Ini Kelas Prakerja Terbaik yang Paling Diburu di Gelombang 18

Semenjak program kartu prakerja ini diluncurkan, terdapat berbagai macam pilihan kategori pelatihan atau yang bisa dipilih. Bagi kalian yang masih bingung untuk mengikuti pelatihan, berikut ini merupakan kelas prakerja yang paling diburu oleh peserta.

  • Kewirausahaan

Program kelas kewirausahaan merupakan salah satu kelas yang paling dicari dan digemari oleh peserta prakerja. Hal ini bukan tanpa alasan, para peserta memilih karena ingin menjadi pengusaha. Yang notabene dapat memiliki penghasilan lebih.

Selain itu, dengan menjadi wirausaha bisa bekerja secara bebas tanpa ikatan dengan atasan. Hal positif lainnya dari menjadi wirausaha adalah bisa membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Bayangkan saja 1 usaha membutuhkan 5 karyawan. Maka jika ada 100 usaha akan memberdayakan 500 orang karyawan. Hal ini berarti ada 500 keluarga yang bisa makan setiap harinya tanpa khawatir tidak ada uang. Luar biasa kan?

Salah satu usaha yang dapat kalian lakukan adalah dengan membuka usaha fotografi / videografi. Kalian bisa mengikuti pelatihannya dengan beli pelatihan di Tokopedia pada tombol ini.

Prakerja pakar Tokopedia

Cari pelatihan dengan judul “Belajar Mengambil Foto & Video untuk Menjadi Pengusaha di Bidang Fotografi / Videografi”. Disana akan diajari bagaimana cara menjadi fotografer yang profesional.

  • Kuliner

Perkembangan di dunia kuliner saat ini sangatlah pesat. Banyak restoran baru bermunculan dimana-mana. Hal ini terjadi tidak lain karena banyak para pemuda yang suka mencoba hal baru, termasuk menu-menu makanan.

Jika kalian memiliki bakat di bidang ini, maka cobalah untuk membuka usaha di bidang food and beverage atau kuliner ini. Bagi yang belum mengetahui seluk beluknya pun jangan khawatir.

Melalui program kartu prakerja dari pemerintah, kalian akan diberi dana untuk mengikuti beberapa pelatihan. Lalu, pilihlah pelatihan atau kelas di bidang food and beverage. Anda akan diajari bagaimana melakukan promosi, menemukan menu unik dan enak, dan sebagainya terkait bidang kuliner.

Ketika sudah memiliki keahlian dan sudah mampu untuk mandiri, kalian bisa membuka usaha sendiri, dari skala kecil / rumahan, baru jika banyak peminatnya kembangkan menjadi lebih besar. Di masa pandemi ini usahakan untuk membuka usaha kuliner yang berkonsep delivery dan tidak mengundang kerumunan.

  • Berjualan online di marketplace

Budaya terbaru masyarakat Indonesia yakni berbelanja online. Berkat adanya kemudahan dalam memilih produk serta harga yang bersaing, banyak masyarakat yang lebih memilih untuk berbelanja secara online.

Selain itu, tak perlu keluar rumah untuk berbelanja, hanya menunggu di rumah barang akan diantarkan oleh kurir. Berkat adanya kemajuan teknologi, semuanya berubah menjadi lebih mudah.

Ini merupakan peluang besar untuk dapat berjualan di marketplace. Karena berjualan di marketplace sedikit berbeda dengan berjualan secara konvensional, maka diperlukan pula trik dan teknik khusus.

Kalian dapat mengikuti kursus ini di Pakar. Pakar menyediakan kelas untuk belajar di marketplace, seperti Tokopedia & Shopee. Kalian bisa beli pelatihan di Pintaria. Atau bisa juga beli pelatihan di Maubelajarapa dan bisa beli pelatihan di Pijar Mahir.

  • Teknologi Informasi & Desain

Adanya perkembangan teknologi informasi yang pesat, membuat sekarang ini banyak yang membutuhkan, di antaranya adalah membuat website maupun sistem aplikasi.

Selain itu, banyak pula yang membutuhkan desain, seperti desain logo, vektor, dan sebagainya. Bagi kalian yang punya skill dan kreativitas tinggi cocok untuk menggeluti bidang ini.

Kalian bisa mempelajarinya melalui kartu prakerja dengan mengikuti berbagai pelatihan yang telah disediakan. Pilih yang bidang IT & Desain.

Kesimpulan

Bagi kalian yang bingung memilih kelas dalam kartu prakerja, bisa mengikuti saran dari penjelasan di atas. Tapi yang paling penting adalah mengetahui kemampuan, minat, dan bakat diri kalian masing-masing. Supaya dalam mengikuti pelatihan dapat enjoy tanpa beban, sehingga mudah menyerap materi pelatihan.