Sun. Nov 27th, 2022

 

Hadisurahman.id – Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna laptop adalah baterai yang cepat sekali habis. Bahkan beberapa kasus juga baterai laptop dalam hitungan menit akan habis, meskipun baterai dalam kondisi penuh.

Hal ini menyebabkan charger harus selalu digunakan saat laptop menyala. Jika tidak, maka laptop tiba-tiba mati karena kehabisan daya baterai.

Seperti yang kita ketahui, laptop menjadi salah satu sarana untuk dapat berselam di dunia maya. Dengan adanya laptop, kita bisa mencari hiburan, informasi bahkan mencari pekerjaan dan penghasilan.

Namun, jika masalah baterai ini terjadi, tentu setiap orang akan mengeluh. Karena harus selalu sedia charger kemana pun.

Sebenarnya, ada beberapa penyebab kenapa baterai laptop cepat habis. Bahkan diantaranya terkadang dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Padahal, hal tersebut dapat berdampak buruk terhadap laptop dan juga baterai.

Oleh karena itu, di sini kami akan bagikan artikel mengenai penyebab baterai laptop cepat habis, sehingga anda dapat mengantisipasinya sejak dini.

1. Menggunakan laptop dalam waktu yang lama

Menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama dan tidak berhenti (non-stop) akan membuat kondisi laptop dan baterai menjadi panas. Jika anda biarkan hal ini terus terjadi, komponen yang ada di dalam laptop dan baterai akan cepat rusak, yang tentu saja dapat berpengaruh terhadap performanya.

2. Charging sambil mengoperasikannya

Memang hal ini sulit untuk dihindari, apalagi saat kita benar-benar butuh laptop untuk mengerjakaan tugas atau lainnya, namun kondisi baterai tinggal sedikit. Mau tidak mau kita harus menggunakan laptop dalam kondisi charging

Hal ini sebenarnya dapat berdampak buruk terhadap laptop dan baterai. Oleh karena itu, jangan terlalu sering menggunakan laptop sambil mengisi daya baterai.

3. Laptop kentang yang dipaksa bekerja lebih keras

Sama seperti kita, jika kita dibebani pekerjaan yang sangat keras, bahkan bisa dibilang kita tidak sanggup untuk mengerjakannya, namun tetap dipaksakan untuk bekerja, maka akan dapat berakibat buruk terhadap tubuh kita.

Laptop juga demikian, jika laptop anda memiliki kapasitas yang tidak terlalu tinggi, jangan sekali-kali membebani laptop anda di luar kemampuannya. Hal ini juga dapat berdampak terhadap performa dari laptop, baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunaknya.

4. Tetap charging meskipun baterai penuh

Bukan hanya sering terjadi pada HP, pada laptop pun hal ini juga sering terjadi. Apalagi jika laptop tersebut ditinggal saat proses charging, yang terkadang menyebabkan lupa kalau kita lagi charging laptop.

Hal ini sangat berdampak buruk terhadap performa baterai, sehingga baterai menjadi soak dan cepat habis. Jika anda tetap lakukan ini secara terus menerus, bisa jadi dapat berdampak juga terhadap performa laptop anda. Oleh karena itu, hindari charging terus menerus saat baterai sudah penuh.

Normal
0

false
false
false

EN-ID
X-NONE
AR-SA

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:8.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:107%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,sans-serif;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:Arial;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;
mso-fareast-language:EN-US;}