Berbagai Macam Obat Sakit Telinga, dari Alami Hingga Medis

Sakit telinga bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti infeksi, alergi, dan reaksi tubuh yang menyakitkan lainnya. Meski tidak selalu menjadi pertanda kondisi serius, sakit telinga sangat mengganggu. Anda bisa mengatasinya secara alami, namun dengan kondisi tertentu, Anda mungkin memerlukan pengobatan medis. Itulah penjelasannya.

1. Kompres panas atau dingin

Membenamkan handuk yang dibasahi air panas bisa mengurangi mati rasa dan nyeri di telinga. Anda bisa meletakkan handuk yang telah dicelupkan ke dalam air panas di telinga Anda selama kurang lebih 20 menit. Selain terapi panas, Anda juga bisa mencoba kompres dingin untuk mengatasi sakit telinga.

Menaruh handuk di air dingin lalu menempelkannya di telinga bisa menjadi cara yang efektif untuk meredakan nyeri. Anda juga bisa membungkus es batu dengan handuk dan merendamnya dalam darah di telinga Anda selama sekitar 20 menit.

2. Pemijatan

Jika nyeri berkembang di sekitar gigi rahang atau karena sakit kepala, maka Anda bisa memijat otot di sekitar area yang sakit. Misalnya, jika telinga belakang Anda sakit, coba pijat otot rahang dan leher. Pijat juga dapat membantu mengurangi infeksi telinga.

Sedang mencari alat bantu dengar? bisa kunjungi pusat alat bantu dengar aqm-hearingcenter.com

Mulai pijatan dari bagian belakang telinga ke bagian bawah leher, bergerak dari atas ke bawah. Setelah itu, cobalah pijatan di depan telinga Anda. Ini dilakukan untuk menghilangkan kelebihan cairan dari telinga, yang menyebabkan rasa sakit saya semakin parah.

3. Meregangkan leher

Beberapa sakit telinga disebabkan karena tekanan pada liang telinga atau lubang. Melakukan berbagai peregangan di leher bisa digunakan untuk meredakan tekanan ini.

4. Buat ramuan bawang putih

Brandon Hopkins, MD, pakar dari The Cleveland Clinic mengatakan jika tidak ada bukti ilmiah tentang khasiat bawang putih sebagai obat sakit telinga, Anda bisa mencoba metode ini. Pasalnya, bawang putih telah digunakan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan rasa sakit sejak berabad-abad lalu.

Studi menunjukkan bahwa bawang putih memiliki khasiat antibiotik dan antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi. Anda bisa mengolah bawang putih seperti obat tetes telinga.

Caranya dengan merendam bawang putih dalam minyak zaitun hangat atau minyak wijen. Setelah disaring, ambil minyaknya dan masukkan ke dalam lubang atau liang telinga.

5. Menggunakan minyak tea tree dan zaitun

Minyak pohon teh mengandung berbagai senyawa antijamur, antiseptik, antiradang, dan antibakteri yang baik untuk pengobatan alami sakit telinga. Jadi Anda bisa menggunakan minyak yang satu ini sebagai tetes untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan di telinga Anda.

Untuk mencegah risiko alergi, Anda bisa mencampurkan minyak pohon teh dengan minyak zaitun hangat sebelum mengoleskannya di telinga. Menurut American Academy of Pediatrics, meski tidak ada bukti ilmiah, minyak zaitun dapat digunakan secara efektif untuk mengobati sakit telinga.

6. Mengatur posisi tidur

Cara Anda tidur dapat memengaruhi telinga Anda. Letakkan kepala Anda di atas dua bantal atau lebih, sehingga telinga yang sakit lebih tinggi dari bagian tubuh Anda yang lain. Atau, jika telinga kiri Anda terinfeksi, tidur miring ke kanan.

Cara ini bisa mengurangi sakit telinga yang Anda rasakan karena tekanannya rendah, telinga saya rendah. Berbagai perawatan bisa Anda jadikan di rumah ini sebagai alternatif pengobatan tambahan dari dokter. Namun, pastikan berkonsultasi terlebih dahulu agar tidak ada efek samping.

Apa saja pengobatan medis yang dapat mengatasi sakit telinga?

Perawatan untuk telinga biasanya diubah berdasarkan penyebab, usia, dan tingkat keparahan infeksi. Berikut ini adalah berbagai obat yang biasa diresepkan untuk mengatasi sakit telinga, yaitu:

1. Antibiotik

Dokter Anda akan memberi Anda minuman antibiotik untuk infeksi telinga yang disebabkan oleh bakteri. Antibiotik harus diminum sesuai dosis dan diselesaikan sesuai tenggat waktu yang ditetapkan dokter. Selain obat-obatan oral, dokter juga dapat meresepkan antibiotik dalam bentuk obat tetes telinga untuk mengatasi infeksi telinga luar. Jika disebabkan oleh infeksi virus, dokter akan meresepkan obat infeksi telinga antivirus untuk mengatasi gejalanya.

2. Anti jamur

Sakit telinga juga bisa disebabkan oleh jamur. Gejala yang disebabkan oleh kondisi ini mirip dengan yang disebabkan oleh infeksi telinga. Kondisi ini dapat diatasi dengan obat semprot telinga antijamur, salah satunya klotrimazol.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Audiology and Otology melaporkan bahwa 95% dari 40 pasien yang diteliti mengalami perbaikan gejala saluran telinga. Obat tersebut juga tidak menimbulkan rasa sakit setelah digunakan.

Obat pereda nyeri dan dekongestan

Dalam beberapa kasus, infeksi telinga bisa disebabkan oleh penyakit lain seperti pilek atau alergi. Jika disebabkan oleh flu atau penyakit pernapasan lainnya, Anda dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti parasetamol dan ibuprofen, untuk meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh sakit telinga di telinga Anda.

Yuk baca juga mengenai pemeriksaan audiometri pada telinga.

Jika infeksi telinga disebabkan oleh reaksi alergi, Anda dapat menggunakan dekongestan atau antihistamin seperti pseudoefedrin atau diphenhydramine (Benadryl). Meskipun obat-obatan ini dapat dibeli tanpa resep dokter, cobalah berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum meminumnya. Bayi dengan infeksi telinga tidak diberikan obat.