Thu. Feb 2nd, 2023

Setiap pemilik usaha pasti memiliki bisnis berkelanjutan. Karena, hal tersebut menandakan bahwa bisnis yang dimiliki dapat bertahan dalam berbagai situasi yang ada. Karena setiap bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa mendorong ataupun menghambat usaha.

 

Oleh karena itu, pemilik usaha harus terus melakukan pembaharuan, pengelolaan dan pengembangan usaha yang baik. Tetapi, melakukan semua ini tidaklah mudah terutama jika dilakukan sendiri. Karenanya, para pebisnis akan membentuk tim yang strong agar semua tujuan bisnis dapat tercapai dengan baik.

 

Namun, terdapat beberapa hal penting yang harus dilakukan para pemilik bisnis jika ingin memiliki bisnis berkelanjutan tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

 

1. Perencanaan Bisnis Berkelanjutan

Perencanaan yang baik merupakan hal terpenting dalam setiap usaha. Karena tanpa adanya perencanaan tersebut maka bisnis akan berjalan tanpa arah yang jelas. Membuat perencanaan bisnis tentu tidak mudah karena terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan, tetapi anda bisa menggunakan jasa pembuatan studi kelayakan. Contohnya saja perencaan dari sisi SDM, keuangan, pengembangan usaha, promosi dan lainnya.

 

Setelah membuat perencanaan, Anda juga harus melakukan jasa studi kelayakan bisnis. Mengapa? Karena jasa ini dapat menilai dan melakukan analisa mendalam terhadap rencana bisnis yang ada. Nantinya rencana bisnis tersebut menjadi lebih matang sehingga nanti bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik.

 

2. Diversifikasi dan Inovasi

Setelah menjalankan usaha dengan baik Anda juga harus mempertimbangkan langkah inovasi yang tepat. Karena tidak semua lini bisnis bisa menerapkan inovasi yang sama. Anda bisa saja mengembangkan produk dan jasa yang ada atau membuat produk baru. Tentu semua ini membutuhkan pertimbangan yang matang.

 

Akan tetapi, inovasi tersebut sangat penting karena akan mendorong diversifikasi produk dan jasa. Hal ini juga akan menambahkan jumlah pemasukan sehingga pemasukan bisnis tidak hanya berasal dari sumber saja.

 

 

Diversifikasi produk sangat penting, karena ada kalanya salah satu produk mengalami peningkatan dan penurunan penjualan dalam jumlah yang signifikan. Hal ini telah diterapkan banya pemilik bisnis multinasional seperti KFC (produk yang dijual tidak hanya ayam goreng tetapi juga kopi, CD dan DVD, kue dan lainnya), Starbuck (kopi, kopi bubuk, tumbler dan lainnya). Setidaknya pemilik usaha harus memiliki 3 sumber penghasilan agar keadaan bisnisnya menjadi seimbang.

 

3. Promosi

Setiap bisnis berkelanjutan haruslah memiliki sistem promosi yang baik. Promosi yang dilakukan bisa berupa on-line ataupun offline. Hal ini harus dilakukan dengan baik dan mengharuskan adanya rencana promosi yang matang. Karena promosi yang tepat maka produk, jasa dan merk yang dimiliki dapat dikenal masyarakat dengan baik dan dalam jangka waktu yang cepat.

 

Selain itu, Anda bisa mengenalkan produk dan jasa baru dengan mudah. Semakin efektif dan efisien promosi yang dilakukan maka dana yang dikeluarkan pun akan menjadi lebih sedikit.

 

Bisnis berkelanjutan dapat dicapai dengan baik jika Anda memiliki strategi yang jitu, terutama jika Anda menerapkan three hal di atas. Akan tetapi, pemilik usaha harus selalu peka terhadap perkembangan iklim usaha. Karena, kemampuan beradaptasi dalam iklim bisnis akan membuka peluang usaha yang bagus dan Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari hal tersebut.

By roket