamerun pada 1990, Korea Selatan bahkan finis keempat pada 2002, dan Senegal maju ke perempat final pada tahun yang sama. Senegal juga mencapai perempat final di tahun yang sama.

Ghana adalah satu-satunya tim dari benua selain Eropa atau Amerika Selatan yang melaju ke perempat final 2010. Prestasi ini dicapai pada 2010. Meski demikian, tim dari Eropa dan Amerika Selatan tetap memiliki keunggulan signifikan. Misalnya, tim yang mencapai perempat final Piala Dunia 1994, 1998, dan 2006 semuanya berasal dari Eropa atau Amerika Selatan.

 

Bagi kamu pecinta sepakbola, kamu dapat melihat liveskor tim kesayanganmu di situs Liveskor. Situs liveskor menyediakan prediksi serta skor sepakbola secara live.