Sun. Nov 27th, 2022

Jasa Cucuk Lampah Manten Sangat Diperlukan – Kamu dambakan mengadakan pesta pernikahan dengan mengfungsikan prosesi upacara adat jawa? Pastikan anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menjadikan peristiwa special anda menjadi hari yang bersejarah dalam hidup kamu.

Jasa Cucuk Lampah Manten Sangat Diperlukan

Photo by id.pinterest.com

Pernikahan adalah keliru satua cara yang sakral, sekaligus jadi acara paling bersejarah didalam kehidupan ke dua mempelai. Di hari bersejarah tersebut tentu kamu menginginkan sharing kebahaagiaan bersama keluarga dan kerabat lainnya.

Mengapa Jasa Cucuk Lampah Manten Sangat Diperlukan?

Jika anda menggelar pernikahan adat jawa, tidak cukup lengkap rasanya kecuali kamu membiarkan upacara adat. Biasanya di dalam upacara kebiasaan jawa tengah ini banyak memiliki kandungan arti yang amat berarti. Apalagi kamu atau keluarga kamu yang masih percaya bersama dengan tradisi nenek moyang kita. Salah satunya adalah layaknya prosesi “CUCUK LAMPAH”, terhadap cucuk lampah ini biasanya yang kami lihat semata-mata penari yang menyambut sang pengantin pada selagi kirab pas bakal menuju kepelaminan.

Namun cucuk lampah ini konon katanya membawa symbol sebagai tolak bala bagi pengantin. Tolak bala atau bencana untuk mengusir semua wujud problem di dalam wujud apa saja, lebih-lebih roh jahat yang bakal menggangu terhadap waktu prosesi pernikahan itu sendiri.

Tradisi ini memadai unik, tak sedikit tamu undangan selalu menunggunya. Dan tidak asal-asalan orang ya untuk menjadi penari didalam rutinitas “CUCUK LAMPAH” ini. Biasanya penari telah disiapkan untuk menghibur tamu undangan dan mengarahkan pengantin menuju pelaminan. Selain itu terdapat juga tarian edan – edanan yang terlalu unik, tarian ini menjadi tidak benar satu hiburan bagi para tamu undangan.

Pada saat pengantin memanfaatkan adat keprabon atau rutinitas jawa, penari cucuk lampah menari dengan tarian kebiasaan yang lemah gemulai. Cucuk lampah menari dan mengantar pengantin hingga duduk di pelaminan. Dengan di apit dayang-dayang patah yang membawa kipas.

Cucuk Lampah yang Semakin Jarang Dilakukan

Cucuk lampah memang udah jarang nampak di pernikahan-pernikahan orang saat ini. Namun demikian tetap ada yang melangsungkan acara pernikahan bersama dengan prosesi tersebut. Dan ada juga jasa cucuk lampah manten yang menyediakan penari tersebut. Demi merawat kelestarian adat pernikahan yang tersedia di Jawa ini.

Demikian sedikit pengertian makna berasal dari jasa cucuk lampah manten Blitar terhadap prosesi acara pernikahan tradisi Jawa. Semoga berfaedah dan bermanfaat. Terimakasih.

By Drajad