Bukan Hanya Rendang, Ini 20 Makanan Ciri khas Sumatera Barat Paling Nikmat

Akhir-akhir ini, khalayak sedang ramai mengulas Gordon Ramsay yang pelajari langkah membuat rendang langsung di Padang, Sumatera Barat bersama Chef William Wongso. Tetapi tidak hanya rendang, ada banyak lho makanan ciri khas Sumatera Barat yang perlu kamu ketahui dan cicip.

Sumatera Barat tidak cuman mempunyai tempat rekreasi yang cantik dan menakjubkan, tetapi juga kekayaan budaya dan kulineran yang populer nikmat dan sedap. Baca yok 20 referensi makanan ciri khas Sumatera Barat dari daftartour.co.id di bawah ini.

Hidangan Khusus Ciri khas Sumatera Barat yang Harus Dicoba

1. Asem Padeh Daging, Hidangan Daging Ciri khas Padang

Pulau Sumatera berpotensi rekreasi yang besar sekali. Selainnya menjadi satu diantara dari 10 tujuan rekreasi yang harus didatangi di Indonesia, banyak kulineran yang oke lho di Sumatera Barat.

Makanan ciri khas Sumatera Barat yang ini dibuat dari material dasar daging. Biasanya yang dipakai ialah daging sapi, tetapi sekarang telah banyak rumah makan yang membuat asem padeh daging dari daging ayam atau ikan.

Asem padeh daging sendiri mempunyai rasa asam dan pedas. Bumbunya dibuat dari kombinasi bumbu lembut yang terbagi dalam bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe, asam kandis, tomat, dan lain-lain.

Masakan ciri khas Padang ini umumnya dihidangkan saat beberapa acara tradisi, seperti pernikahan. Berwarna yang kecokelatan sepintas akan mengingatimu pada rendang. Makan nasi hangat sama asem padeh daging ditanggung oke!

2. Gulai Gajebo, Kulineran Surga Ciri khas Minang

Padang banyak memiliki masakan ciri khas yang populer nikmat dan sedap, salah satunya yang paling harus dicoba ialah gulai gajebo.

Makanan ciri khas ini dibuat dari sandung lamur, yakni sisi daging sapi yang nyaris semua terbagi dalam lemak kenyal (ada di sisi punuk sapi).

Hidangan ciri khas Sumatera Barat ini mempunyai kuah seperti gulai secara umum. Potongan ‘lemak berdaging’ pada gajebo dihidangkan dengan kuah asam padeh, tetapi benar-benar tidak memakai santan.

Antiknya, orang Sumatera Barat mempunyai tiga jenjang pada rasa gulai gajebo. Pertama ialah ‘cukup gurih’ bila daging semakin banyak dari lemak. Ke-2  ialah ‘gurih’, saat lemak semakin banyak dari daging.

Nach, yang ke-3  berikut yang ternikmat, yakni ‘sangat gurih’ saat semua potongan terbagi dalam lemak. Rasa renyah ini akan didampingi dengan rasa pedas yang cocok. Tidak salah bila gajebo disebutkan makanan surga!

Buat yang ingin coba, berharap dikenang jika makanan ini kolesterolnya lumayan tinggi.

3. Sate Padang yang Populer Nikmat

Kemungkinan kamu sudah tidak asing dengan makanan ciri khas Sumatera Barat yang ini. Tetapi, masih tetap harus coba sate padang saat kamu berlibur sekalian rekreasi kulineran di Padang.

Olahan sate ciri khas padang ini dibuat dari daging dan lidah sapi, juga bisa memakai dalaman seperti jantung, paru, atau usus. Bumbu kuahnya yang unik ditanggung buat lidah kelepek-kelepek.

Saucenya yang populer nikmat itu dibuat dari beragam bahan, seperti bawang merah, bawang putih, kacang, serai, kunyit, cabe merah, jahe, dan lain-lain. Selanjutnya ditambahkan tepung beras agar lebih kenyal. Uuuh, maknyus!

4. Sate Lokan, Hidangan Nikmat Ciri khas Pesisir

Tidak cuman dibuat dari daging sapi, sate ciri khas Minangkabau ada pula yang dibuat dari kerang hijau, lho. Yup, namanya sate lokan.

Kerang umumnya akan direbus lebih dulu saat sebelum ditusuk dan dibakar sampai kecokelatan. Selanjutnya akan ditambah lagi bumbu bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe, merica, lengkuas, ketumbar, serai, jintan, kunyit, dan tepung beras.

baca juga : Liburan versi petualang di Pulau Pari Kep Seribu

Sate lokan umumnya dihidangkan dipiring dengan kuah kental, taburan bawang, dan ketupat. Hidangan ciri khas pesisir ini gampang diketemukan di beberapa daerah seperti Pasaman, Padang, Pariaman dan Pesisir Selatan.

 

5. Soto Padang, Kuah yang Fresh dan Renyah

 

Tiap wilayah tentu mempunyai soto uniknya masing-masing, begitupun Padang. Soto memang masakan ciri khas Indonesia yang terkenal karena rasanya yang sedap dan dapat dikonsumsi kapan pun.

Nach jika kamu jalanan ke ke Padang, Sumatera Barat, harus coba soto padang. Dibuat dari daging sapi, bihun kuah kaldu sapi, dan didampingi perkedel kentang, soto padang ditanggung bisa saja makanan kegemaran kamu.

Perbedaannya soto padang dengan soto yang lain, bahan daging sapi dimasak kering lebih dulu, selanjutnya dipotong kecil-kecil atau umumnya disebutkan dendeng.

Rasanya renyah dan fresh, lebih nikmat bila dikonsumsi saat panas. Ditambahkan krupuk, semakin nikmat!

6. Rendang Paru yang Memikat

Rendang daging pasti telah terbiasa, tetapi bagaimana dengan rendang paru? Dibuat dari paru-paru sapi yang lunak dan basah, makanan ciri khas Sumatera Barat ini ditanggung mengunggah hasrat kamu.

Bumbu untuk mengolah rendang paru sedikit berlainan dengan rendang sapi. Rempah yang dipakai ialah bawang putih, jahe, lengkuas, cabe merah, dan dedaunan yang sudah dirajang. Ditambah lagi rileks 1,5 semakin banyak dibandingkan rendang biasa.

Semua bumbu itu selanjutnya akan dilumatkan dan diolah bersama paru sapi. Rendang paru mempunyai struktur yang lebih keras dengan warna kecokelatan. Makan gunakan nasi hangat tentu nikmat sekali, nih!

7. Nasi Sala, Makan pagi Sedap Ciri khas Pariaman

Pariaman sebagai teritori pantai hingga hasil laut di situ cukup berlimpah. Tidaklah aneh bila makanan uniknya juga tidak jauh dari ikan. Salah satunya yang terpopuler sedap ialah nasi sala.

Nasinya tidak dibuat dari ikan ya daftartour.co.id Fellas, tetapi lauknya yang dibikin dari ikan. Satu porsi nasi sala berisi nasi yang dibuntel dengan daun pisang, ikan kembung goreng yang dikasih tepung, dan sambal.

Tepungnya sendiri mempunyai rasa karena dibumbui cabe giling, lengkuas, daun kunyit, dan bawang putih. Rasanya renyah, gurih, dan pedas. Pas untuk makan siang!

8. Martabak Kubang, Sederhana Tetapi Maknyus

Martabak memang makanan ciri khas Timur tengah, tetapi Sumatera Barat punyai martabaknya sendiri, yakni martabak kubang. Dinamakan martabak kubang karena makanan ini datang dari Nagari Kubang, Guguk, Lima Puluh Kota.

Isi martabaknya dibuat dari daging sapi cacah atau rendang, selanjutnya ditambahkan daun bawang dan dihidangkan bersama kuah pedas asam manis. Ukuran semakin besar dibanding martabak secara umum, jadi pas sekali jika dikonsumsi bersama-sama.

9. Nasi Kapau

Nasi kapau ialah makanan ciri khas Bukittinggi. Memiliki bentuk hampir serupa dengan nasi padang, yang membandingkannya ialah langkah penyuguhannya. Bila lauk nasi padang dihidangkan di etalase, lauk nasi kapau dipampang di atas meja.

Penjualnya umumnya ialah orang asli Kapau. Dari sisi rasa, ada satu sajian yang lain dengan nasi padang, yakni gulai kapau yang dibuat dari kol, nangka, dan kacang panjang. Gulai kapau mempunyai kuah warna kuning dengan rasa sedikit asam.

Bila ingin makan nasi kapau, kamu dapat pilih beragam jenis lauk, dimulai dari rendang daging sapi, rendang ayam, ayam goreng, dendeng balado, gulai ikan, kikil dan lain-lain. Untuk sayurnya, ada rebung muda, kol, kacang panjang, dan terkadang sayur pakis.

Belum juga ada beragam jenis gulai, seperti gulai cangcang, gulai sokong, gulai usus, dan gulai ayam. Pikirkan ingin pilih lauk apa telah buat lapar, ya!

 

10. Gulai Itiak Lado Mudo untuk Beberapa Pecinta Pedas

Sebetulnya, gulai itiak lado mudo ialah menu unggulan warung makan Gulai Itiak Lado Mudo yang berada di Ngarai Sianok, Bukit Tinggi.

Menu favorite ini dibikin dari daging bebek muda dan cacahan cabe hijau. Gulai itiak lado mudo sebagai masakan ciri khas Kota Gadang, tetapi diubah dengan menambahkan rasa pedas dan diproses tanpa santan.

Satu ekor bebek akan diolah dengan 1/2 cabe hijau kering. Fresh sekali tentu kan rasanya? Apa lagi daging bebek yang dipakai ialah bebek muda yang berumur sekitaran enam bulan hingga teksturnya lebih empuk.

11. Ayam Pop, Menu Unggulan di Restaurant Padang

Makanan ciri khas Sumatera Barat ini dibikin berbahan baku ayam daerah, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, garam, dan jeruk nipis. Selanjutnya ditambahkan air kelapa untuk pertajam rasa dan wewangian pada ayamnya.

Ayam pop mempunyai cita-rasa pedas dan gurih, terlebih bila digabung dengan sambalnya. Beberapa restaurant umumnya menyuguhkan ayam pop bersama plus tambahan daun singkong dan kacang panjang rebus.

Rasanya ditanggung maknyus! Ajak keluarga makan ayam pop bersama di restaurant padang tentu asyik.

12. Dendeng Balado, Pas untuk Oleh-Oleh

Dendeng balado ialah masakan tradisionil Sumatera Barat yang dari Minangkabau. Makanan ciri khas ini dapat tahan lumayan lama karena dibikin dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil lalu dikeringkan . Maka, dapat sekali jika kamu ingin mengantarnya pulang untuk oleh-olehan. baca juga pulau bidadari jakarta

Rasanya sendiri cukup pedas karena dendeng balado umumnya akan dibumbui balado plus rempah-rempah yang lain.

13. Gulai Paku, Makanan Unik dari Sumbar

Gulai yang ini cukup unik karena bahan intinya ialah tanaman paku atau pakis yang masih terbilang muda. Beberapa macam tanaman paku yang dipakai ialah ostrich fern, semanggi, dan bracken.

Gulai paku umumnya dikasih pendamping udang, ikan asin jambal, atau ikan teri. Lantas dihidangkan bersama kuah pedas asam, telur rebus, atau potongan ketupat. Ingin tahu kan bagaimana rasanya?

14. Gulai Banak yang Dibuat dari Otak Sapi

Gulai banak, masakan gulai berkuah santan yang pedas ini datang dari Minangkabau. Berlainan dengan gulai secara umum yang dibuat dari daging sapi atau ayam, gulai banak menggunakan otak sapi sebagai bahan intinya.

Rasanya fresh dan cukup pedas dengan kuah warna kecokelatan. Teksturnya sendiri benar-benar halus karena dibuat dari otak. Harus dicoba, dech!

Tetapi berhati-hati bila kamu mempunyai darah tinggi karena makanan ciri khas Sumatera Barat ini memiliki kandungan cholesterol yang lumayan tinggi.

15. Kalio, Rendang yang Sepanjang Ini Kita Mengenal

Tahukah kamu, jika rendang yang dikenali di Pulau Jawa sebetulnya namanya kalio di Sumatera Barat? Kalio ialah rendang 1/2 jadi karena diolah dalam saat yang lebih singkat. Ya itu, rendang yang sejauh ini kita mengenal.

Walau sebenarnya, rendang itu aslinya mempunyai struktur yang sedikit keras, kering, dan mempunyai wangi rempah yang kuat. Waktu mengolahnya juga lumayan lama, yakni 8 jam!

Kalio atau rendang yang sejauh ini dikenali oleh orang di luar Sumbar, mempunyai struktur yang basah dan empuk hingga lebih gampang dimakan. Walau kamu seringkali makan, masih tetap harus coba kalio langsung di Sumbar ya!

Cemilan dan Jajan Ciri khas Sumatera Barat
16. Kacimuih, Singkong yang Diberi Kelapa

Cemilan dan camilan ciri khas Sumatera Barat lumayan banyak, yang pertama ialah kacimuih. Dengan bahan dasar singkong, gula putih atau gula merah, dan parutan kelapa, kacimuih mempunyai rasa yang begitu nikmat. Renyah dan manis.

Jajan asli Sumbar ini mempunyai wujud yang simpel. Kacimuih bisa juga dikonsumsi bersama dengan gula aren. Coba dech cemilan ini saat berlibur di Sumatera Barat, harga lumayan murah.

17. Lompong Sagu, Jajan Sumbar yang Mulai Sangat jarang

Makanan ciri khas Sumbar yang ini saat ini cukup jarang-jarang dijumpai. Lompong sagu dibikin dari tepung sagu, gula merah, parutan kelapa, santan, dan pisang kepok atau pisang raja.

Setelah dipanggang, lompong sagu akan dipotong kotak dan dihidangkan di atas piring bersama parutan kelapa. Datang dari Minang, rasa lompong sagu condong manis dengan wewangian ciri khas hasil pemanggangan. Lebih nikmat dikonsumsi saat hangat.

18. Galamai, Cemilan Semacam Dodol Ciri khas Sumbar

Jajan ini cukup terkenal di Sumatera Barat. Tiap wilayah seperti Payakumbuh, Pasaman, Solok, dan Pariaman mempunyai langkah mengolah galamai yang berbeda.

Secara umum, galamai atau kalamai dibikin dari tepung beras ketan, kacang tanah, dan gula aren. Nyaris serupa dodol atau jenang getho dech, Fellas. Perbedaannya, galamai diberi kacang tanah. Rasanya manis dan renyah.

19. Bareh Randang, Cemilan Manis dari Payakumbuh

Bukan, cemilan yang ini bukan rendang, tetapi kudapan manis yang dari Payakumbuh. Diberi nama bareh randang karena merujuk pada bahan dasar dan proses pembikinannya. Bareh dengan bahasa Minangkabau memiliki arti ‘beras’, sedang randang memiliki arti proses menggongseng.

Maka bareh randang ialah olahan dengan bahan dasar beras dan disangrai bersama beragam bumbu. Teksturnya cukup kasar, tetapi lunak di bagian dalam. Umumnya memiliki bentuk berbentuk lingkaran atau persegi. Pas jadi oleh-olehan!

20. Sala Lauak, Cemilan Ciri khas Pariaman

Pariaman punyai cemilan uniknya sendiri namanya sala lauak. Karena Pariaman sebagai wilayah pesisir, material dasar sala luak juga tidak jauh dari ikan.

Ikan yang sudah dilumatkan akan digabung dengan tepung selanjutnya dimasak sampai kecokelatannya. Hasilnya, cemilan yang sedap dengan rasa renyah dan gurih.

Sala lauak sendiri ada dua variasi, yakni sala keras yang mempunyai struktur luar cukup keras dan dibuat dari ikan asin, dan sala lunak berupa gepeng yang dibikin dari ikan stuhuak.

Itu 20 makanan ciri khas Sumatera Barat yang terenak dan harus kamu coba. Sebetulnya ada banyak masakan dan cemilan ciri khas Sumatera Barat lainnya, seperti lamang tapai, lamang katan, karupuak sanjai, bubur jawara, dan ale-ale.

Makanan dan cemilan ciri khas Sumatera Barat yang mana paling ingin kamu coba? Apa saja makanannya, jalanan ke Sumatera Baratnya harus sama daftartour.co.id ya! The SMART way to travel!