• Sat. Jun 19th, 2021

Cara Mudah Hemat Kuota Internet saat WFH

ByDeric

May 5, 2021

Bagi Anda yang tengah menerapkan work from home (WFH) konsumsi data seluler pasti meningkat. Selain untuk melakukan konferensi video online, membuka email, kebutuhan untuk media sosial dan streaming online pasti meningkat saat di rumah saja dengan Cara mengecek kuota Telkomsel.

Karena kebutuhan yang banyak di smartphone terkadang pemakaian kuota internet pun tidak terkontrol. Kendati demikian, Anda masih bisa menghemat kuota internet Anda lho

Bagi yang ingin membatasi pemakaian internet tidak usah khawatir. Berikut ini cara menghemat kuota internet di smartphone Android yang dapat ditiru sebagaimana dikutip dari Business Insider dengan koinx.id.

1. Hubungkan ke Wifi Sesering Mungkin

Cara termudah untuk menyimpan data di perangkat Android adalah menyambungkan ke Wifi sesering mungkin untuk menghindari penggunaan data yang tidak perlu. Jika Anda melakukan di perangkat Android yang membutuhkan banyak data, tersambung ke Wifi bisa menghemat banyak data dalam jangka waktu panjang.

2. Gunakan Aplikasi Streaming dalam Jumlah Sedang

Jika aplikasi yang digunakan streaming video, musik, atau bahkan hanya foto berukuran besar, aplikasi tersebut akan menghabiskan banyak data Anda. Lebih baik Anda menggunakan aplikasi data berat seperti Spotify, YouTube, atau Netflix di komputer dibanding perangkat Android Anda, atau batasi penggunaannya pada saat perangkat Android Anda memiliki koneksi Wi-Fi yang aman.

3. Limit Data Usage untuk Aplikasi Tertentu

Membatasi penggunaan data untuk aplikasi tertentu juga dapat membantu menghemat data dalam jangka panjang. Ini melibatkan penonaktifan fitur yang memungkinkan aplikasi menggunakan data saat berjalan di latar belakang ponsel Anda, meskipun Anda tidak sedang menggunakan aplikasi.

4. Tetapkan Batas Data untuk Perangkat Android Anda

Masuk ke langkah-langkah yang lebih ekstrem, Anda mungkin merasa terbantu untuk menetapkan batas jumlah data yang digunakan perangkat Android. Anda dapat melakukan ini di Pengaturan perangkat Anda.

5. Nyalakan Data Saver Mode

Ketika semuanya gagal, selalu ada mode penghemat data. Mode ini akan sepenuhnya menghentikan semua penggunaan data Android Anda dengan melarang semua aplikasi untuk menjalankan data latar belakang. Seperti yang Anda duga, terkadang hal ini dapat memengaruhi fungsionalitas berbagai aplikasi.