Berapa Standar Ukuran Jendela Untuk Rumah Minimalis

Setiap rumah memiliki ukuran jendela yang berbeda-beda. Mungkin hal ini akan membingungkan Anda, karena sulit menyesuaikan ukuran jendela agar pas saat membangun rumah baru.

Gunakan fungsi utama sebagai jalur sirkulasi udara dan sinar matahari agar rumah terlihat nyaman dan sehat Anda tidak perlu bingung memilihnya, karena Anda bisa menerapkan ukuran jendela standar. Dengan cara ini, penggunaannya akan dilakukan sesuai kebutuhan.

Di bawah ini, Kania akan memberikan referensi ukuran jendela yang bisa Anda gunakan di rumah. Untuk mempelajari lebih lanjut, silakan baca komentar sampai akhir, oke!

Ukuran Jendela untuk Ruang Tamu

Ukuran jendela di ruang tamu harus lebih besar dari jendela di kamar lain. Karena jendela ruang tamu diletakkan di depan rumah, maka harus bisa memberikan banyak sinar matahari dan udara, agar rumah tidak terkesan sempit, dan tentunya terlihat lebih terang dan luas. Ukuran standar jendela ruang tamu yang bisa Anda gunakan adalah sekitar 80 x 100 cm atau bisa Anda sesuaikan dengan luas ruangan.

Ukuran Jendela Kamar Tidur

Menurut ulasan dari situs website rumahdokter.com, Kamar tidur juga idealnya dilengkapi dengan jendela yang cukup besar untuk mengalirkan udara segar dan membuat area tempat duduk ini nyaman karena tidak terpengaruh oleh kelembapan. Anda bisa menerapkan ukuran jendela standar kamar tidur yaitu 40 x 90 cm, 50 x 100 cm, atau sesuaikan dengan ukuran kamar tidur.

Ukuran Jendela Dapur

Meskipun dapur modern umumnya dilengkapi dengan banyak peralatan canggih, seperti tudung untuk menyerap asap yang dihasilkan selama proses memasak, mereka tetap membutuhkan jendela yang cukup agar area tidak terlihat sempit.

Ukuran Jendela Kamar Mandi

Untuk alasan privasi, sebagian besar kamar mandi tidak memiliki jendela. Jika ingin meminimalkan kelembapan di area tersebut, Anda bisa menambahkan jendela berukuran mini di bagian atas untuk menjaga privasi sekaligus tetap membuat ruangan terlihat luas.

Pemilihan Kusen dan Kaca untuk Jendela

Saat menentukan ukuran jendela, Anda juga harus menentukan ukuran bingkai jendela yang akan digunakan. Dalam aplikasi ini, pastikan untuk menyisakan ruang untuk bingkai di kiri, kanan, atas, dan bawah jendela. Namun, sebaiknya gunakan kaca dengan ketebalan minimal 5 mm.

Di pasaran juga banyak bahan kaca jendela yang bisa digunakan. Jika Anda ingin meningkatkan efek dekorasi pribadi, Anda dapat menggunakan kaca buram atau kaca es. Selain itu, Anda juga dapat memilih desain jendela yang sesuai, seperti jendela lipat yang dapat secara efektif memberikan cahaya ke dalam rumah, jendela geser yang dapat memberikan kesan stylish, dan jendela single-hung atau double-hung yang menonjolkan kesan klasik.

Ini adalah acuan ukuran jendela standar yang bisa Anda terapkan saat membangun rumah baru, merenovasi rumah, atau sekedar mengganti jendela lama. Jika anda bingung memilih desain interior rumah baru yang cocok, silahkan hubungi tim desain interior Dekoruma, mereka selalu siap membantu anda mewujudkan rumah impian anda.

Selain menyediakan jasa desain interior, Dekoruma juga menjual berbagai macam furniture multifungsi dan hemat tempat untuk membuat rumah Anda lebih hemat, lho! Ini termasuk lemari, meja kopi, meja, rak penyimpanan, sofa dan kursi makan.