Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Jelang Pernikahan

Pernikahan merupakan ritual sacral yang tidak boleh dianggap enteng. Sehingga harus dipersiapkan sedemikian rupa agar bisa terselenggara dengan baik.

Dalam Islam sesungguhnya perencanaan itu tidak saja pada saat penyelenggaraan pernikahan, akan tetapi juga jauh setelahnya.

Nah, dibawah ini kami ingin berbagi beberapa informasi yang perlu diperhatikan bagi anda yang ingin melakukan pernikahan. Ada beberapa hal yang mesti dipersiapakan.

Apa saja itu, mari kita bahas sama-sama.

  1. Utamakan Keharmonisan

Pada saat perencanaan pernikahan haruslah dilakukan dengan cara diskusi. Saling mendengar pendapat masing-masing, agar ditemukan cara yang paling tepat.

Misalnya dalam hal wali nikah. Apakah di lakukan oleh wali sah atau di wakilkan pada orang yang lain yang memiliki kapasitas untuk itu.

Termasuk dalam hal penggunaan jasa penghulu nikah. Ini juga harus menjadi perhatian agar tidak menjadi masalah di kemudian hari nantinya.

  1. Kantongi Restu Kedua Pihak Orang Tua

Ketika menikah tentuny restu orang harus anda dapatkan. Jika mereka tidak setuju, cari tahu kenapa mereka tida setuju. Dan berikan alas an yang masuk akal.

Banyak orang tua yang tidak setuju dengan pilihan anaknya karena mereka belum tahu alas an kita memilih pasangan sekarang ini.

Ketika anda menjelaskannya dengan baik, maka mereka akan memahaminya dan memberikan restu untuk proses pernikahan teman-teman.

  1. Diskusikan Budget dan Bagaimana Pengaturannya.

Jangan sungkan untuk membicarakan budget pernikahan. Walaupun bagi sebagian orang ini terlihat sangat tabu untuk dibicarakan.

Tidak ada salahnya anda membicarakannya dengan pasangan.

Keterbukaan sejak awal akan memudahkan langkah anda ke depannya. Banyak yang sudah berhasil dengan cara lebih terbuka dalam merencanakan pernikahan.

Hal-hal lain yang juga harus anda pikirkan ketika merencanakan pernikahan adalah tempat tinggal, perencanaan dan persiapan menyambut momongan serta perencanaan pendidikan mereka.

Ini sangat penting untuk diperhatikan agar tidak beda pendapat yang signifikan yang akhirnya menganggu keharmonisan rumah tangga anda.

Itulah beberapa hal yang bisa kami bagikan pada anda terkait bagaimana cara merencanakan pernikahan dengan apik dan baik.