Cara Lindungi Diri dari Kejahatan Digital

Meningkatnya jumlah pelaku kejahatan membuat semua pengguna internet perlu lebih waspada. Penjahat akan melakukan semua yang mereka bisa untuk melakukannya. Kesadaran dan kemampuan memberdayakan diri agar tidak menjadi korban kejahatan digital saja tidak cukup.

Salah satu langkah efektif untuk meningkatkan literasi digital dan upaya pencegahan kejahatan siber adalah kerjasama yang baik antar pemangku kepentingan. Masing-masing sektor memiliki peran penting untuk dimainkan dan dapat berkontribusi pada permasalahan digital yang terjadi di Indonesia.

Secara umum, pemerintah sebagai institusi mempunyai kewajiban untuk membuat kebijakan dengan tujuan keamanan dan kenyamanan pengguna saat menggunakan internet. Selain itu karena para pelaku industri harus berupaya keras untuk meningkatkan inovasi keamanan, melindungi data pribadi, serta memberikan sosialisasi dan edukasi untuk meningkatkan ketahanan pengguna internet.

lite merupakan situs seputar MOD Aplikasi terpercaya & gratis.

Selain pemerintah dan industri, pemangku kepentingan lainnya juga memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna digital. Misalnya dari kalangan akademisi menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dan memiliki skill di bidang cyber. Tidak hanya itu, komunitas dan organisasi kemasyarakatan juga dapat berkontribusi dalam bentuk edukasi publik dan analisis kebijakan yang diberikan oleh regulator sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Meski keamanan melakukan aktivitas di platform digital bergantung pada banyak faktor eksternal, kita perlu memperkuat perlindungan pribadi saat menggunakan internet. Mungkin, peran terpenting dalam mencegah kejahatan dunia maya adalah pengguna. Untuk menciptakan ekosistem yang aman dan menyenangkan saat menggunakan internet, sebagai pengguna, Anda perlu mengetahui beberapa cara berikut yang dapat Anda lakukan:

1. Waspada dengan data pribadi

Ketika berbicara tentang keamanan di internet, satu hal yang harus diperhatikan adalah kontrol keamanan ada di dalam diri kita sendiri. Jika Anda memang diharuskan membagikan data pribadi seperti nomor KTP, alamat lengkap, nama ibu kandung, dan informasi penting lainnya, tentu menjamin kredibilitas platform yang meminta Anda mengisi informasi tersebut. Sebagai pengguna internet yang paham, Anda harus bersikap kritis dan mengetahui akun / situs web / platform yang meminta Anda memasukkan data pribadi.

2. Gunakan email yang berbeda untuk setiap platform digital

Aktivitas terkait internet seringkali menggunakan alamat email sebagai konfirmasi atau identitas. Namun penggunaan email sebagai identitas pribadi masih sering dianggap remeh. Padahal, email merupakan salah satu alat yang sering digunakan oleh pelaku kejahatan untuk melakukan kejahatan. Untuk itu, ada baiknya Anda tidak menggunakan satu email untuk beberapa platform. Ini termasuk akun media sosial yang terkait dengan email. Saran terbaik adalah membuat beberapa email cadangan sebagai email cadangan atau pemulihan sambil menunggu kejahatan dunia maya.

3. Pasang kata sandi yang unik dan ganti secara berkala

Salah satu lapisan keamanan saat menggunakan internet adalah dengan menggunakan kata sandi yang aman. Bagaimana cara memastikan kata sandi saya aman? Anda dapat mengubah kata sandi Anda secara teratur. Buat beberapa kata sandi baru di akun yang sudah Anda miliki. Cobalah untuk menemukan kata sandi unik, kombinasi angka, huruf besar, huruf kecil, dan simbol. Jika memungkinkan, jangan cocokkan sandi di semua akun yang Anda miliki.

Baca juga yuk seputar MOD aplikasi & games di lite.co.id

4. Aktifkan otentikasi dua faktor

Jika kata sandi adalah lapisan keamanan pertama saat menjelajah internet, maka otentikasi dua faktor adalah lapisan keamanan kedua. Untuk membuat Anda lebih aman dan nyaman saat menggunakan internet, Anda dapat mengaktifkan 2FA (Two Factor Authentication). 2FA adalah fitur keamanan akun online. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memverifikasi identitas Anda setidaknya dua kali, biasanya dengan kode khusus yang dihubungkan melalui smartphone. Cara mengaktifkan 2FA biasanya ada di menu Setting di bagian Security atau Privacy. Setelah itu, Anda dapat memilih Autentikasi Dua Faktor dan memasukkan nomor ponsel Anda untuk proses sinkronisasi.

Setelah membaca ulasan di atas, kini Anda semakin yakin bahwa Anda juga memiliki peran penting sebagai pengguna internet untuk menjaga keamanan ruang virtual Anda bersama. Ayo, mulai sekarang!.