Sun. Dec 4th, 2022

 

Kebiasaan mengganti smartphone saat model terbaru dirilis sudah menjadi fenomena umum di masyarakat. Tetapi ketika Anda ingin mengganti smartphone Anda, hal terpenting yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara mentransfer data dari ponsel lama ke ponsel baru?

Data yang tersimpan seringkali penting dan tidak boleh dihapus atau hilang, salah satunya adalah SMS. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara mentransfer pesan teks dari ponsel Android ke ponsel iOS dan sebaliknya.

Ada beberapa cara untuk mentransfer pesan teks dari ponsel lama ke ponsel baru, Anda dapat menggunakan aplikasi khusus atau memanfaatkan fitur yang sudah ada di ponsel cerdas Anda. Berikut adalah beberapa cara.

Cara Mentransfer SMS dari Ponsel Android ke iPhone

Langkah pertama dalam mentransfer pesan teks dari telepon lama ke telepon baru berfokus pada mentransfer Android ke iPhone. Untuk melakukan ini, Anda harus menginstal aplikasi pihak ketiga dan mengikuti langkah-langkah yang sama seperti biasanya.

  1. Pilih Pindahkan Menu Data di Menu Aplikasi dan Data di Android

Jika ponsel Anda memiliki menu ini, gunakan untuk menghubungkan iPhone, iPod touch, atau iPad Anda. Setelah pemindahan selesai, Anda dapat menghapus riwayat perangkat iOS.

  1. Unduh Aplikasi SMS seluler ke iOS

Kami kutip dari situs website laciusang.com, Anda dapat mencari aplikasi backup SMS untuk ditransfer ke ponsel iOS Anda, seperti SMS Backup & Restore, X-Transfer atau Smart Transfer, dan buka menu Pindah ke iOS di Android.

Pilih Lanjutkan, baca syarat dan ketentuan, lalu pilih Setuju, dan mulailah mencadangkan semua data SMS di ponsel Android Anda untuk ditransfer ke ponsel iOS Anda.

  1. Tunggu kodenya

Di beberapa aplikasi, tunggu kode yang Anda minta muncul, biasanya enam hingga sepuluh digit. Jika ada peringatan koneksi internet lemah, sebaiknya abaikan saja.

  1. Gunakan kode

Masukkan kode verifikasi yang Anda terima di perangkat Android Anda, tunggu verifikasi berhasil, dan transfer data terjadi.

  1. Pilih konten SMS dan tunggu

Pada menu Transfer Data, Anda bisa memilih Next dan menunggu loading di iOS selesai. Anda kemudian dapat memilih data mana yang akan ditransfer ke telepon baru, Anda hanya perlu menunggu prosesnya selesai.

  1. Menyiapkan perangkat di iOS

Pilih “Selesai” di kedua perangkat, lalu “Lanjutkan” dan ikuti langkah-langkah di layar.

Cara Mentransfer SMS dari iPhone ke Ponsel Android

Untuk pengguna ponsel iOS seperti iPhone, iPad, dll., Anda dapat mentransfer pesan teks dan data dari ponsel iOS ke ponsel Android melalui metode berikut.

Pertama, buat cadangan iPhone Anda menggunakan aplikasi iTunes. Langkah ini bisa dilakukan di PC atau laptop Windows, atau di MacBook, Mac OS X.

Setelah itu. Masukkan folder cadangan iPhone baru menggunakan lokasi folder pada masing-masing sistem operasi yang berbeda.

  1. Windows 7 atau Vista “C:\Users\[nama pengguna]\AppData\Roaming\Apple Computer\MobileSync\Backup\”
  2. Windows XP “C:\Documents and Settings\[username]\Application Data\Apple Computer\MobileSync\Backup\”
  3. Mac OS X “~/Library/Application Support/MobileSync/Backup/”

Untuk sistem operasi Windows dan yang lebih baru, seperti Windows 10, Anda dapat langsung menggunakan fungsi “Telepon” dan menghubungkan ponsel Anda dengan memilih “Tautkan Android Anda” atau “Tautkan iPhone Anda”.

Setelah itu, gunakan “3d0d7e5fb2ce288813306e4d4636395e047a3d28.mddata” di folder untuk mencari nama file. Untuk Windows 10, Anda dapat melakukan ini secara langsung dengan menghubungkan telepon Anda di fungsi telepon.

Bagi yang menggunakan Mac OS X Lion, tidak perlu menambahkan ekstensi, jadi Anda hanya perlu menggunakan “3d0d7e5fb2ce288813306e4d4636395e047a3d28”.

Salin file ke folder lain dan beri nama dataSMS.db. Untuk convert online, buka halaman http://faked.org/iSMS2droid/ dan masukkan Convert iPhone SMS to XML format, import file ke format XML hingga selesai dan konfirmasi download.

Jika Anda tidak perlu mengonversi SMS iPhone ke XML melalui web, Anda dapat menggunakan aplikasi di Android. Caranya download aplikasi iSMS2Droid, copy file dataSMS.db, dan convert dengan iSMS2Droid.

Untuk menggunakan aplikasi web, Anda dapat membuka file Drive di folder /mnt/sdcard/SMSBackupRestore. Jangan lupa untuk menginstal aplikasi pihak ketiga, seperti langkah-langkah sebelumnya untuk ponsel Android.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, pilih Impor, lalu cari file yang dikonversi ke XML atau file DB, impor dan unggah ke Android.

 

By Drajad