• Tue. Mar 2nd, 2021

Cara Memulai Bisnis Baju Online yang Menguntungkan

Bystarwarsgaming

Jan 27, 2021

Sejak beberapa tahun lalu, bisnis online banyak diminati. Didukung dengan teknologi yang berkembang pesat, membuat aktivitas jual beli online saya semakin meningkat. Selain mudah, bisnis online juga tidak membutuhkan ruang penjualan yang mahal.

Kita hanya perlu menggunakan waktu memasarkan produk secara online. Bahkan kita bisa menjualnya dimanapun dan kapanpun. Teknologi yang terus berkembang membuatnya lebih mudah. Jangan hanya menggunakan game, menonton video, lebih baik menggunakan internet dan ponsel untuk mendapatkan uang.

Kami juga menyediakan layanan bikin baju dengan desain suka-suka Anda, dengan layanan baju custom dari kami dijamin membuat Anda akan puas dengan hasilnya.

Salah satu cara memanfaatkan kemajuan teknologi digital adalah dengan berbisnis online. Dari berbagai jenis bisnis online yang dilakukan melalui internet, hanya ada dua jenis bisnis yang tidak akan mati. Yang pertama adalah bisnis makanan online, yang kedua adalah bisnis pakaian online.

1. Riset produk dan pasar

Tentunya sebelum memasuki bisnis, kita perlu mengetahui dan memahami dengan tepat apa yang akan dijual dan siapa yang akan dijual. Tidak hanya itu, kita juga perlu mempersiapkan apa yang akan kita jual seperti, dari mana kita mendapatkan produk, siapa pesaing kita dan produk yang menginspirasi kita dan lainnya. Riset akan menjadi ilustrasi yang membuat kita lebih fokus dan fokus pada tujuan yang ingin kita capai.

Agar kita tidak bingung dan tersesat di tengah-tengah berbisnis online. Riset produk dan pasar juga dilakukan oleh Eling Persson, pemilik produk fesyen H&M. Persson menunjukkan bahwa ide melakukan bisnis pakaian ini muncul ketika dia melakukan perjalanan ke Amerika Serikat setelah Perang Dunia II.

Selama itu, ia melihat banyak pabrik pakaian yang memproduksi pakaian secara efisien. Kemudian dia memikirkan tentang desain fesyen yang bisa dicapai oleh wanita di negaranya, Swedia. Ini adalah fondasi toko pertama Persson pada tahun 1974 di Swedia.

2. Temukan pemasok produk yang tepat.

Jika Anda memiliki rencana yang matang, maka langkah selanjutnya adalah memilih dan mencari pemasok. Pemasok akan membantu Anda memasok pakaian yang akan Anda jual. Oleh karena itu, langkah ini merupakan hal penting yang tidak bisa dianggap remeh.

Pilih dan bekerja sama dengan produsen kain yang andal dan bagus. Ada dua cara untuk mendapatkan supplier yang tepat, yaitu dengan sistem dropshipper atau reseller. Sistem dropshipper merupakan sistem yang hampir tidak membutuhkan modal, Anda hanya membutuhkan paket data internet yang sudah pasti online.

Karena semua produk yang dipamerkan akan disiapkan dan didukung oleh pemasok agar dapat menjangkau konsumen. Ini hanya bertindak sebagai salesman, dan jika ada orang yang tertarik, pemasok akan mengirimkan produk ke pelanggan. Tentunya dengan beberapa syarat yang telah disepakati sebelumnya.

3. Membuat situs web dan media sosial

Situs web sangat penting bagi Anda untuk dimiliki oleh orang-orang yang ingin menjalankan bisnis online. Situs web menyediakan fitur yang mendukung pembelian dan penjualan produk secara online untuk pemasar. Saat ini orang lebih cenderung mencari dan membeli barang secara online melalui e-commerce atau media sosial yang sudah ada seperti Facebook dan Instagram.

Usahakan untuk membuat desain web yang mudah diakses oleh calon pembeli dan bagus. Selain itu, Anda juga bisa mendaftarkan toko di media sosial. Buat akun Instagram khusus untuk bisnis Anda atau Anda juga dapat mendaftarkan bisnis Anda di e-commerce yang sudah ada.

4. Melakukan promosi dan buat pemasaran yang unik

Agar produk Anda dikenal luas, maka yang perlu Anda promosikan adalah promosi. Mempromosikan barang dan toko dapat membuat produk dan toko Anda lebih dikenal publik. Jadi lebih banyak peluang bagi pembeli.

Trik pemasaran juga penting, karena pemasaran produk yang baik akan berpengaruh pada kinerja penjualan produk pakaian nantinya. Tidak banyak toko yang harus menutup usahanya karena kurang promosi.

Lakukan branding di toko online secara maksimal untuk membangun kepercayaan calon pembeli. Pengenalan produk yang baik dan menarik akan membuat mereka penasaran, dan akhirnya ingin tahu dan membeli yang ditawarkan. Anda tidak perlu budget mahal untuk mempromosikan atau memperkenalkan pakaian yang Anda jual.

Kini, media sosial seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram bisa kamu jadikan tempat promosi yang pas. Ambil saja foto produk yang Anda jual, dan informatif menarik untuk mengundang minat pembeli.

5. Cari keunikan dan inovasi produk

Begitu produk dikenali dan memiliki pelanggan, tidak ada salahnya berinovasi dan berkreasi dengan produk yang Anda jual. Dengan menciptakan produk baru yang unik dan up-to-date, orang tidak akan pernah bosan.

Pembeli akan terus tertarik dengan produk yang Anda jual. Ikuti semua jenis desain yang bagus tetapi tetap fokus dan sesuai dengan toko yang Anda miliki.

6. Berikan Informasi Kontak yang Jelas

Cara bisnis online penting berikutnya yang Anda perlukan untuk membuat bisnis online adalah dengan memberikan nomor kontak yang jelas. Mengapa ini penting? Karena ini adalah cara untuk menghubungkan pelanggan dengan Anda ketika mereka ingin tahu apa yang Anda tawarkan.

Untuk itu, masukkan nomor kontak yang jelas dan pelanggan Anda dapat terhubung langsung dengan Anda. Baik melalui obrolan online, pesan instan, media sosial, atau aplikasi khusus lainnya. Saat nomor kontak dicantumkan, berikan respons maksimal kepada calon pelanggan.

Jangan biarkan mereka kabur hanya karena Anda terlambat merespon. Tentunya hal ini dapat merusak bisnis yang Anda bangun. Jangan lupa juga untuk menyertakan metode pengiriman dan pembayaran agar calon pelanggan memiliki kepercayaan diri dan mempermudah proses transaksi.

7. Gaet influencer

Cara lain untuk membuat bisnis online Anda dikenal dunia online Anda adalah bekerja sama dengan influencer. Anda dapat memilih pengaruh yang sesuai untuk diajak bekerja sama. Saat memilih pengaruh tersebut, jangan lupa untuk mempertimbangkan konsep dan target pasar produk pakaian Anda.

8. Bangun sistem kemitraan

Agar bisnis sandang Anda bisa terus berkembang pesat, maka Anda bisa mencoba membuat sistem kemitraan (reseller). Agar tidak bingung, Anda bisa membuat sistem dengan membuat beberapa kategori kerjasama.

Misalnya, ada paket distributor untuk banyak mitra. Lalu ada Paket Agen untuk kolaborasi moderat. Jangan lupa juga sediakan paket reseller untuk pembelian dalam jumlah sedikit.