Cara Memilih Jasa Asuransi Kesehatan yang Pas untuk Keluarga

Kesehatan sebagai salah satunya asset penting sekaligus kunci kebahagiaan hidup seorang. Untuk mengawasinya, gaya hidup sehat perlu diaplikasikan secara berkaitan.

Dengan asuransi, semua akan teratasi, Asuransi Kesehatan Prudential adalah salah satu pilihan terbaik sebagai jasa asuransi kesehatan untuk keluarga.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara memilih jasa asuransi kesehatan keluarga Anda.

Cara memilih jasa asuransi kesehatan

Pentingnya rencana asuransi kesehatan tidak lepas dari permasalahan kesehatan yang bisa muncul kapan pun dan dapat terjadi di semua umur, sementara ongkos perawatan kesehatan makin bertambah dari tahun ke tahun.

Menurut beragam literatur, ada banyak faktor yang penting diperhitungkan saat menentukan service asuransi kesehatan.

Prioritaskan rawat inap

Ongkos kesehatan meliputi rawat jalan dan rawat inap. Seharusnya pusatkan pada asuransi yang memikul ongkos rawat inap karena perawatan ini yang menuntut ongkos terbesar. Bila mempunyai uang lebih, dapat ambil tambahan asuransi rawat jalan.

Sesuaikan premi dengan kemampuan

Tingginya plafon lurus sebanding dengan besarnya premi. Semakin mahal harga kamar rumah sakit, semakin mahal preminya. Karena itu samakan premi dengan kekuatan supaya tidak memperberat keuangan.

Asuransi kesehatan murni

Tentukan asuransi kesehatan yang berdiri dengan sendiri, bukan unit-link. Dalam unit-link, premi akan dipisah untuk asuransi jiwa, investasi, dan asuransi kesehatan. Jatah untuk kesehatan jadi kecil, hingga Anda harus bayar tambah mahal untuk memperoleh plafon semakin tinggi. Belum juga, beberapa potongan ongkos unit-link yang banyaknya tidak kecil dan semakin kurangi premi kesehatan.

Tanpa limit per perawatan

Secara umum, asuransi mengaplikasikan dua tipe limit atau plafon yang batasi jumlah maksimal claim ongkos kesehatan, yaitu limit kombinasi semua perawatan dan limit per perawatan.

Misalkan, limit pertama batasi kombinasi semua ongkos perawatan Rp 250 juta dalam satu tahun, sementara limit ke-2 batasi ongkos perawatan bedah Rp 10 juta satu tahun, ongkos diskusi Rp 10 juta satu tahun dan sebagainya.

Tentukan asuransi yang tidak batasi ongkos per perawatan supaya pemegang polis fleksibel berobat beragam perawatan sepanjang limit keseluruhan masih tetap ada.

Nontunai

Dengan mekanisme cashless (nontunai), pergantian claim jadi lebih gampang. Saat masuk rumah sakit, penuntasan bill cukup hanya menggesek kartu asuransi. Tak perlu bayar didepan, yang selanjutnya harus reimburse ke asuransi.

Tetapi, skema ini menyaratkan rumah sakit telah bekerja bersama dengan faksi asuransi karena rumah sakit harus mempunyai dan memasangkan mesin untuk menggesek kartu asuransi.

Bila tidak kerja-sama, walau asuransi mempunyai mekanisme claim cashless, karena itu pembayaran harus tetap dilaksanakan dari muka dan menuntaskan dengan reimbursemen.

Jaringan rumah sakit luas

Claim nontunai tidak bisa dilaksanakan di dalam rumah sakit yang tidak mempunyai kerja-sama dengan asuransi. Karenanya, tentukan asuransi yang mempunyai jaringan kerja-sama dengan beberapa rumah sakit.

Hindari mengambil asuransi kesehatan via telepon

Banyak info yang tidak dapat dikatakan dengan detail bila penawaran dilaksanakan lewat telephone. Seharusnya meminta nomor contact faksi asuransi yang kelak dapat dikontak.

Masa tunggu penyakit

Asuransi kesehatan menyaratkan periode nantikan. Beberapa penyakit tidak bisa di-claim sepanjang periode waktu tertentu semenjak tanggal masa aktif asuransi. Tanya ke faksi asuransi penyakit apa yang masuk periode nantikan dan berapakah lama.

“Seharusnya pusatkan pada asuransi yang memikul ongkos rawat inap karena perawatan ini memiliki biaya terbesar.”

Itulah beberapa cara memilih jasa asuransi kesehatan yang tepat.