• Fri. Jan 22nd, 2021

Ciri Khas Makanan dari Daerah Indramayu

Byzuzum gaul

Dec 10, 2020

Kami juga menjual oleh oleh indramayu dengan harga murah, open reseller juga. Selain itu Anda juga bisa intip harga mangga indramayu di website kami jauh lebih bersahabat, silahkan bisa langsung kunjungi.

Emping Melinjo

Mereka biasanya makan keripik melinjo, biasanya keripik melinjo dengan bentuk pipih. Namun, Keripik Indramayu terlihat bulat seperti lingkaran. Keripik Indramayu memiliki rasa yang beragam, seperti asin, manis, dan pedas. Sentra industri keripik melinjo khas Indramayu adalah kawasan Karangampel.

Dongkal

Makanan khas dongam Indramayu adalah jajanan yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, sagu, dan gula merah. Dongkal tersedia di toko suvenir di Indramayu. Rasanya yang manis cocok dijadikan oleh-oleh saat datang ke Indramayu.

Kerupuk Udang dan Kerupuk Kulit Ikan

Oleh-oleh khas Indramayu bisa Anda temukan di Desa Dukuh yang merupakan sentra pembuatan kerupuk udang. Kerupuk udang dan kerupuk kulit ikan dibuat di sentra industri yang sama dan merupakan produk rumahan yang populer di Indramayu.

Terasi

Pasta udang indramayu memiliki cita rasa yang khas, yang berbeda dengan jenis pasta udang lainnya. Pasta udang bisa Anda temukan di Indramayu di sepanjang Jalan Gatot Subroto atau di Desa Dukuh. Anda bisa mencampurkan pasta udang ini dengan bahan lain untuk membuat sambal. Rasanya sangat enak dan enak!

Keripik Tike

Keripik tike terbuat dari umbi rumput kacang tanah yang diolah menjadi keripik jajanan khas Indramayu. Proses pembuatan keripik tike mirip dengan pembuatan keripik melinjo. Pertama, umbi rumput sangrai kemudian diratakan seperti keripik melinjo. Setelah itu, keringkan umbi rumput hingga kering dan siap digoreng.

Aneka Ikan Asin

Terletak di pantai utara Jawa, Indramayu kaya akan hasil laut. Maka dari itu, di Indramayu Anda akan menemukan beragam olahan ikan asin mulai dari yang murah hingga ratusan ribu per kilonya. Salah satu masakan ikan asin yang terkenal dari Indramayu adalah roti jambal ikan asin.

Asin Jambal Roti

Roti asin bisa dikatakan sebagai makanan premium karena harganya yang cukup mahal. Roti jambal asin dikenal awet karena diolah dengan garam atau dikeringkan. Harga makanan ini tergolong mahal karena kurangnya bahan baku seperti ikan mayung dan ikan kadukang.

Dodol Indramayu

Ada dua jenis dodol Indramayu, yaitu dodol escape dan dodol gula coklat. Dodol lolos juga dikenal sebagai dodol basah yang teksturnya mirip dengan jenis dodol yang sering Anda temui. Dodol bisa lolos dengan tekstur yang lebih basah dan ditutup dengan masker krim kelapa. Sedangkan dodol gula merah lebih mirip dodol khas Betawi.

Serabi

Pancake stick Indramayu disajikan dengan gula merah cair yang dicetak dengan cetakan surabi tradisional yang terbuat dari tanah liat dan diletakkan di atas kompor batu bata.

Glintir

Glintir adalah makanan khas Indramayu, sejenis bubur yang terbuat dari tepung ketan. Tepung ketan digunakan untuk membuat lilin sedangkan tepung beras digunakan untuk bubur. Selain tepung ketan, bahan glint lainnya adalah santan dan gula merah serta ekstra daun pandan.

Ketan Tutu

Ketan tutu terbuat dari beras ketan putih yang dibentuk menjadi persegi panjang. Ketan bisa dijadikan camilan atau bisa juga dipanggang sebelum diolah menjadi coklat.