Sun. Dec 4th, 2022

 

Tentu saja, mendengar kata arsip sudah tidak asing lagi bagi kita semua, bahkan arti dari arsip itu sendiri sudah sangat dikenal. Namun apakah arsip dalam pengertian umum adalah tumpukan kertas yang tidak terpakai, ditumpuk, lapuk di gudang yang bisa dijual di penjual barang bekas. Apakah itu arsip yang sebenarnya?

Memang persoalan kearsipan saat ini, baik dalam organisasi, terutama di lembaga, dan terutama untuk individu atau individu, melihat apa yang terjadi di lapangan membuat kearsipan jauh dari teori yang melekat pada buku-buku. Adapun pengertian dan pengertiannya. arsip, itu salah, bahkan salah. Tidak ada fungsi.

Meskipun ada banyak buku dan pendapat ahli yang menjelaskan seperti apa arsip itu. Konsisten dengan hal tersebut, pada poin ini saya akan mengulas tentang pengertian arsip.

Menurut Sugiarto dan Wahyono (2015:5), kata arsip pada dasarnya berasal dari kata Yunani arche, kemudian kata arche menjadi archea yang menjadi archeon. Arti dari archea sendiri adalah file atau catatan dari suatu masalah.

Baca Juga : Jasa Publikasi Jurnal

Sedangkan menurut Muhidin dan Winata (2016:1), arsip dalam bahasa Belanda disebut dengan archives, archives (Inggris) dan records and archives (AS). Semua kata ini memiliki arti dari catatan tertulis yang disimpan.

Ini berbagai istilah untuk arsip asing, seperti yang dijelaskan oleh Barthos (2016: 1), dan untuk Indonesia sendiri disebut manuskrip. Menurutnya, catatan tempel adalah setiap catatan tertulis, baik berupa gambar maupun diagram, yang berisi uraian tentang suatu pokok (tema) atau suatu peristiwa yang dibuat orang untuk membantu orang tersebut mengingatnya.

Juga, jika mengacu pada undang-undang no. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, arsip adalah pencatatan kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media oleh lembaga negara, lembaga pemerintah daerah, dan lembaga pendidikan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. , perusahaan, organisasi politik, organisasi masyarakat dan individu dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa.

Ringkasnya, arsip bukanlah hal yang sempit dan sederhana seperti yang dipikirkan semua orang, karena arsip memiliki peran yang besar dalam membantu organisasi atau lembaga dalam menjalankan aktivitasnya.

Kegiatan tersebut dapat berupa perencanaan, analisis, perumusan, pengembangan kebijakan, pengambilan keputusan, pembuatan laporan, akuntabilitas, evaluasi dan pengendalian setepat mungkin.

Orang yang terbiasa atau bertanggung jawab atas file biasanya ditempatkan di file tersebut. Kesipan adalah jenis pekerjaan kantor atau pekerjaan administrasi yang sebagian besar dilakukan oleh instansi pemerintah dan swasta. Pengarsipan melibatkan pekerjaan yang berkaitan dengan penyimpanan arsip atau surat dan dokumen kantor lainnya.

Penjelasan di atas dapat dipahami sebagai suatu proses yang dimulai dari pembuatan, penerimaan, pengumpulan, penataan, pengendalian, pemeliharaan, penyimpanan dan penyimpanan arsip, serta dapat ditemukan secara cepat dan tepat pada saat dibutuhkan menurut suatu sistem tertentu.

Apa definisi dari arsip interpretatif?

Berdasarkan semua penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa konsep arsip dimaksudkan sebagai pusat memori atau sumber informasi, dan sebagai alat pemantauan yang diperlukan oleh setiap organisasi dalam konteks kegiatannya.

Apa fungsi arsip?

Menurut fungsinya, UU No. 1. Dokumen No. 7 Tahun 1971 membedakan fungsi pengarsipan menjadi pengarsipan dinamis dan pengarsipan statis. Adapun arti dari kedua file ini:

Satu. Arsip dinamis adalah arsip yang langsung dipergunakan dalam keseluruhan perencanaan, pelaksanaan, pelaksanaan kehidupan berbangsa atau langsung digunakan dalam penyelenggaraan negara.

  1. Arsip statis adalah arsip yang tidak langsung dipergunakan untuk keseluruhan perencanaan, penyelenggaraan kehidupan berbangsa, atau penyelenggaraan sehari-hari ketatanegaraan.

Maka judulnya “Menjelaskan Apa Pengertian Arsip? Berikut Jawaban dan Fungsinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Sekian dulu, terima kasih. Salam berbagi kawan.

By Drajad