Mon. Aug 15th, 2022
source gambar : dok.pribadi

Menjadi pemain profesional adalah cita – cita semua pemain game MOBA Mobile Legends. Tentunya dengan membuktikan terlebih dahulu kemampuan mereka di turnamen dan bertarung dengan pemain – pemain lainnya di Mobile Legends.

Salah satu jalan paling jitu untuk bisa menjadi pemain profesional adalah memenangkan banyak pertandingan. Untuk sedikit memudahkan jalan agar bisa memenangkan banyak turnamen Mobile Legends adalah dengan menerapkan strategi permainan yang tepat dan paling ampuh.

Formasi lane dalam bermain game MOBA apapun termasuk juga Mobile Legends (ML) akan menentukan setidaknya 40 persen kemungkinan tim untuk memenangkan pertandingan selain 50 persen dari drafting dan 10 persen sisa dari skill bermain masing – masing individu.

Kalian tentu pernah menghadapi kan formasi super duper agresif 3 : 1 : 1 dari lawan? Formasi ini terbagi menjadi satu pemain pada botton lane, satu pemain pada mid lane, dan tiga pemain yang menjadi inti dari formasi ini pada top lane. Tak jarang pula tiga pemain ini melakukan permainan sangat agresif dengan melakukan dive ke tower hingga ke jungle lawan.

Pada dasarnya formasi ini gampang – gampang susah dijalankan, kalian membutuhkan latihan dan koordinasi yang cukup baik antara satu dengan yang lain terutama untuk tiga pemain yang melakukan roam. Jika kalian berhasil maka bisa dipastikan jarak dari networth dan exp akan sangat jauh sekali.

Lantas, bagaimana cara meng-counter formasi Mobile Legends 3 : 1 : 1 ini? Simak caranya dibawah ini !

  1. Hide And Run |Strategi Mobile Legends Pertama Yang Paling Mudah Untuk Dijalankan

Yang dimaksud strategi Hide And Run alias petak umpet disini adalah pada saat tiga pemain dari tim lawan mencoba untuk mencuri atau mengambil jatah buff dari jungle milik kalian, maka kalian jangan coba – coba melakukan kontes atau melawan mereka.

Cobalah dan upayakan jungler dari tim kalian untuk merebut jungle dengan cepat dari tim lawan. Dan jika memungkinkan lakukan pick off terhadap lawan yang sedang sendirian di lane mereka. Strategi petak umpet ini memang tidak akan bisa menyamai perolehan networth dan exp dari trilane musuh, namun setidaknya jarak yang ditimbulkannya tidak akan terlalu jauh.

Sebisa mungkin bantu fighter dan mid laner kalian agar bisa mendapatkan keuntungan dari segi gold dan exp. Tujuannya adalah agar pada saat tiga pemain dari lawan mencoba melakukan roam, mid laner dan fighter kalian bisa mengimbangi dan melawan balik.

  1. RRQ Mobile Legends Strategi

Strategi Mobile Legends selanjutnya bisa dilihat dari contoh yang dilakukan oleh RRQ.02 saat menghadapi Louvre. Dimana saat itu, Louvre menggunakan formasi 3 : 1 : 1 dan RRQ.o2 menjawab gempuran mereka dengan melakukan serangan balik menggunakan empat pemainnya.

Jadi intinya adalah saat lawan kalian memaksa atau bermain agresif dengan menggunakan tiga pemainnya, maka kalian perlu jawab play mereka dengan melakukan perlawanan head to head dengan tiga pemain atau lebih. Buatlah musuh kalian merasa percuma dengan melakukan roam tiga orang pemain.

Dengan demikian, cepat atau lambat kalian akan memimpin baik dari segi gold dan exp. Hal itu dikarenakan musuh kalian yang melakukan permainan agresif terus menerus mati dan menjadi back fire.

  1. Strategi Tradisional 2 : 1 : 2 |Paling Umum Dan Paling Sering Digunakan Tapi Mudah Untuk Ditebak

Strategi terakhir yang paling bisa dan mudah dilakukan adalah formasi tradisional setiap MOBA yaitu 2 : 1 : 2. Kalian pasti bertanya, kenapa pakai formasi biasa kan musuhnya bermain sangat agresif? Bagaimana caranya?

Caranya dengan menggunakan formasi 2 : 1 : 1 ini adalah sebisa mungkin kalian bermain dengan hati – hati namun tidak terlalu pasif. Kalian harus bisa mendapatkan exp daro minions, namun pastikan kalian tetap berhati – hati agar tidak terjebak offiside. Untuk formasi ini jungler kalian pun harus berperan aktif dalam menjalankan ganking pada lane – lane yang diisi oleh satu orang seperti mid dan botton lane.

Itulah tiga strategi yang bisa digunakan untuk meng-counter formasi agresif 3 : 1 :1 dari tim lawan. Namun tetap perlu diperhatikan juga bahwa berlatih adalah faktor utama agar tim kamu bisa bermain dengan baik dan sempurna.

By sartika