Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Menjaga Kesehatan Janin Selama Kehamilan

Calon ibu mana sih yang tidak akan senang dengan momen kehamilan? Sebagai calon ibu, tentu saja kita semua sangat mendambakan momen tersebut. Ya, terang saja demikian, sebab kehamilan ini merupakan sebuah pertanda bahwa sebentar lagi kita akan segera dikaruniai seorang bayi. Guna menghindari hal-hal yang tidak dinginkan, pastinya para ibu hamil harus senantiasa menjaga kondisi kesehatan janin dalam kandungan. Lalu, hal-hal apa sajakah yang harus kita perhatikan untuk menjaga kesehatan janin selama kehamilan? Nah, biar lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Mengonsumsi Makanan-makanan Bergizi

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan janin selama kehamilan, yakni dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Adapun mengenai beragam jenis makanan bergizi yang direkomendasikan untuk ibu hamil seperti:

* Protein: daging tanpa lemak, ayam, telur matang, tahu, produk olahan kedelai, dan kacang-kacangan.

* Vitamin C: buah jeruk, tomat, dan strowberi.

* Kalsium: susu yang sudah di pasteurisasi, susu kedelai, sawi, dan kangkung.

* Lemak sehat: buah alpukat, minyak zaitun, dan biji-bijian.

* Asam folat: kacang polong, buah pisang, kentang, bayam, dan brokoli.

* Zinc: udang, kepiting, tiram, dan jahe.

2. Konsumsi Vitamin Prenatal

Menurut kabar yang beredar, vitamin prenatal memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan janin selama kehamilan. Pasalnya, vitamin prenatal ini kaya akan kandungan asam folat. Vitamin tersebut sangat dianjurkan untuk dikonsumsi beberapa minggu sebelum kehamilan, dan 12 minggu pertama kehamilan, karena sudah terbukti efektif untuk menurunkan risiko cacat tabung saraf pada janin. Dalam hal ini, disarankan bagi bunda untuk mengonsultasikan dulu dengan dokter agar mendapatkan jenis vitamin yang tepat.

3. Melakukan Olahraga Ringan

Selain aman dilakukan, olahraga ringan juga tentunya sangat bagus untuk ibu hamil. Jenis-jenis olahraga ringan yang dimaksud berupa jogging, jalan santai, yoga, senam kegel, dan berenang. Adapun mengenai beragam manfaatnya seperti berikut:

* Dapat meningkatkan sirkulasi dan pernafasan

* Memperkuat otot serta daya tahan tubuh

* Mengurangi stress

* Dapat meningkatkan energy

* Memperbaiki kualitas tidur

* Mengurangi rasa sakit di bagian punggung

* Meringankan masalah sembelit.

4. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selama hamil, sangat penting bagi bunda untuk memperhatikan asupan cairan tubuh dengan cara memperbanyak minum air putih. Mengapa demikian? Pasalnya, volume darah bunda akan meningkat meningkat drastis selama kehamilan. Dengan memperbanyak minum air putih, maka bisa membantu untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Bukan hanya itu saja, mengonsumsi air putih juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, kelelahan, infeksi saluran kencing, hingga mengatasi masalah sembeilt saat hamil. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, air putih dapat membuang toksin atau racun yang ada di dalam tubuh lho. Maka dari itu, bunda dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 8 – 10 gelas per harinya.

5. Segera Tinggalkan Kebiasaan Buruk Merokok dan Minuman Beralkohol

Hal penting berikutnya yang harus ddiperhatikan untuk menjaga kesehatan janin selama kehamilan, yakni meninggalkan kebiasaan buruk merokok dan konsumsi minuman beralkohol. Selain dapat merusak janin, kebisaan buruk tersebut juga dapat merusak organ tubuh lainnya seperti jantung, ginjal, hati, dan lain sebagainya.

Selain menjaga kesehatan dengan cara diatas. Anda juga bisa menggunakan kalkulator kenaikan berat badan ibu hamil untuk mengontrol diri agar tidak terlalu obesitas maupun kekurangan makanan.