Sun. Dec 4th, 2022

 

Mereka yang membutuhkan uang tambahan mungkin bertanya apa contoh pekerjaan sampingan sebagai penghasilan tambahan di luar pekerjaan kantor.

Sebelum munculnya teknologi internet, berurusan dengan pekerjaan sampingan dianggap melelahkan karena begitu banyak urusan operasional yang harus ditangani secara langsung.

Kini dengan adanya media sosial, marketplace, website dan beberapa platform yang bisa digunakan dalam dunia bisnis akan semakin memudahkan kita untuk melakukan pekerjaan sampingan.

Hanya melalui jaringan internet, kapanpun dan dimanapun, selama kita memiliki akses, usaha sampingan akan terus mengalir dengan lancar.

Artikel ini akan membahas manfaat dan keuntungan menjalankan bisnis sampingan dan beberapa contoh bisnis sampingan.

Keuntungan menjalankan bisnis sampingan

Kenapa punya bisnis sampingan? Ketika memiliki bisnis sampingan, ada beberapa keuntungan selain keuntungan finansial dan lainnya.

Sebelum masuk ke contoh apa itu bisnis sampingan, mari kita lihat dulu manfaat menjalankan bisnis sampingan.

  1. Kemandirian finansial

Wiraswasta yang bergantung pada pendapatan lebih menantang daripada kita, saat bekerja untuk orang lain.

Meskipun memulai bisnis sampingan sama dengan bisnis utama Anda, memulai bisnis terlebih dahulu, tetapi pengalaman yang Anda peroleh akan memungkinkan Anda untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri secara finansial.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Banyak pengusaha pemula yang masih ragu untuk mencoba bisnis sampingan karena kurang percaya diri.

Diantaranya, alasan mereka adalah takut gagal, malu, kurang pengalaman, bahkan jika kita tidak tahu apa yang akan kita hadapi sampai kita mencobanya, kan?

Oleh karena itu, menjalankan bisnis sampingan meningkatkan kepercayaan diri.

  1. Meningkatkan semangat kerja

Kepuasan menjalankan bisnis sampingan akan berdampak positif bagi Anda, sekaligus memotivasi Anda untuk lebih aktif dalam bekerja.

Apalagi jika Anda menjalankan bisnis sampingan yang sesuai dengan passion Anda, lebih menyenangkan dan mudah dijalankan.

Lakukan apa yang Anda sukai, Anda pasti akan bersemangat dan akan terus bekerja keras untuk menjadi yang terbaik.

  1. Belajar jadi pebisnis

Menurut sumber dari situs website idkurir.web.id, Pekerjaan sampingan tidak hanya untuk orang-orang tanpa penghasilan tetap, bahkan pekerja kantoran pemula pun bisa mengasah keterampilannya sebagai pebisnis.

Dalam bisnis, akan banyak hal yang berkesan seperti kemampuan berkomunikasi dan membujuk orang lain, mengasah kemampuan operasional, belajar memecahkan masalah, dan lainnya.

  1. Praktek kepemimpinan

Tidak seorang pun kecuali diri Anda sendiri yang dapat memetakan arah rencana kerja sampingan. Jika Anda ingin mencari bisnis yang tepat yang bisa diatur sesuai keinginan Anda, bisnis adalah jawabannya.

Karena pemilik usaha sampingan juga merupakan pemilik usaha sendiri, yang dapat membimbing perkembangan usaha.

  1. Mengembangkan soft dan hard skill

Perkembangan teknologi telah membawa kita ke dalam arus transformatif era digital.

Di era digital, setiap orang mau tidak mau perlu beradaptasi dengan perubahan zaman, dengan semakin banyak perubahan gaya hidup, mulai dari cara komunikasi, media komunikasi dan lain-lain.

Begitu pula dengan usaha sampingan Anda tidak hanya bergantung pada hard skill, tetapi juga beberapa soft skill, seperti belajar internet dasar, website, desain, dll.

  1. Meningkatkan kualitas hidup

Peningkatan pendapatan akan meningkatkan kualitas hidup jika belum tercapai dengan baik sebelumnya.

Dengan memulai bisnis, kita akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan standar hidup yang layak, atau mencoba menabung dan berinvestasi untuk menggunakan kekayaan untuk berbagi dengan orang lain.

Contoh Bisnis Rumahan yang Direkomendasikan untuk tahun 2021

Daripada melakukan pekerjaan sampingan (seperti paruh waktu) yang memengaruhi jam kerja Anda, cobalah beberapa contoh pekerjaan sampingan yang dilakukan secara online.

Kita bisa memasarkan media online sebagai produk atau jasa, sebagai ide bisnis untuk menarik pelanggan.

Usaha sampingan ini bisa Anda lakukan nanti di rumah, bersantai, berbaring, atau bahkan bekerja dari rumah.

Bahkan jika Anda seorang pelajar, ide bisnis sampingan ini tidak terbatas pada siapa saja yang ingin melakukannya.

Ini adalah pekerjaan paruh waktu online yang bisa Anda coba sebagai peluang bisnis.

  1. Dropship dan Reseller

Membeli produk secara online adalah kesenangan tersendiri.

Bisnis sampingan online seperti dropshipping dan reseller dipastikan laris manis dengan meningkatnya konsumen yang membeli produk secara online.

Bayangkan mendapatkan penghasilan tambahan dari ponsel dan kuota internet Anda hanya setelah melayani konsumen yang membeli produk Anda.

  1. Jual foto di situs berbayar

Pekerjaan paruh waktu online ini sangat bagus untuk dilakukan, terutama jika Anda memiliki hobi fotografi.

Situs foto gratis seperti Unsplash, Shutterstock, Pixabay, Pexels, dan lainnya akan membayar kontributor yang ingin menjual foto ke situs tersebut.

Kegiatan seperti berfoto tentu saja bisa dilakukan kapan saja, kemudian cukup mengupload dan mengumpulkan poin yang bisa ditukarkan menjadi dollar dari laptop atau gadget.

  1. Desain Grafis

Pekerjaan sampingan online lainnya adalah desain grafis.

Perusahaan berlomba-lomba untuk memiliki konten, situs web, dan desain yang berkualitas tinggi agar dapat membuat pelanggan tertarik dengan produk mereka.

Oleh karena itu, banyak orang memasang jasa desainer grafis dengan harga selangit.

Anda dapat mendaftar atau bergabung dengan komunitas online untuk menemukan pelanggan yang membutuhkan layanan Anda.

 

By Drajad