Bocah Gimbal Dieng

Peristiwa bocah gimbal Dieng jadi daya magnet wisata daratan tinggi beberapa dewa ini. Saksikan secara langsung acara pemangkasan rambut gimbal dan nikmati keelokan alam Dieng.

Ada yang memikat pada warga di daratan tinggi Dieng, di Jawa tengah. Satu diantaranya ialah kehadiran bocah gimbal Dieng yang fantastis. Bocah gimbal sebagai anak-anak yang tinggal di daratan tinggi Dieng dan sekelilingnya yang mempunyai rambut gimbal secara alami.

Karena sangat istimewanya, bahkan juga rambut bocah gimbal jangan dipotong asal-asalan. Pemangkasan rambut bocah ini cuman dapat dilaksanakan melalui acara ruwatan khusus. Antiknya, saat sebelum acara ruwatan anak-anak memiliki rambut gimbal dikasih peluang untuk minta apa saja yang mereka harapkan. Dan apa saja keinginan mereka harus disanggupi.

Cerita Bocah Gimbal Dieng

Bocah gimbal atau warga Dieng mengatakan sebagai bocah gembel ialah anak-anak yang mempunyai rambut gimbal. Mereka bukan anak-anak biasa karena kehadirannya jadi pertanda kesejahteraan warga sekelilingnya. Kabarnya makin banyak bocah gembel, karena itu kesejahteraan penduduknya makin bertambah dengan tanah subur, hasil panen berlimpah, dan karunia alam yang lain.

Meskipun performanya seperti anak yang tak pernah keramas, bocah gimbal ini sebagai anak-anak yang terurus. Saat lahir juga mereka sebagai anak biasa dengan rambut normal seperti secara umum. Munculnya rambut yang gimbal ialah pada umur balita atau anak-anak.

Untuk warga Dieng tidak terkejut kembali dengan peristiwa anak-anak yang mendadak mempunyai rambut gimbal. Ketika akan ada rambut gimbal, sang anak umumnya akan alami demam atau temperatur tubuhnya tinggi. Anak akan balik sehat seperti yang lalu sesudah rambut gimbal ada.

Peristiwa rambut gimbal terjadi pada anak-anak yang membuat makin memikat. Selainnya dipercayai bawa karunia untuk tanah dewa ini, anak-anak memiliki rambut gimbal menjadi satu diantara daya magnet wisata Dieng.

Warga luar wilayah yang ingin tahu umumnya menyengaja tiba ke Dieng untuk menyaksikan anak-anak memiliki rambut gimbal ini. Tidak itu saja, pelancong banyak juga yang berminat untuk menyaksikan proses ritus pemangkasan rambut anak-anak gimbal itu.

Ritus Pemangkasan Rambut Bocah Gembel di Dieng

Rambut gimbal yang dipunyai anak-anak Dieng tidak dapat dipotong asal-asalan. Warga Dieng yakin bila hal itu dilaksanakan, bisa bawa bencana pada sang anak seperti sakit. Jika dipotong sendiri, rambut gimbal akan ada kembali di masa datang. Oleh karenanya, pemangkasan rambut gimbal anak-anak di Dieng harus dilaksanakan lewat sebuah ritus.

Persyaratan pemangkasan rambut untuk anak gimbal ialah orangtua harus mengikuti atau merestui kemauan sang anak. Apa saja kemauannya harus dituruti meskipun keinginan sang anak cukup aneh. Pelancong yang tiba bisa menyaksikan beragam barang, seperti sepeda, uang, durian, atau bahkan juga benda aneh yang lain yang disebut beberapa barang yang disuruh anak gimbal saat sebelum rambutnya dipotong.

Pelancong bisa menyaksikan acara tradisi pemangkasan rambut gimbal di kompleks candi Dieng. Ikuti ritus yang disertai dengan musik gamelan ciri khas Jawa. Acara pemangkasan rambut gimbal anak-anak Dieng menyengaja dilaksanakan secara masal setahun sekali hingga pelancong bisa menyaksikan keramaian ritus ini. Ada banyak acara yang dilewati saat sebelum rambut gimbal anak Dieng dipotong.

Pelancong juga bisa mendokumentasikan peristiwa pemangkasan rambut anak gimbal yang sudah dilakukan oleh figur tradisi di tempat. Rambut-rambut gimbal itu nanti akan dilarung atau dibuang ke saluran sungai yang ke arah laut.

Bukan hanya ikuti ritus pemangkasan rambut gimbal, pelancong bisa nikmati beragam aktivitas hebat yang lain karena umumnya dilaksanakan bertepatan dengan acara festival. Teritori wisata Dieng semakin lebih ramai dari umumnya dengan pelancong dari dalam sampai luar negeri.

Selainnya wisata budaya, beberapa wisatawan yang tiba dapat nikmati panorama cantik dari daratan beberapa dewa ini. Seperti pada teritori Candi Arjuna yang populer dengan panorama hijau dari pohon-pohonan cemara di sekitar candi. Udaranya juga benar-benar fresh dan bebas pencemaran. Pelancong bisa ikuti semua acara atau ritus pemangkasan rambut bocah gimbal Dieng sekalian nikmati panorama alamnya.

Wisata Bagus yang berada di Dieng

Selainnya dapat menyaksikan proses ritus ruwatan bocah gimbal, Anda bisa juga berkunjung lokasi wisata yang berada di Dieng. Masalahnya proses ruwatan tidak dapat dilaksanakan sembarangan waktu, cuman waktu tertentu saja . Maka, saat ke sini Anda dapat berkunjung beberapa daftar wisata ini.

Pertama, berkunjung pucuk Sikunir. Ada yang ngomong bila belum ke Dieng bila belum ke Sikunir. Di atas pucuk ini anda bisa menyaksikan cantiknya panorama sekitaran dari ketinggian. Bahkan juga Anda bisa juga menginap memakai tenda.

Ke-2 , bertandang ke Kawah Sikidang. Kawah ini sebagai salah satunya lokasi yang harus didatangi. Poin utama saat bertandang ke sini yaitu harus bawa masker karena berbau belerang yang cukup pekat.

Ke-3 , mendaki Gunung Prau. Untuk yang menyukai trackking, mendaki gunung Prau sebagai opsi yang akurat. Ketinggian gunung ini yaitu lumayan 2.565 mdpl jadi cukup melelahkan . Maka siapkan fisik dan perbekalan untuk mendaki gunung ini.