Cara Menjaga Pola Makan Asam Lambung

Asam lambung sangat rentan naik karena makanan atau minuman tertentu. Oleh mengapa penting untuk menjaga dan mengontrol pola makan asam lambung. Ketika kamu salah dalam memilih makanan, produksi asam lambung dapat meningkat dengan cepat.

Pola Makan Penderita Asam Lambung

Menyeleksi makanan dan mengonsumsi makanan penurun asamĀ  lambung serta minuman terlebih dahulu sebelum dikonsumsi wajib kamu lakukan agar asam lambung tidak naik dan agar tidak memperburuk gejala asam lambung. Berikut beberapa pola makan yang baik untuk penderita asam lambung.

1. Konsumsi Makanan Berserat

Menurut penelitian, selain dapat mempengaruhi laju pengosongan lambung ternyata kandungan serat dalam makanan juga bisa menurunkan keasaman lambung loh. Makanan berserat yang bisa anda pilih diantaranya beras merah, gandum, sayuran dan juga buah.

2. Konsumsi Protein Rendah Lemak

Memiliki penyakit asam lambung bukan berarti tidak bisa mengkonsumsi daging, namun lebih baik pilih daging yang rendah lemak atau daging putih seperti ikan dan unggas. Hal ini karena makanan tinggi lemak dapat memicu asam lambung meningkat dan lebih sulit dicerna.

3. Minum Air Putih yang Banyak

Pola makan asam lambung selanjutnya adalah dengan minum air putih yang banyak. Hal ini bisa mencegah asam lambung naik atau kambuh. Jika bosan, anda juga bisa minum jahe hangat karena ternyata jahe juga bisa mengurangi keluhan karena naiknya asam lambung.

4. Hindari Makanan atau Minuman yang Bisa Mengiritasi Lambung

Bagi penderita asam lambung kamu harus menghindari beberapa makanan dan minuman, seperti makanan pedas, tinggi garam, tinggi lemak, coklat, keju, es krim, minuman berkafein, beralkohol, dan juga berkarbonasi atau minuman soda.

5. Makan dengan Porsi Kecil

Cobalah terapkan pola makan asam lambung dengan porsi kecil namun sering. Karena asam lambung diproduksi setiap kamu makan. Jadi, ketika kamu makan dalam porsi besar lambung akan otomatis menghasilkan asam yang lebih banyak untuk membantu proses pencernaan.

6. Perhatikan Teknik Memasak

Dalam memasak gunakan teknik yang tepat agar asam lambung tidak kambuh. Teknik memasak yang baik diantaranya dengan mengukus, merebus, dan juga memanggang.

Makanan yang baik untuk penderita asam lambung adalah yang lunak dan memiliki nutrisi yang tepat, salah satunya sereal bubur asam lambung Nutriflakes yang terbuat dari umbi garut dan terbukti bisa mengobati maag, gastritis, tukak lambung, dan keluhan lambung lainnya.