Sun. Dec 4th, 2022
Cara Lapor SPT Online Bagi Pemula yang Mudah, Cepat, dan Anti Denda

Pelaporan pajak menggunakan SPT adalah salah satu kewajiban dari wajib pajak. Jika Anda terlambat melakukan pelaporan tersebut, maka anda akan mendapatkan sanksi atau denda. Sanksi atau denda yang berlaku juga tergantung pada bentuk kesalahan dan keterlambatan Anda. Saat ini telah hadir cara lapor SPT online yang mudah dan cepat. Lalu bagaimana cara menggunakan pelaporan SPT online ini? Simak ulasan berikut ini.

Apa Itu SPT Online

Cara Lapor SPT Online Bagi Pemula yang Mudah, Cepat, dan Anti Denda

Kemudahan dan perkembangan teknologi saat ini telah melahirkan berbagai macam inovasi. Salah satunya yaitu cara lapor SPT online untuk menyelesaikan masalah pelaporan pajak. 

Saat ini Anda tidak perlu datang secara langsung ke kantor pajak untuk pelaporan pajak. Kehadiran SPT online akan membantu pelaporan pajak Anda dengan mudah dan cepat. Inovasi ini juga akan menghindarkan Anda dari sanksi atau denda akibat keterlambatan pelaporan pajak.

Saat ini tersedia media pelaporan pajak tahunan secara online yaitu e-Filing dan e-Form yang ada pada DJP Online. 

Sekedar informasi bagi Anda bahwa batas waktu pelaporan pajak tahun ini bagi wajib pajak perseorangan adalah bulan Maret. Sementara bagi Anda yang merupakan bagian dari suatu badan atau kelompok, batas waktu pelaporan pajak tahun ini adalah bulan April.

Jadi jika Anda tidak ingin terlambat dan kena denda, simak ulasan berikut ini!

Cara Lapor SPT Online

Fitur atau cara lapor SPT online ini dapat Anda temui pada situs DJP Online. Anda bisa melakukan pelaporan pajak tahunan Anda melalui e-Filing atau e-Form. Masing-masing cara pelaporan tersebut dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis pelaporan yang Anda inginkan.

e-Filing

Pelaporan menggunakan e-Filing cocok bagi Anda yang ingin melaporkan SPT Anda secara langsung melalui pengisian formulir secara online

  • Cara melakukan pelaporan menggunakan e-Filing yang pertama yaitu Anda harus LOGIN terlebih dahulu di halaman DJP Online dengan memasukkan NPWP dan kode keamanan terlebih dahulu. 
  • Untuk Anda yang belum memiliki akun, Anda harus mendaftar di halaman Registrasi DJP Online dengan mengisi NPWP, Nomor EFIN, dan memasukkan kode keamanan terlebih dahulu.
  • Setelah Anda berhasil LOGIN, pilih menu Lapor kemudian pilih menu e-Filing.
  • Selanjutnya klik Buat SPT kemudian ikuti panduan pengisian SPT tersebut. Setelah Anda mengisi semua formulir tersebut, klik kotak Pernyataan sampai muncul tanda centang.
  • Selanjutnya cek email yang Anda daftarkan untuk melihat BPE atau Bukti Pengiriman Elektronik dari SPT Anda.

e-Form

e-Form adalah pelaporan SPT yang dilakukan dengan men-download formulir SPT terlebih dahulu, mengisinya secara offline kemudian mengirimnya secara online.

  • Cara pelaporan SPT menggunakan e-Form yang pertama yaitu sama dengan e-Filing, Anda harus LOGIN terlebih dahulu di halaman DJP Online dengan memasukkan NPWP dan kode keamanan terlebih dahulu. Jika Anda belum memiliki akun, Anda harus daftar dulu di halaman Registrasi DJP Online dengan mengisi NPWP, Nomor EFIN, dan memasukkan kode keamanan.
  • Setelah berhasil Login, Anda bisa pilih menu Lapor kemudian pilih ikon e-Form PDF.
  • Klik Buat SPT dan kemudian ikuti sesuai instruksi yang diberikan.
  • Setelah selesai pilih Kirim Permintaan dan formulir SPT online Anda akan otomatis ter-download.
  • Token pengiriman SPT juga akan otomatis terkirim ke alamat email yang Anda daftarkan.
  • Langkah selanjutnya adalah, isi formulir SPT tersebut secara offline kemudian laporkan secara online melalui instruksi yang telah diberikan

Tertarik Untuk Melaporkan SPT Anda Secara Online?

Seperti yang Anda ketahui bahwa batas waktu pelaporan SPT adalah sebentar lagi. Oleh karena itu segera persiapkan laporan SPT Anda agar terhindar dari sanksi dan denda. Untuk menghemat waktu, Anda bisa coba mengikuti panduan cara lapor SPT online di atas. 

Jika Anda menemui kesulitan dalam pengisian formulir dan pelaporan SPT Anda, segera hubungi jasa konsultan pajak yang anda percayakan. Sebagai Jasa konsultan pajak terbaik di Indonesia, Proconsult akan membantu Anda dalam pelaporan SPT Anda secara online. Jadi tunggu apa lagi? Hubungi Proconsult sekarang jika Anda tidak ingin kena denda akibat terlambat lapor SPT.

By Drajad