Sat. Sep 24th, 2022

Resep dokter merupakan sebuah dokumen legal, berisi permintaan tertulis dari dokter ke apoteker. Tujuannya untuk mempersiapkan dan memberikan obat sesuai resep yang sudah ditulis ke pasien. Resep ini harus dibuat dengan sesuai kebutuhan pasien setelah dokter melakukan diagnosa dan pemeriksaan medis. Saat ini beli obat dengan resep dokter, tidak perlu harus ke apotek karena bisa tebus resep online di apotek online.
Untuk bisa menulis resep obat maka hanya dokter umum, dokter spesialis dan dokter gigi saja yang berwenang melakukannya. Sebelum beli obat resep dokter, perhatikan beberapa unsur dalam resep dokter

1. Identitas Dokter
Yang pertama Anda perlu perhatikan bagaimana identitas dokter mengenai nama dokter. Dan perhatikan juga nomor SIP atau surat izin praktek, alamat praktek, nomor telepon dokter, nama kota tempat praktek hingga tanggal penulisan resep dan ada para dokter yang memberi resep pada lembaran resep.
Informasi ini juga harus dilengkapi dengan hari dan jam praktek yang biasanya sudah tercatat di dalam lembar resep.

2. Identitas Pasien
Berikutnya dalam resep dokter terdapat identitas pasien yang menjelaskan beberapa riwayat seperti nama pasien, umur dan jenis kelamin, berat badan, alamat dan nomor telepon pasien. Umumnya format ini sudah tercantum pada lembar resep.

3. Informasi Obat
Informasi obat terdiri dua bagian :

– Simbol R/ : simbol ini merupakan singkatan dari recipe yang artinya ambil di dalam bahasa latin. Kategori simbol ini mencakup nama obat, dosis obat hingga bentuk obat dan juga jumlah obat yang diberikan.

– Simbol S : merupakan simbol resep dokter mencakup cara dan aturan pemakaian obat, waktu minum obat, obat diminum sebelum atau sesudah makan dan berapa kali obat diminum. Simbol juga mencakup dosis konsumsi obat, penggunaan obat apakah diminum atau dioleskan dan informasi lain bila diperlukan.

4. Legalitas
Resep dokter resmi dilihat dari tanda penutup dengan garis yang sudah disertai dengan tanda tangan dokter penulis resep. Diketahui bahwa ada resep obat dari dokter yang boleh diulang. Maksudnya adalah resep tersebut bisa digunakan kembali untuk menebus obat namun ada juga yang tidak bisa diulang, hanya untuk satu kali pengambilan obat saja.

Itu tadi beberapa hal yang perlu diketahui soal resep dokter. Untuk yang ingin melakukan tebus resep online di apotek online, bisa mengandalkan Apotek 24 Jam. Apotek resmi ini membantu Anda untuk tugas resep dokter dengan cara yang mudah. Wajib terlebih dahulu konsultasi dengan apoteker yang ada di toko obat online tersebut.
Setelah konsultasi, maka obat akan disiapkan untuk dikirim ke alamat Anda setelah lakukan pembayaran untuk tebus resep dokter. Untuk pembelian obat bebas, juga lakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan obat yang tepat sesuai kondisi penyakit. Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi apotek24jam.id.

By mirfan