Cara Membersihkan RAM Di Hp Android

Sehingga software dan aplikasi dapat berjalan dengan baik di komputer dan smartphone. Kemudian perangkat membutuhkan komponen RAM sebagai memori utama untuk menyimpan memori program aplikasi dan secara aktif mengubah informasi.

Saat pertama kali membeli laptop dan perangkat smart phone, kondisi memorinya sangat bagus, karena baru dirilis oleh pabrikan, dan kapasitasnya masih besar, karena laptop dan smart phone hanya terpasang software dan aplikasi penting saja.

Namun seiring berjalannya waktu, RAM di smartphone kita mulai melemah. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti serangan virus, kerusakan fisik paling serius pada RAM karena banyaknya aplikasi yang diinstal. Hal ini akan memperlambat smartphone saat membuka aplikasi.

Jika tidak ditangani dengan hati-hati, tentu sangat berbahaya bagi perangkat ponsel pintar. Karena ketika memori ponsel penuh, perangkat ponsel pintar akan cepat panas, yang membuat komponen lain juga bisa rusak, seperti komponen LCD, baterai, layar sentuh, dan komponen lainnya.

Tentunya untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan cara khusus agar memori RAM kembali beroperasi secara optimal. Salah satu caranya adalah dengan membersihkan RAM. Menurut ulasan lenovoku.com, Untuk membersihkan RAM, kita bisa menggunakan berbagai cara, melalui fungsi bawaan atau menggunakan aplikasi lain. Sebelum kita menjelaskan caranya, kali ini kita akan membahas apa itu RAM.

Cek Penggunaan Memory RAM (Android)

Kami akan menjelaskan bahwa cara pertama untuk membersihkan RAM pada perangkat smartphone Android, iPhone, dan laptop adalah dengan memeriksa penggunaan RAM. Hal ini untuk mengetahui seberapa besar ruang kosong yang tersedia pada smartphone, apakah banyak atau sudah penuh.

Uninstal Aplikasi Tak Penting (Android)

Cara kedua adalah dengan mencopot atau menghapus aplikasi yang kurang penting. Misalnya aplikasi chatting, aplikasi game berukuran besar, dan aplikasi lainnya. Hal ini dapat menambah jumlah ruang kosong di memori RAM, dan smartphone tidak akan delay atau hang karena RAM penuh.

Menggunakan Aplikasi AVG Cleaner

Cara ketiga yang akan kami jelaskan untuk membersihkan RAM ponsel Android adalah dengan menggunakan aplikasi bernama AVG Cleaner. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan antivirus Jerman bernama AVG Mobile Apps, yang juga merupakan anak perusahaan dari perusahaan induk bernama AVG Technologies.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membersihkan sampah, membersihkan memori dan menghemat baterai ponsel Android kita. Sehingga smartphone Android yang kita miliki dapat bekerja lebih cepat dan lancar.

Non-Aktifkan Efek Animasi dan Transisi

Cara keempat yang akan kami jelaskan untuk mengosongkan memori RAM smartphone Android adalah dengan menonaktifkan efek animasi dan transisi pada ponsel Android. Fitur animasi sendiri merupakan fitur yang terpasang secara default, dan ketika dimatikan akan mempercepat kinerja RAM, apalagi jika smartphone pengguna memiliki spesifikasi yang rendah.

Membersihkan RAM di Perangkat iPhone

Jika keempat cara di atas adalah cara-cara membersihkan RAM pada perangkat ponsel pintar Android. Kali ini kami akan menjelaskan cara mengosongkan memori RAM pada perangkat iPhone. Caranya sendiri lebih sederhana karena kita hanya perlu menekan tombol home di perangkat iPhone.

Cara Membersihkan RAM di Laptop Windows

Jika kelima cara di atas adalah untuk membersihkan RAM pada perangkat ponsel pintar. Maka kali ini kami akan menjelaskan cara membersihkan RAM pada perangkat laptop. Hal ini dikarenakan walaupun terlalu banyak software yang diinstall di laptop membuat RAM penuh, malah laptop terkadang mengalami delay dan hang.

Cek Penggunaan Memori RAM di Laptop

Kami akan menjelaskan bahwa cara pertama untuk membersihkan memori laptop adalah dengan memeriksa penggunaan memori pada laptop terlebih dahulu. Dengan cara ini, kita bisa mengetahui apakah penyebab laptop lambat berjalan adalah virus atau memori penuh.

1. Menggunakan Windows Defender

Cara kedua  adalah dengan menggunakan Windows Defender. Fitur Windows Defender juga bisa digunakan untuk membersihkan RAM.

2. Uninstal Program (Windows)

Cara ketiga yang akan kami jelaskan untuk membersihkan RAM pada perangkat laptop Windows adalah dengan menginstal program yang tidak penting dan memakan kapasitas RAM paling banyak. Membuat beban RAM komputer lebih ringan dan lebih cepat saat menjalankan program.

3. Matikan Proses Program (Task Manager)

Kami akan menjelaskan bahwa cara keempat untuk membersihkan RAM pada laptop Windows adalah dengan menghentikan proses program melalui task manager. Dengan cara ini, program yang berjalan di latar belakang akan berhenti secara otomatis dan beban RAM akan lebih ringan.

4. Gunakan Virtual Memory (Windows)

Cara membersihkan RAM laptop yang kelima yang akan kami jelaskan adalah dengan menggunakan virtual memory. Memori virtual sendiri merupakan teknologi yang memisahkan memori logis dan memori fisik untuk membuat memori tambahan.

Hal ini berguna ketika kita ingin menjalankan program yang melebihi kapasitas RAM yang tersedia, agar RAM tetap bersih dan berjalan dengan cepat.

5. Restart Laptop (Windows)

Kami akan menjelaskan bahwa cara terakhir untuk membersihkan RAM pada perangkat laptop adalah dengan me-restart komputer atau laptop. Dengan me-restart komputer maka otomatis aplikasi yang sedang berjalan akan tertutup, dan saat laptop dihidupkan, semua pengaturan akan kembali seperti semula.

Namun, cara ini hanya cocok untuk menangani laptop yang hang karena RAM penuh. Selain itu, cara ini hanya dapat membersihkan memori notebook untuk sementara, dan tidak dapat menyelesaikan masalah memori yang disebabkan oleh virus, sinkronisasi, aktivasi latar belakang, file sampah, dll.

Kesimpulan

Oleh karena itu, kami jelaskan apa itu RAM, fungsi RAM, dan beberapa cara membersihkan RAM di ponsel Android, iPhone, dan laptop. Misalnya dengan mengecek penggunaan RAM, menguninstall aplikasi, menggunakan AVG Cleaner, menonaktifkan animasi dan efek transisi, membersihkan RAM di iPhone, menggunakan Windows Defender, menutup proses program di Task Manager, menggunakan virtual memory dan laptop.

Tentunya dengan membaca penjelasan di atas, kita kini sudah lebih paham apa itu RAM dan apa saja fungsinya. Selain itu, dengan membaca penjelasan di atas, kini kita tidak lagi bingung untuk membersihkan RAM penuh pada smartphone dan laptop. Biar memori kita bersih kembali, dan kinerja smartphone dan laptop menjadi lebih cepat