Wed. May 25th, 2022

 

 

Ada banyak penyedia aplikasi yang dapat membuat aplikasi absensi online dari komputer atau ponsel berbasis Android atau sistem operasi lainnya.

Jika itu adalah aplikasi berbayar, sangat sederhana, unduh dan instal di ponsel kita, dan itu dapat dengan mudah dijalankan.

Pada saat yang sama, ada juga metode absensi online gratis. Tentu saja, Anda harus membuatnya sendiri. Melalui formulir yang dapat diisi secara online. Tentu saja, ini membutuhkan alat aplikasi pengumpulan data online, seperti spreadsheet atau melalui Google Sheets. Anda juga dapat berpartisipasi secara online menggunakan media sosial.

Absensi adalah mengecek kehadiran seseorang dalam suatu rapat. Oleh karena itu, media sosial dapat digunakan untuk absen online. Misalnya di grup kelas WA. Yang tidak berkomentar dianggap tidak hadir. Bisa. Demikian juga dapat diterapkan pada grup tertutup dari fasilitas yang ada di Facebook.

Itu dia. Dia adalah semua platform media sosial dan setiap komentar atau posting harus muncul pada saat penulisan. Oleh karena itu, penggunaan absensi online bisa sangat fleksibel.

Namun, untuk absensi online yang datanya bisa dibaca, media sosial tidak tersedia. Cara mengetahui absensi online yang bisa dirangkum bisa menggunakan tool Google Sheets.

Berikut cara membuat dan mengisi absensi online melalui Google Forms.

Cara Membuat Absensi Online di Google Forms

  1. Buka Google
  2. Buka Google Formulir
  3. Buat formulir
  4. Beri nama tabelnya, misal: ONLINE ABSEN CLASS 7A
  5. Isi kolom nama siswa
  6. Buat kolom baru
  7. Tidak ada kolom nomor
  8. Buat daftar pilihan kelas
  9. Buat daftar pilihan Anda untuk hari itu
  10. Bagikan tautannya

Metode absensi online gratis Google Forms memang gratis, namun spesifikasi dan keakuratan pengisian absensi tidak dapat dijamin. Hal ini karena cara pengisian google form yang bisa dilakukan adalah cara mengisi absensi google form, hanya menampilkan tanggal, tanggal dan jam login saja.

Absensi online gratis ini hanya dapat digunakan oleh pihak sekolah. Tidak efektif untuk perusahaan yang membutuhkan absensi profesional.

Cara absensi online yang profesional adalah akurat siapa yang login, akurat tempat, akurat waktu. Berbagai aplikasi dapat dieksploitasi dengan cara yang tidak ada ini.

Aplikasi absensi online yang baik juga harus memudahkan peringkasan data sehingga dapat membaca data absensi setiap orang. Dengan cara ini, dapat memberikan analisis yang tepat, akurat dan sederhana.

Kehadiran karyawan harus mudah digunakan. Misalnya, mengambil selfie di suatu tempat sudah cukup, atau hanya masuk ke aplikasi dari ponsel cerdas Anda. Sidik jari tidak lagi diperlukan. Jadi pasti efisiensi waktu dan alat.

Pemimpin perusahaan juga dapat dengan mudah melihat secara online dari perangkat mereka di mana saja. Pengawasan yang baik akan melahirkan budaya kerja yang baik dan profesional.

Absensi online terpercaya dapat ditemukan di smartpresence.id. Akurasi dapat diberikan melalui fungsi yang sesuai dengan pengguna.