Cara Menghapus Kelas Di Google Classroom

Selama masa pandemi ini, banyak kegiatan yang dilakukan secara online, termasuk kegiatan belajar menggunakan Google Classroom. Namun jika sudah tidak digunakan lagi, Anda bisa menghapusnya dengan menerapkan metode penghapusan kelas di Google Classroom.

Cara ini sangat efektif dalam mencegah penyebaran virus corona yang membahayakan pelajar. Dengan menggunakan Google Classroom, Anda dapat memberikan kemudahan bagi guru.

Guru dapat membuat kursus di sini, membagikan tugas kepada siswa, mendiskusikan topik, dan memberikan penilaian online. Hal ini tentunya dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan mudah. Salah satu hal yang menarik tentang penggunaan Google Classroom adalah tersedianya banyak fitur yang sangat berguna.

Baik untuk guru maupun siswa. Di antara banyak fungsi yang tersedia, fungsi kelas memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyesuaikan dan bahkan mengelompokkan siswa menurut kelasnya. Dan perlu diketahui bahwa Google Classroom ini tidak dapat diakses oleh umum, hanya oleh guru.

Oleh karena itu, ketika Google Classroom tidak lagi digunakan, guru yang membuat Google Classroom, bukan siswa, yang dapat menghapusnya. Nah, bagi yang masih belum tahu cara menghapus Google Classroom, di sinilah Anda bisa menemukan jawabannya dengan mudah.

Mengarsipkan Kelas Di Google Classroom

Sebelum menghapus mata kuliah Google Classroom, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara mengarsipkan mata kuliah di Google Classroom. Namun jangan lupa, agar Anda bisa mendownload Google Classroom terlebih dahulu, yang bisa dilakukan melalui Android atau iOS.

Baca Juga : Cara Masuk Google Classroom

Atau Anda dapat menggunakan laptop di https://classroom.google.com/, dan Anda dapat memasukkan alamat browser di kolom pencarian. Berikut adalah cara sederhana untuk Anda gunakan.

  1. Sebagai langkah pertama, Anda harus membuka Google Classroom terlebih dahulu.
  2. Kemudian langkah selanjutnya adalah masuk ke menu kelas.
  3. Kemudian Anda dapat memilih kursus yang ingin Anda arsipkan.
  4. Setelah itu, Anda dapat menekan menu lain atau tiga titik di sisi kanan kelas.
  5. Selanjutnya pilih opsi arsip.
  6. Terakhir, Anda dapat menekan tombol arsip untuk konfirmasi.

Mengecek Kelas Yang Diarsipkan

Setelah Anda dapat mengarsipkan mata kuliah di Google Classroom, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memeriksa mata kuliah yang telah diarsipkan di Google Classroom. Anda perlu memahami ini sebelum melakukan cara menghapus mata kuliah di Google Classroom. Bagi yang masih bingung bagaimana caranya, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

  1. Pada langkah pertama, Anda harus terlebih dahulu membuka Google Classroom.
  2. Setelah itu, di sudut kiri atas, Anda dapat menekan menu atau menunjukkan dengan ikon tiga garis.
  3. Kemudian cari dan pilih menu Archived Class.
  4. Selanjutnya Anda dapat memilih kelas yang ingin Anda lihat.
  5. Terakhir, Anda bisa masuk ke proses menghapus mata kuliah di Google Classroom.

Menghapus Kelas Di Google Classroom

Anda perlu tahu cara menghapus kursus di Google Classroom. Kursus yang telah Anda arsipkan sebelumnya, Anda dapat menghapusnya secara permanen dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pada langkah pertama, Anda dapat membuka Google Classroom dan login dengan akun Anda.
  2. Setelah itu, di pojok kiri atas, Anda bisa menekan menu atau ikon tiga baris.
  3. Kemudian cari dan pilih opsi kategori arsip.
  4. Kemudian pilih kelas dan klik menu tiga titik.
  5. Di bagian ini, Anda dapat memilih opsi hapus.
  6. Terakhir, tekan Hapus untuk mengonfirmasi penghapusan kategori secara permanen.

Ini adalah cara menghapus kelas di Google Classroom yang dapat Anda ikuti dengan mudah. Oleh karena itu, ketika Anda tidak lagi menggunakan kelas online untuk belajar, Anda dapat langsung menghapusnya, dan hanya guru atau pembuat kelas Google Classroom yang berhak menghapusnya.