Wed. May 25th, 2022

Biaya umroh saat ini mengalami kenaikan cukup besar jika dibandingkan dengan periode sebelum masa pandemic Covid-19, sebelum pandemic harga paket umroh minimal adalah sebesar Rp.20 juta. 

Harga tersebut kembali mengalami revisi di awal November 2020 saat umroh kembali dibuka, referensi biaya umroh terendah ditetapkan sebesar Rp.26 Juta. 

Namun animo masyarakat untuk berangkat umroh saat itu kembali tertahan, karena tak lama kemudian Arab Saudi menutup lagi jalur internasionalnya termasuk untuk jamaah umroh Indonesia. 

Umat muslim kembali harus bersabar untuk dapat pergi berkunjung ke Tanah Suci, sampai akhirnya pada Desember 2021 atau di awal tahun 2022 pihak Saudi memperbolehkan penerbitan Visa Umroh untuk jamaah Indonesia.

Biaya Umroh 2022 dan Karantina Umroh

Berapa Biaya Umroh 2022 Referensi Kemenag

Berkenaan dengan biaya umroh, hasil pertemuan antara Kemenag dan Asosiasi penyelenggara perjalanan umroh disepakati biaya umroh tahun 2022 menjadi sebesar Rp.28 Juta.

Kementerian Agamma (Kemenag) melalui Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Nur Arifin mengatakan bahwa :

“Jadi standar biaya paket umroh saat ini adalah Rp.28 Juta, dimana pada tahun lalu berdasarkan Keputusan Menteri Agamma No.777 Tahun 2020, biaya umroh di masa Pandemi 26 Juta, saat ini sudah kita lakukan musyawarah dengan asosiasi, sepakat untuk biaya umrah Rp28 juta diluar karantina dan PCR,” ujarnya.

Penetapan harga umroh tersebut belum termasuk untuk biaya test PCR dan masa karantina. Biaya karantina yang belum diperhitungakan adalah karantina sebelum keberangkatan, pada saat kedatangan di Arab Saudi, hingga karantina kedatangan kembali di Tanah Air.

“Tapi Rp.28 juta ini belum ditandatangani oleh Menteri Agamma, baru rapat final, tapi mungkin nanti akan segera ada penyesuaian,” sambungnya.

Berapa Lama Karantina Umroh dan berapa biayanya?

Harga test PCR serta karantina mengacu pada keputusan yang ditetapkan oleh Satgas Covid.

“Untuk karantina ini menjadi domain dari satgas Covid, kami di Kementerian Agamma tidak memiliki wewenang untuk menetapkan biaya karantina, kami mengikuti keputusan dari Satgas Covid,” ujar Nur Arifin.

Pelaksanaan umroh saat ini berbeda dengan tahun sebelumnya, mengingat pandemi Covid 19 yang belum usai dan munculnya varian baru Covid. Sehingga penerapan protokol kesehatan harus menjadi perhatian jamaah.

Satgas Covid menetapkan durasi karantina keberangkatan umroh adalah 2 hari 1 malam, dan 5 hari 4 malam pada saat kedatangan kembali di Tanah Air. 

Mengacu pada keputusan tersebut, biaya umroh tambahan yang masih harus ditanggung calon jamaah untuk total karantina 5 malam diperkirakan akan bertambah sebesar kurang lebih Rp.3-5 Juta per orang, termasuk biaya test PCR di hotel. Angka tersebut bersifat variable, artinya jika durasi karantina di tanah air semakin pendek, maka diperkirakan biayanya akan berkurang. 

Harga Paket Umroh 2022

Salah satu biro umroh yang sudah membuka pendaftaran kebarangkatan umroh adalah Alhijaz Travel. Melansir informasi dari website resmi travel umroh Alhijaz Indowisata https://alhijazindowisatapt.com/biaya-umroh-murah/ Biaya Umroh 2022 per orang yang ditawarkan berkisar antara Rp.32-34 Juta-an. Harga umroh tersebut sudah termasuk Karantina dan PCR Test. 

Dalam paket umrohnya, perbedaan harga tergantung pada paket Quad, Triple, atau Double, mulai dari sekamar berdua sampai dengan sekamar berempat.

Alhijaz Indowisata adalah salah satu travel umroh yang diketahui sudah berpengalaman selama 20 tahun melayani jamaah. Memiliki keunggulan diantaranya sebagai Provider Visa, sudah Terakreditasi A, dan memiliki izin resmi haji umroh dari Kemenag yang diperpanjang setiap 3 tahun sekali. 

Dimasa normal, travel umroh ini mampu memberangkatkan 7500-8500 jamaah umroh pertahun.

Paket Umroh Favorit Alhijaz Indowisata

1. Umroh Reguler

Umroh tanpa transit dengan rute pesawat Jakarta – Madinah atau Jeddah dengan menggunakan maskapai Saudia Airline. Paket ini menyediakan paket umroh promo yang tentunya menawarkan biaya umroh yang lebih murah.

2. Umroh Plus Turki

Umroh dengan terlebih dahulu transit di negara Turki dengan pilihan durasi perjalanan 9 dan 12 hari termasuk umroh. Menggunakan maskapai Turkish Airline. Menjadi paket umroh favorit dari Alhijaz Tour, karena biasanya ada 1200-1500 kursi umroh tersedia untuk paket ini.

3. Umroh Plus Dubai

Dalam perjalanannya menuju tanah suci, akan singgah terlebih dahulu di kota Dubai selama 10-12 jam. Jamaah akan dibawah berkeliling City Tour ke objek-objek wisata disekita kota Dubai. Penerbangan menggunakan Maskapai Emirates. 

4. Umroh Plus Taif

Untuk Anda yang memilih penerbangan langsung, masih ada alternatif pilihan Paket Umroh Plus City Tour mengunjungi kota Taif. Kota ini berjarak sekitar 60km dari Mekkah. Berada di ketinggian 2000-2500 meter diatas permukaan laut, sehingga memiliki hawa yang sangat sejuk. Banyak bangunan bersejarah di kota ini yang dapat dikunjungi. Harga paket umroh ini cukup murah, karena durasi perjalanan dalam paket ini antara 11-12 hari, biasanya jamaah akan mendapat bonus 2x sholat Jumat di Tanah Suci.

5. Umroh Ramadhan

Paket umroh awal ramadan, pertengahan, dan akhir ramadhan (lailatul qadr) dapat menjadi pilihan yang dapat disesuaikan dengan ketersediaan waktu jamaah itu sendiri. Dengan lokasi hotel yang dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, biaya umroh Ramadhan akan sebanding dengan fasilitas yang diberikan.

6. Umroh Syawal

Melanjutkan pahala Ramadhan, umroh di bulan Syawal akan menjadi pilihan yang tepat.

7. Paket Wisata Muslim

Disamping paket umroh, travel umroh Alhijaz juga menyediakan paket tour dan wisata, dengan tujuan negara Turki, kota-kota di Eropa Barat dan Timur, wisata ke Korea dan Jepang, termasuk menikmati lokasi wisata yang ada di Malaysia maupun Thailand.