Cara menjaga kesehatan organ pencernaan dari penyakit maag yang tepat

Cara menjaga kesehatan organ pencernaan dari penyakit maag yang tepat

Lambung adalah organ penting pada tubuh yang berperan sebagai reaktor dalam pemrosesan makanan jadi gizi sel. Jika terjadi permasalahan dalam reaktor ini maka berpengaruh output yang tidak sesuai yang diharap, yang nanti bisa menyebabkan turunnya kualitas gizi yang terterima oleh semua organ badan dan bisa memengaruhi performa mekanisme yang ada pada badan kita.

Persoalan yang umum terjadi di lambung ialah rasa mual, perih dan kembung yang karena asam lambung yang berkenaan permukaan cedera lambung. Permasalahan ini kerap dipandang remeh dan perlakuan penyembuhannya tak pernah serius. Penyembuhan persoalan lambung sekarang ini dengan memberi antasida yang berperan menetralisir asam lambung.

Penyembuhan dengan antasida yang memiliki sifat alkali akan mengakibatkan asam lambung jadi netral, hingga merasa sakit akan lenyap tapi peranan asam lambung sebagai pemecah makanan jadi gizi sel tidak ada. Demikian pula dengan penyembuhan kekinian yang lain seperti obat Proton Pump Inhibitor (PPI), yang berperan hentikan produksi asam lambung, hingga mengakibatkan makanan tidak terpecah sama sekalipun.

Dengan begitu, pasien yang awalannya terserang penyakit lambung jika diatasi dengan perlakuan penyembuhan seperti pada atas karena itu ia tak pernah pulih, dan penyakitnya berkembang jadi penyakit degeneratif yang semakin kronis dan berbuntut pada kematian.

Oleh karenanya tidak boleh remehkan masalah lambung dan selekasnya benahi dan balikkan peranan lambung dengan panduan seperti berikut :
• Makan tepat waktu.
• Kunyahlah makanan sampai halus.
• Apabila ada rasa mual dan perih, hindari minum obat penetral asam lambung. Lakukan tindakan pelapisan mukosa lambung dengan pati resisten dan protein triple helix sebelum makan.
• Lanjutkan makan dengan menu banyak lauk, yaitu nasi, sayur, lauk agak banyak dan buah. Boleh ditambahkan susu.
• Berhenti makan sebelum kenyang.
• Kemudian lanjutkan dengan minum minuman anti-oxidant yang mengandung ikatan kompleks.
• Usahakan makan setelah perut lapar atau maksimal setiap 5 jam pada kondisi tidak puasa.
• Atur pikiran dan beri motivasi pada tubuh untuk sehat dan bersyukur.
• Beraktifitas fisik secara rutin, olah raga atau bagi yang bekerja kantoran usahakan ada pergerakan fisik untuk peregangan, maksimalkan untuk berjalan.

Diskusi permasalahan lambung click di sini > Diskusi Lambung