Sun. Dec 4th, 2022

Binar Academy

Kecerdasan buatan sering kali dimanfaatkan sekarang ini seperti metode deep learning yang semakin populer dimanfaatkan dengan fungsi “menduplikasi” kinerja otak manusia. Adanya teknologi deep learning sangat berguna memproses data yang mentah lalu menghasilkan pola pengambilan keputusan yang tepat, cabang machine learning ini memiliki algoritma yang didasarkan kepada struktur otak.

Agar lebih jelas memahami sepeti apa deep learning tersebut, ini dia beberapa manfaat yang bisa didapat dari penerapan deep learning tersebut.

Menunjang pemrosesan data unstructured dengan optimal

Ada salah satu hal menarik dari penggunaan deep learning yaitu kemampuannya memproses data terutama data yang masih tidak terstruktur. Untuk konteks bisnis, lingkup ini menjadi relevan ketika menemukan banyak data bisnis tetapi tidak terstruktur.

Misal, data teks gambar atau suara yang umumnya paling sering dipakai dalam lingkup bisnis. Maka dari itu, memakai deep learning memakai pelabelan dan data terstruktur yang sesuai bisa membantu bisnis berjalan optimal mulai dari aspek pemasaran hingga bidang keuangan.

Pemrosesan Natural Language digunakan agar bisa mengaktifkan fungsi asisten smart digital seperti misalnya Alexa, atau Siri. Sekarang ini tentu sudah ada cukup banyak program pengucapan lain yang bisa kita pakai setiap hari.

Dari perintah suara ini diubah menjadi informasi teks memakai teknologi deep learning yang canggih tersebut. Algoritma tersebut kemudian melalui kamus lalu membangun sentimen berdasarkan istilah-istilah yang ada untuk memberikan para pengguna tanggapan yang paling sesuai. Lewat diperkenalkannya metode deep learning ini, maka kemajuan NLP semakin tinggi.

 

Deep learning bisa memotong biaya operasional

Walau melatih deep learning bisa menghabiskan cukup banyak biaya, tapi setelah dilatih, deep learning bisa membantu bisnis mengurangi pengeluaran tertentu yang dirasa tidak terlalu diperlukan.

Pada lingkup industri manufaktur, ritel atau konsultasi, biaya prediksi tidak akurat produk sering kali ditemukan. Bahkan sering kali melebihi biaya untuk pelatihan deep learning tersebut. Maka dari itu, deep learning sangat penting untuk dipertimbangkan perusahaan.

 

Mampu mendukung algoritma terdistribusi dan paralel

Jenis algoritma terdistribusi ini terdapat pada model skema deep learning skala besar. Misal, ingin mencoba model pada satu komputer, maka diperlukan waktu seminggu lebih untuk menjalankan seluruh data.

Pada sisi lain, jenis algoritma paralel bisa didistribusikan menuju beberapa komputer atau sistem untuk menyelesaikan proses pelatihan dengan waktu sehari saja jika deep learning yang digunakan tepat guna.

 

Sebagai analisis lanjutan

Dengan memakai deep learning, maka bisa juga menunjang analisis lanjutan. Saat deep learning ini diterapkan pada suatu ilmu data, deep learning bisa menawarkan seperti apa model pemrosesan optimal sehingga lebih efektif.

Kemampuan deep learning untuk bekerja meski tanpa pengawasan bisa mendorong peningkatan secara terus menerus dan fokus pada hasil dan akurasi. Para ilmuwan pun bisa mudah memahami data dari hasil analisis secara ringkas.

 

Menunjang improvisasi

Karena memungkinkan banyak data dapat dimasukkan dalam sistem, deep learning bisa membantu improvisasi, jadi proses akan berkembang sesuai penggunaan tertentu. Tapi sama dengan machine learning atau sistem AI pada umumnya yang mempunyai batas, menghadirkan deep learning sebagai sistem bisnis dengan data relevan tidak bisa menjamin solusi sempurna untuk suatu masalah.

Terkadang suatu perusahaan sangat membutuhkan improvisasi ini untuk menentukan mana jawaban yang paling tepat dan paling update berdasarkan masalah yang ada. Demikian saja informasi kali ini dan semoga dapat bermanfaat.

By Drajad