Wed. May 25th, 2022

 

 

 

Ingin membuat taman di rumah menjadi indah sekaligus asri? Selain menempatkan tanaman seperti bunga atau pohon, Anda juga bisa menghadirkan rumput di area taman yang ada dua pilihan yaitu rumput asli dan rumput buatan.

Jika Anda menginginkan kesan alam, maka taruhan terbaik Anda adalah rumput asli. Di antara banyak rumput asli yang tersedia, salah satu yang umum digunakan saat ini adalah rumput Jepang karena penampilannya yang indah di taman dan teknik perawatan yang sederhana.

Melalui artikel ini, Kania akan mengajak Anda untuk mempelajari langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menanam rumput Jepang di pekarangan rumah Anda. Untuk itu, yuk menanam rumput Jepang dengan mengikuti tips berikut ini!

  1. Pilih benih rumput Jepang terbaik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih bibit rumput jepang terbaik. Pastikan Anda memilih bibit rumput Jepang berwarna segar untuk menunjukkan kualitas yang baik, sehat dan bebas dari hama.

Baca Juga : Tukang Taman Semarang

Selain itu, pilihlah rumput Jepang dengan tekstur yang kokoh dan tidak layu, sehingga tumbuh dengan sempurna dan memastikan benih rumput Jepang memiliki sistem perakaran yang baik.

  1. Siapkan tanah untuk rumput Jepang

Jika sudah menyiapkan bibit rumput jepang, langkah selanjutnya adalah menyiapkan lahan untuk ditanam. Anda dapat menggunakan cangkul atau sekop kecil untuk menggali cukup dalam di area di mana rumput Jepang akan tumbuh atau sampai lepas.

Setelah itu, ratakan permukaan tanah dan singkirkan sisa tanaman, sampah, atau batu dari area tersebut. Anda juga bisa mengendurkannya kembali dengan alat seperti garpu jika tanah terasa kurang rapuh.

menyuburkan tanah

Setelah menyiapkan lahan untuk rumput jepang, langkah selanjutnya adalah menyuburkan permukaan tanah. Ada banyak pilihan pupuk untuk menyuburkan tanah di mana rumput Jepang akan ditanam, mulai dari pupuk organik hingga pupuk cair.

Selama proses ini, Kania merekomendasikan agar Anda menerapkan pupuk organik pada lahan yang disiapkan dengan perbandingan 2:5 atau maksimal 2,5 kg per 1 m². Kemudian, pastikan juga untuk menyirami tanah yang telah dibuahi agar menyerap dengan baik, dan diamkan selama 5 hingga 7 hari agar tanah siap digunakan.

Tumbuh Rumput Jepang

Setelah lahan siap, Anda bisa mulai menanam rumput Jepang. Selama proses ini, siram benih rumput Jepang yang akan ditanam agar tidak menempel pada tanah. Selain itu, rumput Jepang sebaiknya ditanam pada waktu yang optimal, yaitu sore hari, saat rumput lebih beradaptasi dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Jangan lupa untuk membuat lubang tanam dengan jarak sekitar 10 x 10 cm. Jika ada, tanam benih rumput Jepang ke dalam lubang, lalu tutup dan ratakan kembali.

Perawatan Rumput Jepang

Jika proses penanaman rumput jepang sudah selesai, sebaiknya tetap memperhatikan proses tumbuhnya dan jangan sampai dibiarkan begitu saja. Silakan periksa kondisi rumput Jepang secara teratur dan sirami secara teratur untuk proses pertumbuhan terbaik.

Pada awal proses penanaman, Anda harus menyirami rumput Jepang dua kali sehari, pagi dan sore. Dua minggu setelah tanam rumput Jepang, gunakan pupuk urea dengan dosis kilogram per 10 meter persegi tanah, dan setelah berumur 1 bulan, gunakan dosis pupuk TSP yang sama.

Bagaimana, tidak sulitkah menanam rumput Jepang di pekarangan rumah Anda? Ayo buat rumahmu terlihat asri dan alami dengan menanam rumput Jepang yang disebutkan di atas! Oh, dan jangan lupa hiasi taman rumah Anda dengan berbagai tanaman dan furnitur cantik untuk menunjangnya. Anda dapat menambahkan meja dan kursi teras, ayunan atau air mancur. Selamat menanam!