Beberapa Layanan Di Dalam Google Cloud Platform

Pada kesempatan ini, kami akan memberikanmu beberapa informasi mengenai 4 macam layanan yang terdapat pada Google Cloud Platform yang mana wajib banget untuk kamu ketahui.

Tapi sebelumnya, kami akan membahas mengenai pengertian dari Google Cloud Platform ini terlebih dahulu.

Perlu kamu ketahui bahwa Google Cloud Platform merupakan sebuah layanan milik Google sendiri yang berupa server penyimpanan database yang bergerak pada skala besar dan berbasis cloud computing.

Dengan menggunakan layanan Google Cloud Platform, kamu bisa menguji aplikasi, membuat aplikasi dan bahkan kamu juga bisa menerapkan aplikasi pada infrastruktur Google yang mana sangat bisa diandalkan dalam masalah mobile, website dan juga backend yang kamu mmiliki.

Google Cloud Platform sendiri menggunakan sebuah jaringan  global fiber yang mana bisa membuatmu terhubung ke berbagai penjuru dunia.

Tak hanya itu saja, pengguna juga akan ditawarkan sebuah spektrun yang lengkap dari jasa atau produk berbasis cloud compute, networking, machine learning, storage, big data, operation dan lain sebagainya.

 

2 Layanan Google Cloud Platform Yang Wajib Kamu Tahu

Nah, setelah kamu sudah mengerti tentang pengertian dari apa itu Google Cloud Platform, kini saatnya kamu untuk mengetahui tentang apa saja layanan yang dimiliki Google Cloud Platform ini.

Simak penjelasan kami berikut ini

 

1. Google AppEngine

Yang pertama adalah Google AppEngine.

Salah satu layanan dari Google yang bernama Google AppEngine ini akan memungkinkanmu untuk dapat menjalankan dan membuat aplikasi berbasis web. Menariknya, layanan satu ini memiliki versi berbayar dan versi gratis.

Pastinya dari kedua versi itu memiliki perbedaan yang signifikan.

Jika kamu menggunakan versi gratis, maka kamu hanya akan diberikan kapasitas bandwith dan processor dengan maksimal 6 juta kunjungan dalam 1 bulannya dan juga kamu akan diberikan sebuah storage sebesar 500 MB saja.

Simpelnya Google AppEngine ini merupakan sebuah layanan hosting milik Google sendiri.

Akan tetapi, layanan yang dimiliki Google ini sangat berbeda dengan layanan hosting lainnya.

Pada awal hosting Google ini dibuat, hanya bahasa pemrograman Python saja yang berlaku.

Tapi, seiring berjalannya waktu, saat ini layanan hosting Google sudah support dengan bahasa pemrograman  PHP, Ruby, Java Script, GO dan Farmework.

Dengan ini, Google AppEngine jadi bisa kamu gunakan juga dalam pembuatan website berskala enterprise.

 

 

2. Google BigQuery

Yang kedua adalah layanan Google BigQuery.

Nah, layanan satu ini sangat cocok sekali untuk kamu gunakan sebagai tools dalam kebutuhan penganalisisan dara berukuran besar hingga Petabite.

Menariknya, walaupun data tersebut berukuran hingga Petabite, Google BigQuery ini mampu menghitung semuanya hanya dalam hitungan detik saja.

Layanan Google BigQuery ini sudah banyak diborong oleh para pembisnis yang bergerak dibidang Bisnis Intelegence & Dataware House.

 

Kesimpulan

Cukup sekian saja pembahasan dari kami mengenai beberapa layanan yang dimiliki oleh Google Cloud Platform yang wajib banget kamu ketahui.

Jika kamu tidak atau belum faham-faham dengan yang kami maksud diatas, cobalah untuk membacanya 2 hingga 3 kali agar kamu faham dengan betul mengenai apa saja layanan yang dimiliki Google Cloud Platform.