Cara Mengatur Ukuran Header Youtube Dengan Mudah Bagi Pemula

Ukuran Header Youtube – Selain konten video, ada banyak sekali hal-hal yang perlu anda perhatikan ketika menjadi seorang youtuber atau pembuat kontern video. Di mana anda tidak hanya diharuskan untuk membuat konten yang menarik saja. Melainkan juga header channel anda yang harus dibuat sedemikian rupa supaya para penonton tertarik.

Bagi anda yang masih awam dengan dunia youtube atau bahkan pemula menjadi seorang content creator pastinya anda seringkali dibingungkan dengan aturan ukuran header youtube bukan?

Jika salah-salah dalam mengatur ukuran header youtube, maka bukan tidak mungkin jika gambarnya nanti malah akan terporong. Nah, maka dari itu anda harus memahaminya. Di bawah ini merupakan ulasan artikel mengenai cara mengatur ukuran header youtube simak untuk lebih jelasnya lagi ya!

Cara Mengatur Ukuran Header Youtube

Pada dasarnya header sendiri merupakan sebuah gambar yang kerapkali ditemui pada halaman channel youtube tepatnya di bagian paling atas. Fungsinya sendiri tak lain yaitu untuk memberikan sebuah informasi kepada para penontonnya. Atau bisa juga untuk memberikan identitas tambahan yang berguna untuk channel youtube tersebut.

Hal yang harus digaris bawahi yaitu header youtube ini pastinya akan mempunyai ukuran yang berbeda tergantung dari device alias perangkat yang digunakan para penonton untuk menonton konten video youtube anda nantinya.

Sebagai contoh, header channel youtube anda yang ada di ponsel pintar pastinya akan jauh berbeda ukurannya dengan tampilan yang ada di laptop maupun pc bukan? Maka dari itu agar bisa dilihat oleh para penonton konten video anda anda perlu mengetahui ukuran header tersebut dan pastinya juga tidak terpotong.

Hal yang perlu anda ketahui yaitu dimensi minimal yang biasanya digunakan untuk mengunggah gambar menjadi sebuah header tak lain berukuran 2048 x 1152 pixel. Selain itu sebisa mungkin logo dan juga keterangan teks yang ada pada banner anda diletakan pada area yang aman alias dapat dibaca agar tidak terpotong.

Anda bisa menempatkan teks maupun logo tersebut di area yang berukuran 1546 x 2423 pixel lalu letakkan di bagian tengah gambar tadi. Jika diletakkan di bagian luar area teks, maka bukan tak mungkin jika logo dan juga teks anda nantinya malah terpotong di area tertentu.

Apabila anda menggunakan foto, maka usahakan ukurannya tidak lebih lebih dari 2560 x 423 pixel ya! Hal ini untuk mengantisipasi agar foto yang anda unggah untuk dijadikan header tersebut aman jika dibuka di semua perangkat gadget.

Terakhir, jangan lupa bahwa selain ukuran header yang harus diperhatikan, ukuran filenya sendiri juga harus anda perhatikan. Di mana rekomendasi ukuran file header yang ditetapkan oleh youtube sendiri tak lain yaitu berukuran 6 mb.

Apabila  anda mengunggah ukuran file header lebih dari 6 mb, maka bukan tidak mungkin jika nantinya justru akan ditolah oleh sistem youtube secara otomatis. Setelah itu pihak youtube sendiri pun akan memberitahu anda bahwa ukuran file header anda tersebut tidak sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Nah itu dia ulasan mengenai ukuran header youtube. Pada dasarnya hal tersebut merupakan sebuah kunci yang sangat penting untuk membuat desain sampul channel konten video youtube anda agar terlihat pas dan juga tidak terpotong.

Dengan begitu, nantinya segala macam informasi yang ingin anda tampilkan pun bisa disampaikan dengan baik oleh penonton video channel youtube. Bagaimana cukup mudah bukan? Selamat mencoba ya!

 Untuk mengetahui lebih lanjut tentang youtube, silahkan kunjungi tips youtube hanya di ytube.id