Sun. Nov 27th, 2022

Tentu saja, deskripsi kerja seorang programmer berbeda dari profesi lain untuk mencerminkan hal ini. Peran programmer, atau pengembang perangkat lunak, sangat penting bahkan dalam ekonomi yang sangat bergantung pada teknologi digital.

Sangat mudah untuk melihat mengapa kebutuhan loker di industri ini meningkat tidak hanya secara global tetapi juga di Indonesia. Program dan aplikasi komputer dibuat oleh programmer. Berikut adalah pandangan mendalam tentang apa yang masuk ke dalam pembuatan perangkat lunak.

1. Mengembangkan dan Menguji Perangkat Lunak
Untuk dapat membuat kode untuk aplikasi seluler dan program komputer, pemrogram harus mengembangkan web dan perangkat lunak. Anda dapat membandingkan pekerjaan yang dilakukan dengan pengembang web.
Akan ada banyak pengujian dan banyak kesalahan saat Anda menulis kode. Akibatnya, pemrogram komputer harus memiliki pemikiran yang kritis untuk menemukan kekurangan dalam pekerjaan mereka. Tidak perlu ditanyakan mengapa keterampilan pemecahan masalah di antara pengembang perangkat lunak dianggap penting.

2. Menambahkan Fitur Baru
Pembaruan perangkat lunak saat ini juga merupakan tanggung jawab seorang programmer. Sebagai bagian dari pembaruan, ada perbaikan bug dan peningkatan fungsional untuk membuat perangkat lunak lebih ramah pengguna.
Bergantung pada tingkat kerumitannya, proses pembaruan ini dapat memakan waktu mulai dari beberapa hari hingga beberapa bulan.

3. Koreksi Kesalahan
Pemrogram juga bertanggung jawab untuk menemukan dan memperbaiki masalah dalam kode yang mereka tulis. Akibatnya, pemrogram komputer atau aplikasi harus menghabiskan hari-hari mereka untuk memperbaiki aplikasi yang tidak berfungsi dengan baik atau error. Karena kode adalah tempat sebagian besar kesalahan dibuat. Selanjutnya, temukan dan perbaiki kesalahan dalam kode program untuk membuatnya berfungsi kembali.

4. Menulis Ulang Program
Tugas pengembang perangkat lunak adalah menulis program yang dapat digunakan di berbagai platform. Memungkinkan perangkat lunak atau aplikasi berjalan di berbagai sistem operasi. Sebagai contoh, sebuah perangkat lunak komputer dapat digunakan pada Windows dan sistem operasi lainnya.

5. Perlindungan Program
Ingatlah bahwa pemrogram memiliki tanggung jawab untuk melindungi program atau aplikasi seluler yang mereka hasilkan dari bahaya keamanan cyber. Ketika mengidentifikasi adanya perangkat lunak berbahaya, pengembang harus terlebih dahulu mengenalinya.
Sebelum terjadi kebocoran data, pihaknya juga harus memperbaiki perangkat lunak yang rentan terhadap peretas.

Nah sekarang tentunya anda sudah mengetahui job description seorang programmer. Bagi yang ingin berkecimpung di dunia programming, bisa mencoba mengunjungi situs Nextgen. Situs ini menawarkan beberapa loker programmer di bidang IT.

By Drajad