Wed. May 25th, 2022

 

 

Tidak ada orang yang dilahirkan dengan kelemahan. Yang dimaksud dengan kelemahan itu sendiri adalah semua sifat yang dipandang tidak menguntungkan dalam masyarakat. Misalnya sifat pemalas, mudah marah, terlalu mudah.

Kualitas-kualitas ini dapat membuat hidup seseorang berantakan. Misalnya pintar tapi malas A. Meski IQ-nya tinggi, pada akhirnya bakatnya akan sia-sia karena dia tidak melakukan sesuatu yang berarti untuk mencapai mimpinya.

Selain itu, kelemahan diri sendiri terkadang bisa membuat seseorang merasa rendah diri. Jika itu masalahnya, seseorang akan sulit untuk bergerak maju karena mereka pikir mereka benar-benar tidak berharga.

Jika itu Anda, jangan berkecil hati. Anda dapat mengubah kelemahan Anda menjadi kekuatan. bagaimana? Berikut 9 cara yang perlu Anda lakukan mulai sekarang untuk mengubah kelemahan Anda menjadi kekuatan.

  1. Kenali kelemahan Anda

Anda tidak dapat mengubah kelemahan menjadi sesuatu yang positif jika Anda tidak memahami kelemahan itu sendiri. Sayangnya, banyak orang gagal mengenali kelemahan mereka sendiri.

Misalnya, sifat mendominasi. Terkadang orang yang suka memerintah melihat sifat ini bukan kelemahan. Padahal, bossy adalah sikap terlalu mengontrol yang membuat orang lain tidak nyaman dengan Anda.

Jika Anda bingung dengan kekurangan Anda, cobalah meminta pendapat teman. Tanyakan setidaknya 5 teman tentang kelemahan Anda. Dengan cara ini, Anda menjadi sadar akan hal-hal yang sebelumnya tidak Anda sadari.

  1. Jangan bersikap defensif

Setelah Anda memahami kelemahan Anda, mulailah berpikir tentang bagaimana mengubah kelemahan Anda menjadi kekuatan. Namun, dalam prosesnya, Anda tidak bisa bersikap defensif.

Dikutip dari situs website bernama wensuhwan.com, Pertahanan adalah sikap pembenaran diri yang terus-menerus, penolakan terhadap kritik, dan penolakan terhadap perubahan. Sikap ini membuat Anda menyangkal bahwa Anda cacat.

Misalnya, Anda adalah orang yang sangat pemalu. Temanmu mengatakan hal yang sama. Anda harus menggunakan rasa malu Anda untuk memamerkan kekuatan Anda yang lain.

Sebaliknya, Anda menjadi defensif dengan mengatakan bahwa Anda tidak malu. Anda menyalahkan orang-orang di sekitar Anda yang menurut Anda galak dan tidak mau menjadi teman Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan, Anda harus benar-benar menghilangkan pertahanan. Lepaskan ego Anda dan belajarlah untuk menerima bahwa setiap orang (termasuk Anda) memiliki kekurangan.

  1. Didorong oleh kritik orang

Beragam tanggapan sering kita dapatkan saat berinteraksi dengan orang lain. Salah satunya adalah mengkritik kekurangan kita.

Misalnya, Anda adalah seorang karyawan yang sebenarnya sangat cerdas dan dapat memenangkan kepemimpinan. Tetapi Anda cenderung malas dan dengan demikian mengganggu karyawan lain.

Suatu kali, Anda dikritik oleh rekan kerja lain karena malas. Menurut Anda apa yang akan Anda lakukan?

Jika demikian, Anda harus mempertimbangkan kritik. Sebab, sikap malas pada akhirnya akan menyakitimu. Nanti, ketika Anda ingin membangun bisnis sendiri, sikap ini hanya akan menghambat karir Anda.

Jadi, daripada marah, gunakan kritik sebagai motivasi untuk maju. Gunakan kritik yang ditujukan kepada Anda untuk memperbaiki diri. Bahkan kritiknya sedikit menghina.

  1. Selalu perbaiki diri sendiri

Kembangkan pola pikir yang harus dihadapi setiap orang dalam hidup ini. Tidak ada pencapaian yang abadi, karena di atas langit pun masih ada langit. Meski begitu, ketika Anda mencoba berubah, hasilnya belum tentu seperti yang diharapkan.

Misalnya, Anda adalah juara sekolah dua tahun berturut-turut. Tetapi Anda memiliki sifat yang terlalu pemalu dan paranoid. Anda juga sedang berusaha memperbaiki sikap ini. Tapi setelah itu, Anda akan menjadi orang yang terlalu berani.

Jelas harus melakukan perubahan lagi. Dan proses ini alami. Jangan pernah malu untuk mengakui bahwa ketika Anda mencoba untuk berubah, hasilnya tidak seperti yang Anda harapkan.

  1. Perbaiki kekuatan dengan mengidentifikasi kelemahan

Untuk mengubah kelemahan Anda menjadi kekuatan, Anda juga dapat mengoptimalkan kekuatan Anda. Ingat, seperti yang disebutkan di atas, setiap orang pada akhirnya memiliki kekurangan. Penting untuk mengenali kekurangan ini dan memperbaikinya jika memungkinkan.

Pada saat yang sama, tempatkan kekuatan Anda terlebih dahulu. Karena masing-masing harus memiliki seperangkat kekuatan dan kelemahan yang saling melengkapi.

Misalnya, Anda dikenal sangat kikuk dan kurang ramah. Tetapi di sisi lain, Anda adalah orang dengan keterampilan analitis yang mendalam.

Coba dan asah kemampuan analitis Anda. Di masa depan, jika Anda memiliki kemampuan analisis yang tajam dan tepat, akan ada banyak keuntungan.

  1. Jangan terlalu murung

Apakah kamu termasuk orang yang selalu menangisi kekuranganmu? Atau, pernahkah Anda bertemu seseorang yang sepertinya selalu mengeluh tentang harga diri yang rendah?

berhenti. Jangan meniru sikap ini. Jika Anda memiliki kecenderungan untuk menjadi terlalu tertekan, belajarlah untuk menghentikan sikap itu.

Salurkan pikiran Anda ke hal-hal yang positif dan optimis. Karena orang yang selalu mengeluh dan bersedih biasanya selalu fokus pada segala kekurangan yang dimilikinya.

Mereka tidak ingin melihat bahwa di balik setiap kelemahan terdapat kelebihan yang bisa diasah. Akibatnya, ia tidak pernah bisa maju dan mengembangkan dirinya.