Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Beton Ready Mix

Pada dasarnya, saat memilih beton ready mix tentu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Sebab, langkah ini dilakukan agar mendapatkan beton berkualitas baik. Mulai dari keberadaan Batching plant hingga komposisi materialnya. Berikut ulasan lengkapnya.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Beton Ready Mix

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Beton Ready Mix

Sejauh ini banyak orang hanya berfokus pada harga ready mix dan terkadang melupakan unsur lainnya. Padahal terdapat berbagai proses yang harus dipahami sebelum menentukan pilihan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin membelinya.

  1. Jarak Batching Plant

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika memesan beton ready mix adalah jarak Batching plant. Usahakan untuk mencari suplier paling dekat dari lokasi proyek pengerjaan. Pasalnya, faktor ini akan sangat memengaruhi proses pengiriman beton itu sendiri.

Sebab, beton umumnya hanya bisa bertahan selama kurang lebih 2 jam terhitung sejak proses pengadukan. Jadi, jika jarak pengiriman terlalu jauh dan memakan waktu, maka sangat tidak disarankan. Dalam hal ini, biasanya suplier membatasi jaraknya yaitu 20-30 km saja.

  1. Kepadatan Dan Volume Beton

Hal yang perlu diperhatikan saat memilih beton ready mix selanjutnya adalah perihal kepadatannya. Pasalnya, terdapat sebuah peraturan mengenai padatnya beton. Aturan tersebut berlaku atas dasar jenis konstruksi bangunan yang akan dikerjakan.

Tak hanya itu, unsur lain yang perlu Anda perhatikan adalah tentang volume. Pasalnya, beton dipesan dalam hitungan per kubik. Jadi, sebelum Anda memesannya ada baiknya agar selesaikan terlebih dahulu perhitungan area pengecoran.

  1. Kandungan Air

Kandungan air menjadi komponen penting yang sangat memengaruhi kualitas beton. Pasalnya, jika air dicampurkan dalam jumlah yang berlebih maka akan mengurangi kekuatannya. Alhasil, risiko seperti keruntuhan bisa saja terjadi.

Apabila beton memang diharuskan ditambahkan air, pastikan bahwa takarannya sesuai. Dalam hal ini guna menjaga kelembapannya, jadi pilihlah beton yang memang kondisinya lebih kering. Jangan tambahkan lagi air terhadap beton basah.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih beton ready mix. Tujuan dari proses tersebut tentu supaya mendapatkan beton berkualitas sempurna. Untuk informasi lebih lengkapnya, kunjungi web indojayareadymix.com.