• Tue. Dec 1st, 2020

Desain Rumah Minimalis

Byzuzum gaul

Nov 18, 2020

Disadari atau tidak, desain rumah minimalis saat ini sedang menjadi trend. Tidak hanya untuk rumah perorangan, developer mengakui bahwa rumah minimalis memiliki trend yang cukup bagus dari segi penjualan dan pengembangannya. Apa yang terjadi?

Dilihat dari sejarahnya, desain rumah seperti ini sudah ada sejak tahun 1920. Namun, pada tahun tersebut desain rumah minimalis kurang populer. Kemudian, pada tahun 1990, desain rumah mulai diminati hingga mencapai puncaknya saat memasuki milenium baru pada tahun 2000. Desain ini menjadi semakin populer hingga sekarang.

Desain minimalis sebenarnya menjadi titik jenuh bagi banyak arsitektur yang memprotes pembangunan rumah dengan desain klasik karena dianggap terlalu boros material yang merusak keseimbangan alam. Dan kini, model rumah minimalis semakin diminati.

Ada beberapa alasan yang perlu Anda ketahui tentang membangun model rumah minimalis. Pertama, biaya yang dibutuhkan relatif murah dibandingkan membangun rumah klasik dengan luas bangunan yang sama. Kedua, konsep rumah seperti itu tentunya akan mengurangi efek visual yang “tidak perlu”. Dan terakhir tentunya membangun rumah minimalis dianggap lebih ekonomis dan menawarkan fungsi dari luar ke dalam. Contohnya perhatikan beberapa perkembangan hunian minimalis berikut ini.

Desain rumah minimalis untuk rumah yang tergolong mungil dengan luas 60 m2 sangat indah. Rumah ini menggunakan sisa lahan untuk taman yang digunakan sebagai lahan terbuka dan dekorasi. Dan ketika Anda melihat penggunaan elemen kaca pada tampilan depan rumah ini, tentunya Anda mengira bahwa kaca digunakan untuk dekorasi. Memang benar, namun fitur ini merupakan fitur tambahan karena penggunaan kaca hanya berfungsi sebagai penerangan di dalam rumah dan sirkulasi udara.

Rumah minimalis sering kali memiliki jendela atau penggunaan elemen kaca yang lebih sesuai dengan desain rumah klasik, karena disini sirkulasi udara dan pencahayaan dapat dimaksimalkan. Ini akan mengurangi penggunaan AC dan pencahayaan di masa mendatang untuk meningkatkan efisiensi energi.

Suasana hidup minimalis

Tentunya berbicara tentang desain rumah minimalis tidak bisa lepas dengan membahas desain interior denah rumah. Tahukah Anda bahwa rumah minimalis biasanya dibangun dengan mempertimbangkan manusia dan lingkungan? Maka tidak heran jika jarak antara lantai dengan plafon cukup besar yaitu 2,8 hingga 3,2 meter.

Selain itu, denah rumah minimalis cukup sederhana, karena penataan furnitur dan fungsi ruangan biasanya seluas mungkin dan bisa digunakan berkali-kali untuk ruangan yang terisolasi. Misalnya ruang tamu yang menyatu langsung dengan ruang makan dan hanya dipisahkan lemari setinggi pinggang yang cukup multifungsi.

Interiornya tidak terlalu berdekatan untuk menciptakan gambar yang ramah mata. Dan terakhir untuk pemberian dan pemilihan warna biasanya digunakan untuk merepresentasikan warna natural dan pastel. Anda bisa melihatnya di buku harian kami.

Apakah Anda butuh jasa kontraktor rumah jakarta? Jika iya, bisa kunjungi tautan tersebut, hasilnya sangat profesional & puas dengan layanannya.