• Wed. Dec 2nd, 2020
Jangan Panik, Ini Tips Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Kurangya perhatian dari orang tua tak jarang membuat sang bayi terkena dampaknya salah satu masalah yang sering terjadi pada bayi adalah perutnya kembung.

Perut kembung pada bayi akan bisa anda deteksi dengan mudah, coba saja ketuk dengan jari telunjuk anda kalau bunyinya nyaring maka bisa ini indikasi perut bayi sedang kembung.

Kemudian sang bayi juga akan sering menangis dengan sebab yang tak pasti, karena sejatinya dia ingin mengatakan mama perut saya kembung namun sebagai orang tua juga harus peka dan cepat tanggap akan masalah ini.

Kebanyakan kondisi ini akan dialami oleh bayi dengan usia dibawah 4 bulan. Dan kondisi sepertini sebenarnya masih dalam kondisi yang wajar-wajar saja jadi sebagai orang tua juga jangan terlalu dibikin parno dan histeris.

Kalau perut bayi anda kembung, cobalah lakukan beberapa tindakah pengobatan ini setidaknya akan bisa meredakan kembungnya secara perlahan.

Sebelumnya bunda juga harus tahu  kenapa perut bayi bisa kembung, penjelasan medisnya sederhana sekali pada bagian saluran pencernaan akan ada gas alias udara, nah yang menjadi penyebab kembung adalah salah satunya kalau udara yang masuk berlebihan dari batas normal.

Terkadang bayi yang kentut juga adalah tanda dari cara mereka mengeluarkan gas ini, jadi kalau bayi anda kentut maka berbahagialah karena dia sudah bisa menyesuaikan dirinya atau bayi jika sering sendawa juga sama saja.

Akan tetapi, kesusahan kentut kemudia sendawa inilah yang membuat perut bayi menjadi kembung.

Penyebab Perut Kembung pada Bayi

Baik kita akan bahas beberapa penyebab umum yang membuat perut kembung pada bayi. Dengan mengetahui penyebabnya ini bunda akan lebih berhati hati tentu saja.

  • Makanan yang dikonsumsi bunda

Faktor makanan yang bunda makan adalah salah satu penyebab perut dedek bayi kembung. Karena dalam kondisi full asi maka apapun yang bunda makan akan langsung memberikan efek pada si bayi.

Beberapa makanan yang menimbulkan gas berlebih memang harus bunda hindari meskipun itu tergolong sayuran yang sehat seperti kebanyakan mengkonsumsi kubis, kembang kol, brokoli, bawang dan kentang.

  • Makanan yang dikonsumsi bayi

Kemudian ketika bayi sudah masuk masa masa MPASI bunda juga harus hati hati memilihkan makanan yang sehat dan baik untuk bayi anda.

Jangan sampai karena makanan yang bunda anggap sehat namun kurang baik efeknya yang membuat perut si bayi kembung.

Jenis makanan yang berpotensi membuat perut bayi kembung sama saja dengan point yang pertama. Sebagi gantinya bunda bisa alihkan dengan makanan dari jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung protein nabati.

Dalam masa MPASI juga jangan sampai bunda berikan bayi minuman yang lain selai ASI kalau bisa. Jikapun mengkonsumsi air putih maka pastikan airnya sudah dimasak, dan dengan porsi secukupnya saja.

  • Dot bayi

Ini juga bisa menjadi jalan masuknya udara dalam penggunaan dot bayi. Ketika si bayi asik mengisap dot yang masuk bukan air susu melainkan udara.

Maka cermatlah dan jaga waktu bayi anda menggunakan dot jangan sampai gara gara ini bayi menjadi sering kembung.

Kemudian beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi mudah sebenarnya. Anda tinggal letakan bayi dalam posisi terlentang kemudian angkat perlahan kedua kakinya sambil ditekuk.